Pembelajaran Kesehatan dan Gizi bagi Guru Taman Kanak-Kanak: Sebuah Penelitian Gabungan

Author


Nur Faizah Romadona(1Mail), Rudiyanto Rudiyanto(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 286KB]

Published : 2022-11-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 534 times PDF Downloaded: 508 times

Abstract


Kesehatan dan gizi anak usia dini sangat berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Pelatihan pembelajaran Kesehatan dan gizi saat ini masih jarang diberikan pada guru di TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan pembelajaran Kesehatan dan gizi bagi guru Taman Kanak-Kanak. Penelitian menggunakan sequential explanatory mixed-methods design, dimana pendekatan kuantitatif menggunakan Pre-experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest, digabung dengan data kualitatif. Pengambilan data menggunakan instrument kuesioner dan wawancara. Pelatihan diikuti 62 orang peserta guru TK dari berbagai kota di Jawa Barat. Instrumen kuesioner telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji t paired-sample untuk data kuantitatif dan analisa deskriptif untuk data kualitatif. Hasil uji t paired-sample dapat disimpulkan bahwa pelatihan pembelajaran Kesehatan dan gizi efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru TK dalam pembelajaran Kesehatan dan gizi anak TK. Hasil uji t dikuatkan dengan data kualitatif dimana semua peserta memberikan apresiasi positif dan permintaan untuk diselenggarakan pelatihan ulang di berbagai kota di Jawa Barat. Rekomendasi selanjutnya, agar pelatihan dapat diperluas sehingga makin banyak guru TK yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Kesehatan dan gizi di Taman Kanak-Kanak


Keywords


pelatihan; pembelajaran kesehatan dan gizi; guru tk

References


Baskin, O. W. (1979). Effective Public Relations (S. M. Cutlip & A. H. Center (eds.)). Prentice-Hall.

Fauzi, A., Fitriasari, S., & Muthaqin, D. I. (2022). Development of Student Ecological Intelligence Through the Implementation of Ecopedagogy. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 636, 554–557. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220108.099

Gemily, S. C., Fikawati, S., & Syafiq, A. (2020). Gerakan nusantara program on children’s nutrition practices. Kesmas, 15(3), 113–119. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V15I3.3258

Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini dengan Masalah Obesitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2844–2851. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1570

Hikmah, E. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Mencuci Tangan Pada Anak Di Sd Taman Sukaria I Kota Tangerang. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(1), 77–90. https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.162

Indriani, I., Tambunan, L. N., Araya, W., & Saputra, E. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Imunisasi Rubella terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua di TK Perwanida 2 Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM, 8(2), 235–241. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i2.3899

Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188

Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.124

Kemdikbud. (2022). Usaha Kesehatan Sekolah. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/usaha-kesehatan-sekolah

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia 2014 (Vol. 1227, Issue July). Kementrian Kesehatan RI. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf

Keselman, A., & Zeyer, A. (2022). Tipping the Fencesitters—The Impact of a Minimal Intervention Enhanced with Biological Facts on Swiss Student Teachers’ Perception of HPV Vaccination Safety. Vaccines, 10(2), 175. https://doi.org/10.3390/vaccines10020175

Krane, V., Karlsson, B., Ness, O., & Kim, H. S. (2016). Teacher–student relationship, student mental health, and dropout from upper secondary school: A literature review. Scandinavian Psychologist, 3. https://doi.org/10.15714/scandpsychol.3.e11

Kurniati, P. T. (2021). Penyuluhan Tentang Pencegahan Stunting Melalui Pemenuhan Gizi pada Wanita Usia Subur. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 113–118. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i2.125

Liu, H., Xu, X., Liu, D., Rao, Y., Reis, C., Sharma, M., & Zhao, Y. (2018). Nutrition-related knowledge, attitudes, and practices (KAP) among kindergarten teachers in Chongqing, China: A cross-sectional survey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(4), 615. https://doi.org/10.3390/ijerph15040615

Lynagh, M., Cliff, K., & Morgan, P. J. (2015). Attitudes and beliefs of nonspecialist and specialist trainee health and physical education teachers toward obese children: evidence for “anti‐fat” bias. Journal of School Health, 85(9), 595–603.

Medong, A. (2022). Permasalahan Gizi Stunting Dan Dampaknya Pada Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.37567/prymerly.v4i2.997

Nurhadi, J. Z. L., & Fatahillah. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Aktivitas Fisik Pada Masyarakat Komplek Pratama, Kelurahan Medan Tembung. Jurnal Health Sains, 1(5), 294–299. https://doi.org/10.46799/jhs.v1i5.52

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013. Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/41430/perpres-no-60-tahun-2013

Prima, E., Yuliantina, I., Nurfadillah, H., I., R., & Ganesa, R. en. (2017). Layanan Kesehatan,Gizi dan Perawatan (pp. 1–22). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rachmawati, I. (2019). Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di TK Wilayah Kecamatan Cangkringan Sleman. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/14811

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19: Problematika Dan Solusi. Qawwam, 14(1), 29–50. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/qawwam/article/view/2310

Sari, W., Rukmana, E., Firmansyah, H., & Rosmiati, R. (2022). Peningkatan Pengetahuan Guru Mts Al Washliyah 19 Percut Mengenai Pemenuhan Kebutuhan Gizi Berbasis Pangan Loka. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 3(April), 49–58. https://doi.org/10.33024/jkpm.v1i1.5189

Sary, Y. N. E. (2022). Kesehatan Mental Emosional Korban Perceraian pada Anak Usia Dini di Panti Asuhan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3680–3700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2227

Sharma, S., Dortch, K. S., Byrd-Williams, C., Truxillio, J. B., Rahman, G. A., Bonsu, P., & Hoelscher, D. (2013). Nutrition-related knowledge, attitudes, and dietary behaviors among head start teachers in Texas: a cross-sectional study. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 113(4), 558–562. https://doi.org/10.1016/j.jand.2013.01.003

Shiyanbola, O. O., Rao, D., Bolt, D., Brown, C., Zhang, M., & Ward, E. (2021). Using an exploratory sequential mixed methods design to adapt an Illness Perception Questionnaire for African Americans with diabetes: the mixed data integration process. Health Psychology and Behavioral Medicine, 9(1), 796–817. https://doi.org/10.1080/21642850.2021.1976650

Shihab, K. M., Sussi, S., Munadi, R., Prasojoe, R. R., & Fitriyanti, N. (2019). Pembuatan Game Online BoMCleaN sebagai Media Pembelajaran Kebersihan Lingkungan. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 5(1), 113. https://doi.org/10.26418/jp.v5i1.29874

Wahyuningsih. (2021). Buku Saku PHBS (Sri Wahyuningsih, Ed.; 1st ed.). Direktorat SD.

Yang, W., Huang, R., Su, Y., Zhu, J., Hsieh, W. Y., & Li, H. (2022). Coaching early childhood teachers: A systematic review of its effects on teacher instruction and child development. Review of Education, 10(1), 3343. https://doi.org/10.1002/rev3.3343

Zakiudin, A., & Shaluhiyah, Z. (2016). Perilaku Kebersihan Diri (Personal Hygiene) Santri di Pondok Pesantren Wilayah Kabupaten Brebes akan Terwujud Jika Didukung dengan Ketersediaan Sarana Prasarana. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(2), 64. https://doi.org/10.14710/jpki.11.2.64-83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.