- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Literasi Informasi untuk Meningkatkan Disaster Self Awareness AUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3430Keywords:
disaster self-awareness, mitigasi bencana, anak usia diniAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang analisis keterampilan literasi informasi yang dimiliki para pendidik di Kabupaten Lampung Timur dalam penyusunan bahan ajar mitigasi bencana untuk meningkatan disaster self-awareness anak usia 5-6 tahun agar menjadi generasi muda yang tangguh bencana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dan metode studi kasus, dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Sebanyak 5 orang pendidik PAUD di Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur menjadi informan dalam penelitian ini. Seluruh proses pengumpulan data secara daring dan luring, dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19. Melalui penelitian ini diharapkan akan tercapai tujuan khusus berikut ini, yaitu: (1) Memetakan tingkat keterampilan literasi informasi pendidik dalam penyusunan bahan ajar mitigasi bencana yang dapat meningkatkan disaster self-awareness anak usia dini; dan, (2) Menganalisis kebutuhan pendidik dalam menyusun rancangan pembelajaran mitigasi bencana yang dapat meningkatkan disaster self-awareness anak usia dini.
Downloads
References
Anam, S., Dari, R. W., Savitri, W. E., & Leliana, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Materi Literasi Tanggap Bencana bagi Keluarga pada Staf BPBD Jawa Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 556–561. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.5619
Anggarasari, N. H., & Dewi, R. S. (2020). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.438
Atmojo, M. E. (2020). Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475
Basuki, S. (2013). Literasi Informasi dan Literasi Digital. Diakses Dari https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital.
Dewantik, S. S., Mukminin, A., & Waluyo, E. (2010). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Sebagai Dasar Pengenalan Teknologi Informasi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 14(2), 1–5. https://doi.org/10.15294/abdimas.v14i2.27
Hasbi, M., Muis, A., Nurfadilah, Wahyuningsih, S., Murtiningsih, & Rosita, W. (2020). Pengintegerasian Pendidikan Kebencanaan dalam KTSP dan Pengembangan RPP di Satuan PAUD (2nd ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/22539/1/Modul2_Kebencanaan.pdf
Hidayati, D. A., Sari, I. F., Purboyo, M. G., Amriwan, A., Nugraha, P., & Junaidi. (2021). Laporan Penelitian : Kajian Mitigasi Bencana Kabupaten Lampung Timur. http://repository.lppm.unila.ac.id/36520
Maarif, S. (2015). Sosiologi Kebencanaan dan Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas. April, 1–36. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/74240/Orasi Prof Syamsul Maarif_Unej_14 April 2015_RULLY FINAL.pdf?sequence=1
Mantasia, & Jaya, H. (2016). Model Pembelajaran Kebencanaan Berbasis Virtual sebagai Upaya Mitigasi dan Proses Adaptasi Terhadap Bencana Alam di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 1–14. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36089
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Urgensi Pengenalan Perpustakaan Untuk Mendukung Praktik Literasi Dasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD, 3(2), 72–80. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/12981
Putra, H. P., & Aditya, R. (2014). Pelatihan Mitigasi Bencana kepada Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(2), 115–119. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7817
Putra, P., & Oktaria, R. (2021). Urgensi Mengembangkan Literasi Informasi dan Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(2), 134–146. https://doi.org/10.23960/jiip.v2i2.21818
Rahesli Humsona, Sri Yuliani, & Sigit Pranawa. (2019). Kesiapsiagaan Anak dalam Menghadapi Bencana: Studi di Kabupaten Sleman. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i1.619
Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
Setiawan, M. V. (2017). Mengurangi Kecemasan Pemustaka Dalam Proses Penelusuran Informasi Melalui Layanan Virtual Referens di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(2), 178. https://doi.org/10.22146/bip.27224
Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18–24. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Wicaksono, A. (2020). Biarkan Siswa Bermain, Guru PAUD Diminta Tak Kasih PR. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200331173255-20-488813/biarkan-siswa-bermain-guru-paud-diminta-tak-kasih-pr
Windah, A., Putra, P., Oktaria, R., & Prabowo, R. (2022). Optimalisasi Kemampuan Literasi Informasi Guru Relawan Melalui Pelatihan 21st Century Skills Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul di Desa Teluk Kiluan Negeri Kecamatan Kilumbayan Kabupaten Tanggamus. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(4), 195–203. https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i4.242
Windah, A., Putra, P., Oktaria, R., & Yulistia, A. (2020). Kebutuhan Literasi Informasi dan Digital bagi Masyarakat di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i2.32973
Windah, A., Putra, P., Sari, I. F., Karmilasari, V., & Oktaria, R. (2022). Adaptation of Lampung Families in Reconstructing 21st Century Skills Implementation During Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3133–3146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2243
Yusniah. (2016). Information Literacy of Library Science. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 12–28. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/96
Zulaikha, S. R. (2008). Kontribusi S.R. Ranganathan dalam Perkembangan Ilmu Perpustakaan Dewasa Ini. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, III (1), 5–6. http://digilib.uin-suka.ac.id/259/1/Kontribusi S.R. Ranganathan Dalam Perkembangan.pdf