Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Didien Ika Setyarini Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia
  • Silviana Galuh Rengganis Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia
  • Innas Tiara Ardhiani Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia
  • Endah Kamila Mas’udah Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3376

Keywords:

screen time, tantrum, perkembangan anak usia dini

Abstract

Perkembangan pada anak usia dini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, faktor eksternal diantaranya penggunaan gadget. Screen time pada anak usia dini tidak boleh lebih dari 1 jam/satu hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak screen time terhadap potensi tantrum dan perkembangan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif, dengan desain analitik observasional, memanfaatkan pendekatan Cross Sectional. Uji statistik mengimplementasikan analisa Rank Spearman’s. Jumlah sampel merupakan total populasi sebanyak 40 responden. Instrumen yang digunakan lembar DDST dan kuisioner. Hasil penelitian 17 responden berpotensi tantrum, dan 15 responden dengan kategori perkembangan suspect. Analisis uji korelasi didapatkan tingkat korelasi yang kuat, dimana semakin tinggi intensitas screen time, akan meningkatkan potensi tantrum dan keterlambatan perkembangan pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 1. https://apjii.or.id/survei

Chikmah, A. ., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah. Jurnal SIKLUS, 07(02), 295–299. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/896/0

Febriati, L., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah di TK Yogyakarta. The Shine Cahaya Dunia Kebidananebidanan, 5(1), 1–12. https://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/TSCBid/article/view/196

Jafri, Y., & Defega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Usia 3 – 6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 3(1), 76–83. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/573

Kementerian PPA. (2020). Profil Anak Indonesia tahun 2020. Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA).

Martzog, P., & Suggate, S. P. (2022). Screen media are associated with fine motor skill development in preschool children. Early Childhood Research Quarterly, 60, 363–373. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.03.010

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Moon, J. H., Cho, S. Y., Lim, S. M., Roh, J. H., Koh, M. S., Kim, Y. J., & Nam, E. (2019). Smart device usage in early childhood is differentially associated with fine motor and language development. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 108(5), 903–910. https://doi.org/10.1111/apa.14623

Nofadina, H., Hidayati, N. O., & Adistie, F. (2021). Hubungan Screen Time Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Mutiara Ners, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i2.1654

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/48

Putri, A. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Di Tk Bunda Dharmasraya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 37–42. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/397

Ra, C. K., Cho, J., Stone, M. D., De La Cerda, J., Goldenson, N. I., Moroney, E., Tung, I., Lee, S. S., & Leventhal, A. M. (2018). Association of digital media use with subsequent symptoms of attention-deficit/hyperactivity disorder among adolescents. JAMA - Journal of the American Medical Association, 320(3), 255–263. https://doi.org/10.1001/jama.2018.8931

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588

Santy, W. H., & Irtanti, T. A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Temper Tantrum Pada Anak Usia 2-4 Tahun Di Paud Darun Najah Desa Gading, Jatirejo, Mojokerto. Journal of Health Sciences, 7(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v7i1.490

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Srinahyanti, S., Wau, Y., Manurung, I., & Arjani, N. (2019). Influence of Gadget: A Positive and Negative Impact of Smartphone Usage for Early Child. https://doi.org/10.4108/eai.3-11-2018.2285692

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Unicef. (2020). Gadget playing and TV watching habits in children aged 2-5: Antecedents and effects/outcomes. Education Policy and Research Association, 1–56. https://www.unicef.org/georgia/reports/gadget-playing-and-tv-watching-habits-children-aged-2-5-antecedents-and-effectsoutcomes

Downloads

Published

11-05-2023

How to Cite

Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496–2504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3376

Issue

Section

Articles