- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3376Keywords:
screen time, tantrum, perkembangan anak usia diniAbstract
Perkembangan pada anak usia dini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, faktor eksternal diantaranya penggunaan gadget. Screen time pada anak usia dini tidak boleh lebih dari 1 jam/satu hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak screen time terhadap potensi tantrum dan perkembangan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif, dengan desain analitik observasional, memanfaatkan pendekatan Cross Sectional. Uji statistik mengimplementasikan analisa Rank Spearman’s. Jumlah sampel merupakan total populasi sebanyak 40 responden. Instrumen yang digunakan lembar DDST dan kuisioner. Hasil penelitian 17 responden berpotensi tantrum, dan 15 responden dengan kategori perkembangan suspect. Analisis uji korelasi didapatkan tingkat korelasi yang kuat, dimana semakin tinggi intensitas screen time, akan meningkatkan potensi tantrum dan keterlambatan perkembangan pada anak usia dini.
Downloads
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 1. https://apjii.or.id/survei
Chikmah, A. ., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah. Jurnal SIKLUS, 07(02), 295–299. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/896/0
Febriati, L., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah di TK Yogyakarta. The Shine Cahaya Dunia Kebidananebidanan, 5(1), 1–12. https://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/TSCBid/article/view/196
Jafri, Y., & Defega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Usia 3 – 6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 3(1), 76–83. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/573
Kementerian PPA. (2020). Profil Anak Indonesia tahun 2020. Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA).
Martzog, P., & Suggate, S. P. (2022). Screen media are associated with fine motor skill development in preschool children. Early Childhood Research Quarterly, 60, 363–373. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.03.010
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Moon, J. H., Cho, S. Y., Lim, S. M., Roh, J. H., Koh, M. S., Kim, Y. J., & Nam, E. (2019). Smart device usage in early childhood is differentially associated with fine motor and language development. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 108(5), 903–910. https://doi.org/10.1111/apa.14623
Nofadina, H., Hidayati, N. O., & Adistie, F. (2021). Hubungan Screen Time Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Mutiara Ners, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i2.1654
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/48
Putri, A. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Di Tk Bunda Dharmasraya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 37–42. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/397
Ra, C. K., Cho, J., Stone, M. D., De La Cerda, J., Goldenson, N. I., Moroney, E., Tung, I., Lee, S. S., & Leventhal, A. M. (2018). Association of digital media use with subsequent symptoms of attention-deficit/hyperactivity disorder among adolescents. JAMA - Journal of the American Medical Association, 320(3), 255–263. https://doi.org/10.1001/jama.2018.8931
Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588
Santy, W. H., & Irtanti, T. A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Temper Tantrum Pada Anak Usia 2-4 Tahun Di Paud Darun Najah Desa Gading, Jatirejo, Mojokerto. Journal of Health Sciences, 7(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v7i1.490
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297
Srinahyanti, S., Wau, Y., Manurung, I., & Arjani, N. (2019). Influence of Gadget: A Positive and Negative Impact of Smartphone Usage for Early Child. https://doi.org/10.4108/eai.3-11-2018.2285692
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915
Unicef. (2020). Gadget playing and TV watching habits in children aged 2-5: Antecedents and effects/outcomes. Education Policy and Research Association, 1–56. https://www.unicef.org/georgia/reports/gadget-playing-and-tv-watching-habits-children-aged-2-5-antecedents-and-effectsoutcomes