Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD

Author


Upik Elok Endang Rasmani(1Mail), Siti Wahyuningsih(2), Novita Eka Nurjanah(3), Jumiatmoko Jumiatmoko(4), Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti(5), Putri Agustina(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 198KB]  Language: id
Published : 2023-01-02
Copyright (c) 2023 Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nurjanah, Jumiatmoko Jumiatmoko, Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti, Putri Agustina

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 96 times PDF Downloaded: 34 times

Abstract


Melalui multimedia pembelajaran interaktif proses pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini menjadi lebih bermakna, menyenangkan dan menarik sehingga anak menjadi lebih luas dalam memahami, merasakan seperti kenyataan aslinya, menumbuhkan perhatian atau antusiasme terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dikelas.  Fakta di lapangan didapatkan kelemahan dalam menerapkan multimedia pembelajaran interaktif hal tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media interaktif pada pembelajaran di PAUD. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Partisipan yang terlibat sebanyak 15 orang yang dipilih dengan Teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat diperlukan bagi pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kompetensi guru dan suasana nyaman, menyenangkan dikelas


Keywords


: multimedia interaktif; guru paud; anak usia dini

References


Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1727

DEPDIKNAS. (2003). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 14 mengenai Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Kemendikbud.

Hackbart-Dean, P., & Ray, W. (2021). Community engagement: Finding history where it lives. College and Research Libraries News, 82(8), 377–380. https://doi.org/10.5860/crln.82.8.377

Hamidi, F., Kharamideh, Z. M., & Ghorbandordinejad, F. (2011). Comparison of the training effects of interactive multimedia (CDs) and non-interactive media (films) on increasing learning speed, accuracy and memorization in biological science course. Procedia Computer Science, 3, 144–148. https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.025

Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009//jpud.121.05

Kawachi, P. (2013). Quality Assurance Guidelines for Open Educational Resources: TIPS Framework. Commonwealth Educational Media Centre for Asia (CEMCA)

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 133–142. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25338

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995

Pahari, P., & Rohr, J. (2009). Total synthesis of psoralidin, an anticancer natural product. Journal of Organic Chemistry, 74(7), 2750–2754. https://doi.org/10.1021/jo8025884

Pasya, S. A., & saputro, ari. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Belajar Mengenal Hewan Sebagai Media Edukasi Pada Tk Budi Mulia Tangerang. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 1(5), 416–421. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1036

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4), 485–487. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Setyadi, A., Iskak, A., Sukmaningrum, R., & Hawa, F. (2015). Komputer Interaktif Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. E-Dimas, 6(1), 1. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v6i1.794

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tan, K., Sather, A., Robertson, J. L., Moy, S., Roux, B., & Joachimiak, A. (2009). Structure and electrostatic property of cytoplasmic domain of ZntB transporter. In Protein Science (Vol. 18, Issue 10). https://doi.org/10.1002/pro.215

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258


Refbacks

  • There are currently no refbacks.