Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Video Scribe dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas Awal

Author


Mutmainah Mutmainah(1Mail), Nur Fitriani Zainal(2), Satriani Satriani(3),
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 406KB]  Language: id
Published : 2022-09-25
Copyright (c) 2022 Mutmainah - Mutmainha

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 122 times PDF Downloaded: 61 times

Abstract


Hasil Observasi menunjukkan bahwa hanya 40 persen saja Guru menggunakan media pembelajaran berbasis IT. Karena itu peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe dalam keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pegembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa dari 30 anak yang mengikuti tes, secara klasikal sebanyak 26 orang anak atau sebesar 86,7 persen yang tuntas dan sebanyak 4 orang atau 13,3 persen yang tidak tuntas. Selanjutnya, dilihat dari kualitas media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe hasil pengembangan ini secara keseluruhan termasuk pada kategori Baik, yang meliputi aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media. Jadi, penelitian ini telah dapat menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan telah mampu meningkatkan hasil belajar anak pada pada kegiatan IPA pada materi Keberagaman Makhluk Hidup Lingkunganku

Keywords


model addie; sparkol videoscribe; hasil belajar

References


Anggari, S.A, dkk. (2017). Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Astawan, I.G. & Agustina, I.G.A.T. (2020). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Nilacakra.

Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/12412

Betty Simanjuntak, E., & Hospital Tampubolon, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Tema 7 Sub Tema 2 Siswa Kelas Iv Sd Negeri 030355 Parratusan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 269–278. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.30133

Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9). https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

F. Avvisati, A. Echazarra, P. G. and M. S. (2018). Programme For International Student Assesment (PISA) Result 2018. In Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia.

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3). https://doi.org/10.31603/ce.4425

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/11140

Krisnawati, A., Listiawan, T., & Hairunisya, N. (2021). Pengembangan media sparkol videoscribe berbasis problem based learning kelas 2 di sd negeri tenggong. Media Bina Ilmiah, 15(10), 5567–5574. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1214

Manzilina, F., Listiawati, E., & Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Media Videoscribe Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). JIPMat, 5(2), 185–199. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624

Nada, A. Q., & Masniladevi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2292–2306. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5805

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurrohmah, F., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Development of Sparkol Vedio Scribe Assisted Learning Media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831

Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061

Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12615

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sofyan, A., Rafiudin, & Soraya, R. A. (2019). The Development of Learning Media Using Sparkol Videoscribe Software on Natural Science Education Subjects. Proceedings of the International Conference on Education Technology (ICoET 2019), 372(ICoET). https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoet-19/125925048

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yani, M., Shahril, S., Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2020). Sparkol Learning Media: Is it Effective to Improve Students’ Mathematical Understanding? Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.5240


Refbacks

  • There are currently no refbacks.