
Author
Muktiono Waspodo(1

Teknologi Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia(1)
Teknologi Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia(2)
Kesehatan Masyarakat, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia(3)

Published : 2024-07-24
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 192 times
PDF Downloaded: 205 times
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkarakteristikkan ibu dalam upaya meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini. Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka. Keabsahan data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik ibu pada rentang usia 23 tahun hingga 46 tahun, memiliki anak ≥ 2 orang, pekerjaan utama ibu adalah ibu rumah tangga dan pekerja paruh waktu. Pendidikan ibu tertinggi sarjana, terendah SD dan terbanyak SMA. Usia, pendidikan, pengetahuan dan pekerjaan mempengaruhi keberhasilan ibu dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak, namun waktu berkualitas bersama anak adalah yang terpenting. Rekomendasi: ibu bisa mendelegasikan PAUD jika ibu tidak memiliki waktu berkualitas dan tidak memiliki
Keywords
References
Abdullah, Z. A. (2003). Mengapa Montessori, Memilih Prasekolah yang Sesuai. Times Books International .
Anggraini. (2015). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar Anak Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Darsa Bakti Margomulyo Kabupaten Pesawaran. Jurnal Kesehatan Holistik, 9(4), 179–182.
AY Christiari, Ramzi Syamlan, & Irawan Fajar Kusuma. (n.d.). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia 6-24 bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Retrieved March 8, 2022, from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/500
Daradjat, Z. (1994). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. CV.Ruhama.
Dwinita, D., & Fina, A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Peran Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Istiqomah Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.
Elistya Andani, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Wanita Karir Terhadap Tumbuh Kembang Motorik Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Kelurahan Purbayan Sukoharjo. Skripsi (pp. 1–13).
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
George S. Morrison. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD) (F. I. D. dan T. I. penyunting, Ed.; Edisi kelima). Indeks.
Hurlock, B. E. (1978). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup (kelima). Erlangga.
Kemenpppa. (2018). Profil Perempuan Indonesia (1st ed.). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Kependudukan, B., Berencana, K., Jakarta, N., Pusat, I. B., Jakarta, S., & Kesehatan, I. K. (2018). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017 Provinsi DKI Jakarta. http://www.DHSprogram.com.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Kuncoro, D. H., (2013). Hubungan Antara Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Motorik Halus Dan Kasar Pada Anak Usia Toddler Di Paud Mekarsari Desa Pucangombo Tegalombo Pacitan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kurniasari, L., & Karina, S. (2019). Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Dunia Kesmas, 8(4), 226–232.
Kustantinah, F., & Anggraeni, R. (2015). Hubungan Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Keperawatan, 7(1), 28–34. https://doi.org/10.21009/jkkp.021.09
Laela, N. (2016). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 64–80. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i1.9
Livana, P., Dhita, A., & Yulia, S. (2018). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12340
Marliani, R. (2015). Psikologi Perkembangan. Penerbit Pustaka Setia.
Mitayani, Y., Riska, N., & Nursetiawati, S. (2015). Hubungan Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 2-3 Tahun (Toddler). Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21009/JKKP.021.09
Mustika Sari, S. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Motorik Kasar Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Toddler Play Group Tunas Rimba Lamongrejo Lamongan. Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan, 6(2), 29–36.
Nurhasanah, & Ismarwati. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 Tahun Di Posyandu Teratai I Desa Bangunjiwo Tahun 2015. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Perpress. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. Retrieved February 23, 2022, from https://jdih.kemenpppa.go.id/peraturan/perpres_no.60-2013.pdf
Republik Indonesia. (2021). PP No. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI.
Safitri, Y. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun Di Kelurahan Sei Sikambing B Kecamatan Medan Sunggal. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 16(3)
Santrock, John. W. (2011). Life Span Development (cet ke-13). Published by McGraw-Hill.
Setyorini, W. W., & Kurnaedi, N. (2018). Pentingnya Figur Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula
Silalahi, B. (2020). Hubungan Peran Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Usia 3 Tahun Di Paud Imelda. Jurnal Keperawatan, 3(1), 75–82.
Warseno, A., & Solihah, H. (2019). Tingkat Pendidikan Ibu Memiliki Hubungan Dengan Status Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Malang, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.36916/jkm.v4i1.83
Widodo, D., Widiani, E. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Toddler Di Posyandu Melati Tlogomas Malang. Nursing News, 2. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/178
Yuliawati, A. (2021). Hubungan Peran Ibu Dalam Pemilihan Alat Permainan Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun Di Yayasan Ar-Rahmah Kabupaten Lumajang Naskah Publikasi. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.