Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Author


Elfrida Rahma Valentina Dewi(1Mail), Hibana Hibana(2), Musyafa Ali(3),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 439KB]  Language: id
Published : 2023-01-12
Copyright (c) 2023 Elfrida Rahma Valentina Dewi, Hibana Hibana, Musyafa Ali

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 113 times PDF Downloaded: 47 times

Abstract


Perkembangan kognitif anak usia dini perlu dirangsang dengan berbagai media dan kegiatan agar dapa berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Loose Parts terhadap perkembangan kemampuan kognitif  anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 anak. Teknik pengumpulan data yakni observsi dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan yakni pedoman wawancara dan tes. Adapun sebelum dilakukannya analisis inferensial, sebelumnya dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Teknik analaisis data yang digunakan adalah analaisis deskriptif dan analisis inferensial dengan metode independent sample t test untuk menguji perbedaan kemampuan kognitif anak yang tidak menggunaka dan yang menggunakan media Loose Parts. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media loose parts terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak.


Keywords


perkembangan kognitif; loose parts; anak usia dini

References


Anisabela, M., & Rahminawati, N. (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran pada Anak. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.896

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Chapnick, A. (2017). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Eriani, E., Mardiah, M., Napratilora, M., & Erdawati, S. (2022). Loose parts: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 175–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.316

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hasan, M. (2013a). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Diva Press.

Hasan, M. (2013b). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.

Indarwati, A. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode : Jurnal Psycho Idea, 15(2), 109–118. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/2450

Jarwani, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 12–25. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp12-25

Kesuma, U., & Istiqomah, K. (2019). Physical Development and Characteristics and Brain Development of Children of Basic Education Age. Madaniyah, 9(2), 217–236. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/125

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Karisma, I., Amilda, A., & Fahmi, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Az –Zahra Kota Pagaralam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4104–4115. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6127

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. Pedagogika, 11(2), 104–115. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.174

Mardiyah, L., & Hambali, H. (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. JOTE (Journal On Teacher Education), 4(1), 334–347. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5970

Mustakim, M., Fauziyah, N., Rahim, A. R., & Sukaris, S. (2020). Mengoptimalkan Golden Age Anak. DedikasiMU(Journal of Community Service), 2(4), 607. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2059

Nur Istim, Hendratno, S. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Loose part Bahan Plastik terhadap Perkembangan Bahasa dan Fisik Motorik pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3793

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672

Nurliana, Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451–460. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/246

Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulas . PAUD. PT Sarang Seratus Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, & Yuliani, N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Suryawan, A., & Endaryanto, A. (2021). Perkembangan Otak dan Kognitif Anak: Peran Penting Sistem Imun pada Usia Dini. Sari Pediatri, 23(4), 279. https://doi.org/10.14238/sp23.4.2021.279-84

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Rektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Witri, R. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung dan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Loose Parts pada Anak Kelompok A di RA Bina Amanah Kota Batu. Universitas Islam Malang.

Yoni, A. (2012). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Grup Kelas Inti Media.

Zahra, A., & Harmawati, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 7–19. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1612


Refbacks

  • There are currently no refbacks.