
Author
Nurniawati Nurniawati(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)

Published : 2023-05-06
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 498 times
PDF Downloaded: 283 times
Abstract
Loose parts merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman nyata dengan bermain pada anak secara langsung. Namun pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di sekolah beralih dari luring ke daring. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media loose parts. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus pada tiga orang guru PAUD yang bekerja di sekolah dengan latar belakang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara serta dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di PAUD menggunakan media loose parts dilakukan dengan cara menggunakan platform zoom meeting, membagikan modul kepada orang tua siswa dan melaksanakan PTM terbatas. Sedangkan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya adalah kurangnya motivasi anak, pendampingan guru serta orang tua dan media loose parts. Dengan begitu guru mencari solusi untuk mengatasi masalahnya yaitu menambah waktu zoom meeting atau PTM, mengadakan pertemuan orang tua dan program guru kunjung.
Keywords
References
Anderson, C. A., Bushman, B. J., Bandura, A., Braun, V., Clarke, V., Bussey, K., Bandura, A., Carnagey, N. L., Anderson, C. A., Ferguson, C. J., Smith, J. a, Osborn, M., Willig, C., & Stainton-Rogers, W. (2014). Using Thematic Analysis in Psychology. Psychiatric Quarterly, 0887(1), 37–41. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11752478
Eriani, E., Mardiah, M., & Erdawati, S. (2022). Loose parts: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 175–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.316
Fosslien, L., & Duffy, M. W. (2020). How to combat zoom fatigue. Harvard Business Review, 29, 1–6. https://hbr.org/2020/04/how-to-combat-zoom-fatigue
Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5454–5462. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i2.4356
Furi, A. Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Emphaty Cons-Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 7–19. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1612
Hamidah, L. Y., Wahidin, D., & Handayani, S. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan melalui Pembelajaran dengan Memanfaatkan Media Loose Parts pada Anak Usia Dini. Edukasi: Journal of Educational Research, 2(1), 120–137. https://journal.medpro.my.id/index.php/edukasi/article/view/123/43
Harun, D. T. K. S., & Rahardjo, M. M. (2022). Penerapan Media Loose Parts dalam Mengatasi Kejenuhan Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4919–4929. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2813
Hasyim, D. I., Puspariny, C., & Susanti, E. (2021). Asuhan Kebidanan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Balita dengan Wasting. Muhammadiyah Journal of Midwifery, 2(1), 34. https://doi.org/10.24853/myjm.2.1.34-39
Kulsum, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1). https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4046
Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69
Lia, N. F. A. (2022). Application of Learning to Code with Loose Parts to Improve Children’s Early Literacy Skills in Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1982–1998. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6894
Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711–2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969
Mackley, H., Edwards, S., Mclean, K., & Cinelli, R. (2022). Building collaborative competencies through play with outdoor loose parts materials in primary school. Cambridge Journal of Education, 1–21. https://doi.org/10.1080/0305764X.2022.2030300
Mirawati, D., & Raharja, S. L. (2022). Penerapan Media Loose Parts dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung dan Keterampilan Motorik Halus pada Peserta Didik TK A Sekolah Regina Pacis Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3679
Nadeak, T. E. Y., Ningsih, R., & Mustari, D. (2022). PKM Peningkatan Kompetensi Guru untuk Pembelajaran Berbasis Google Meet dan Zoom di Paud Godwilling. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 114–122. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.318
Nurjanah, N. E. (2022). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.57251/tem.v1i1.254
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Penggunaan Media Loose Parts Di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Ramdani, L. A. (2022). Upaya Stimulasi Keterampilan Meronce Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 7(2), 47–52. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6544
Ramlah, U. T., Riyanto, A. A., & Nuraeni, L. (2022). Media Loose Part Play Dalam Meransang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3), 293–299. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/10521
Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i1.16556
Sinaga, J., Sinambela, J. L., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak-Anak Melalui Pekerjaan Rumah Tangga. Jurnal Kadesi, 4(1), 139–159. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v4i1.24
Siskawati, S., & Herawati, H. (2021). Efektivitas Media Loose Parts di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(1), 41–47. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/4629
Sunantri, A., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/10956
Supriyanto, A., Rozaq, J. A., Santosa, A. B., & Listiyono, H. (2021). Uji Coba Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Normal Baru PAUD “Tunas Bangsa” Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 753–763.
Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
Trina, N. A. (2022). The Play Value of Plants: Altering Parts of Plants as Loose Parts Play Materials in Early Childhood Learning Landscapes. Council of Educators in Landscape Architecture. https://laces.asla.org/visitor/CourseDetails.aspx?CourseID=43929
Van Oostrum, M. (2022). Appropriating public space: transformations of public life and loose parts in urban villages. Journal of Urbanism: International Research on Placemaking and Urban Sustainability, 15(1), 84–105. https://doi.org/10.1080/17549175.2021.1886973
Veriza, E., & Boy, H. (2018). Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Autisme. Faletehan Health Journal, 5(2). https://doi.org/10.33746/fhj.v5i2.9
Voronov, A. V, & Slepov, M. T. (2022). Experience of using loose parts monitoring systems at Novovoronezh NPP. Nuclear Energy and Technology, 8(3), 203–209.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Refbacks
- There are currently no refbacks.