Pemanfaatan Limbah Bahan Tekstil Menjadi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini

Novi Yanthi(1Mail), Margaretha Sri Yuliariatiningsih(2), Nurul Hidayah(3), Maya Purnama Sari(4),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Multimedia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Novi - Yanthi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.363

Download Full Text:   [File Size  : 750KB]  Language : ID
Received : 2019-12-06  |  Published : 2020-04-23

Abstract


Limbah benang di sentra industri rajut Binong Hati memiliki potensi ekonomis, di antaranya untuk dibuat alat permainan edukatif di PAUD. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi para ibu rumah tangga dalam membuat alat permainan edukatif thematic busy books. Metode yang dilaksanakan adalah kaji tindak melibatkan pelatihan dan pendampingan produksi thematic busy books. Kegiatan dilaksanakan mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan tindak lanjut. Kelompok sasaran terdiri atas enam orang ibu rumah tangga yang berdomisili di Kelurahan Binong. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingkat pendidikan para ibu rumah tangga menjadi faktor utama kurangnya tingkat kreativitas dan inovasi produk thematic busy books. Selama proses pendampingan, kelompok sasaran mengalami kesulitan terutama dalam menentukan konten kegiatan dalam buku relevan dengan Kurikulum 2013 PAUD dan mendesain pola. Program pelatihan dan berkelanjutan bagi kelompok sasaran dapat memperkuat stabilitas usaha para ibu rumah tangga di bidang produksi thematic busy books di masa mendatang.


Keywords


kreativitas dan inovasi; ape; thematic busy books; kurikulum 2013 paud

References


Andriani, Rian, D. (2018). Strategi Promosi UMKM Kampung Rajut Binong Jati Sebagai Kawasan Wisata Belanja. Abdimas Bsi, 1(2), 305–310. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3880.g2497

Anwar, T, M., & Ibrahim, H. (2013). Model Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sosial Budaya pada Pembelajaran Anak Didik Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(2), 236. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.283

Beta, A. R. (2014). Hijabers: How young urban muslim women redefine themselves in Indonesia. International Communication Gazette, 76(4–5), 377–389. https://doi.org/10.1177/1748048514524103

Damayanti, K. A., & Ariningsih, P. K. (2016). UKM sadar safety [Safety-aware SME].

Darusman, F. M., & Rostiana, E. (2018). Penyerapan Tenaga Kerja pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Kota Bandung. Trikonomika, 22(1), 11–26. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v14i1.588

Fahmi, F. Z., McCann, P., & Koster, S. (2017). Creative economy policy in developing countries: The case of Indonesia. Urban Studies, 54(6), 1367–1384. https://doi.org/10.1177/0042098015620529

Farisi, R. Al. (2013). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Pengusaha Terhadap Keberhasilan Usaha [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/154

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dari Botol Plastik Dan Koran Bekas Untuk Meningkatkan Kreatifitas Aud. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 56. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3457

Hijriati. (2017). Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, III(2), 59–69. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1699

Mu’minah, I. (n.d.). Inovasi dan Adaptability UKM Sebagai Strategi Menghadapi Persaingan ACFTA (Studi Kasus Sentra Industri Rajutan KOta Bandung). Seminar on Application and Research in Industrial Technology (SMART).

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Pasquinelli, C. (2010). The limits of place branding for local development: The case of Tuscany and the Arnovalley brand. Local Economy, 25(7), 558–572. https://doi.org/10.1080/02690942.2010.532358

Rahmawati, A. (2014). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875

Ray, A. (2008). Waste management in developing Asia: Can trade and cooperation help? Journal of Environment and Development, 17(1), 3–25. https://doi.org/10.1177/1070496507310742

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177

Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(1), 59–67. https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1586

Tempo.Co. (2017). Ridwan Kamil Angkat Sentra Rajut Binong Jai Destinasi Wisata. Tempo.Co.

Tobing, F. (2016). the Effect of Knowledge Sharing and Product ( Case Study : Sentra Industri Rajut Binong Jati ). Universtas Padjadjaran.

Wahyuniardi, R., Fathoni, R., Nurjaman, S., & Gusdya, W. (2017). Monitoring dan Evaluasi IKM Tekstil dan Produk Tekstil di Kota Bandung. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 6(1), 1. https://doi.org/10.26593/jrsi.v6i1.2422.1-8


Article Metrics

 Abstract Views : 187 times
 PDF Downloaded : 77 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.