APE Tradisional: Penanaman Rasa Cinta Tanah Air Berbasis Etnomatematika pada Anak Usia Dini

Author


Ida Yeni Rahmawati(1), Wahyudi Wahyudi(2), Hadi Cahyono(3), M. Fadlillah(4Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia(1)
Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia(2)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Trunojo Madura, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 568KB]  Language: id
Published : 2022-12-12
Copyright (c) 2022 M. Fadlillah

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 377 times PDF Downloaded: 174 times

Abstract


Alat permainan edukatif (APE) tradisional salah satu alat yang digunakan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak usia dini. APE tradisional juga mengandung unsur matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan APE tradisional pada playground budaya dalam menanamkan rasa cinta tanah air berbasis etnomatematika. Etnomatematika sendiri merupakan pembaruan budaya dengan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik untuk mengetahui keabsahan data, guna mengunji kebenaran hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa APE tradisional yang terdapat pada playground budaya yang telah dikembangkan di TK Negeri Pembina Ponorogo yang diantaranya APE egrang batok, dam-daman, bakiak, congklak, dan engklak memuat unsur etnomatematika. Unsur-unsur tersebut yang berkaitan dengan anak usia dini adalah konsep berhitung (penjumlahan dan pengurangan), bangun datar, bangun ruang, dan logika matematika. APE tradisional ini juga mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air seperti adil, tolerasi, kerjasama, gotong royong yang menunjukkan suatu persatuan dan kesatuan dalam bernegara. Dengan ini, APE tradisional di Indonesia akan tetap terlestarikan

Keywords


ape tradisional; playground budaya; cinta tanah air; etnomatematika

References


Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prestasi Pustaka.

Anugerah, A., & Hodidjah, H. (2018). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Persegi Melalui Permainan Tradisional Dam-daman di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 178–194. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13147

Apriyono, F., Rosyidah, E. A., Purnomo, T., Sulityo, J., Munir, M. M., & Safitri, V. W. (2019). Eksplorasi Ethnomatematika pada Permainan Tradisional Egrang di Tanoker Ledokombo Jember. Sigma, 4(2), 51–58. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/593

Astuti, S. F. N., & Listyaningsih, L. (2022). Peran Pemuda Kampung Lali Gadget Dalam Mengenalkan Permainan Tradisional Sebagai Wujud Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini di Desa Pagar Ngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(3), 728 - 742. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/43658

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosainslearning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 55. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.580

Fauni, A. M. (2020). Pengaruh Permainan Bakiak Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Tk Nusa Indah Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 40. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4179

Febrina, F., Fauzan, A., Jamaan, E. Z., & Arnelis, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Etnomatematika Permainan Congklak Materi Operasi Hitung Pada Peserta Didik Kelas II SD/MI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 157–163. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/12035

Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika Melayu: Pertautan Antara Matematika dan Budaya pada Masyarakat Melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25623

Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Kokom, K. (2022). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Tari Narantika Rarangganis. Jurnal Basicedu, 6(5), 7978–7985. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3716

Ilmiyah, N., Handayani, N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Studi Praktik Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 177–200). https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/258

Irawan, A. (2018). Penggunaan Ethnomatematika Engklek Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46–51. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/7

Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2020). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Congklak. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2299

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 138–151. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/16350

Kholil, M. (2018). Identifikasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional Di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 62–62. https://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIT/article/view/3

Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., Ruchjana, B. N., & Abdullah, A. S. (2017). The role of ethnomathematics in West Java (a preliminary analysis of case study in Cipatujah). Journal of Physics: Conference Series, 893(1), 012020. https://doi.org/10.1088/1742-6596/893/1/012020

Lestari, D. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Permainan Tradisional dan Kontribusinya bagi Pendidikan di SD. Repository STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/163

Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: Exploring the activities of culture festival. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012024

Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mumpuni, R. H., & Marsigit, M. (2022). Initial perception of junior high students on ethnomathematics-based online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(3), 1445. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.21822

Muslihatun, A., & Sugiman, S. (2022). PEMBELAJARAN BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ANAK TRADISIONAL INDONESIA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2131. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5111

Ningsih, E., Widyawati, S., Mahmudi, M., & Kusumaningtyas, W. (2020). February). Ethnomathematics in Traditional Games Java Jiting-Jitingan: An Approach to Improve the Quality of Mathematics Learning. Proceedings of the 2nd Workshop on Multidisciplinary and Applications (WMA. https://doi.org/10.4108/eai.24-1-2018.2292400

Nisa, K., & Halifah, S. (2021). Temu Baur Budaya dan Matematika : Kue Tradisional Konjo pada Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 445–456. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.936

Nugraha, T., Maulana, M., & Mutiasih, P. (2020). Sundanese Ethnomathematics Context in Primary School Learning. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 1, pp. 93–105). Indonesia University of Education. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i1.22452

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611

Priyanto, A., Bimantara, A. R., & Juandi, J. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar. Adiba: Journal of Education, 2(4), 492–497. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/194

Prolesari, L. M., Madyawati, L., & Pujiastuti, F. (2014). Optimalisasi Ketrampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Egrang Tempurung Kelapa. Edukasi: Jurnal Pendidikan &Artikel Pendidikan, 6(13), 21–25. https://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/664

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Roza, Y., Siregar, S. N., & Solfitri, T. (2020). Ethnomathematics: Design mathematics learning at secondary schools by using the traditional game of Melayu Riau. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 012051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012051

Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak Di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak: Nofrans Eka Saputra, Yun Nina Ekawati. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 47–53. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/4796

Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4416–4423. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.946

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), 431–435. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.75

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342

Utomo, U., & Murniaty, M. (2019). Permainan Tradisional Media Stimulasi & Intervensi AUDBK. PJJPOK FKIP ULM Press.

Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21678


Refbacks

  • There are currently no refbacks.