Author
Tri Susanti(1), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 247KB]
Published : 2023-04-07
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1277 times PDF Downloaded: 506 timesAbstract
Penelitian studi kasus ini dilatarbelakangi pentingnya media pembelajaran seni musik khususnya pada anak usia dini di Lembaga Taman Kanak-Kanak dengan menggunakan alat musik rebana di dalam keterampilan seni musik anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk menggali informasi bagaimana alat musik rebana dapat digunakan sebagai media pembelajaran seni musik pada anak usia dini dan sebagai identitas dari lembaga pendidikan anak usia dini. Lembaga pendidikan seperti Taman Kanak-kanak di bawah naungan Rifa’iyah yang mengajar pada lembaga pendidikan anak usia dini dikenal memperbolehkan tetapi tidak menganjurkan untuk mengenalkan alat musik kepada anak-anak yang selama ini tersebar di masyarakat. Harapan dalam penelitian ini bahwa alat musik rebana dapat menjadi media pembelajaran seni musik anak usia dini. Metode yang dipilih yakni studi kasus. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Tempat dilaksanakan di lembaga pendidikan taman kanak-kanak, di kabupaen Pekalongan. Analisis data interaktif Miles dan Huberman digunakan dalam menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat musik rebana dapat digunakan sebagai media pembelajaran seni musik pada anak usia dini serta boleh diajarkan dan dikenalkan pada lembaga pendidikan dibawah naungan Rifa’iyah dan mampu menumbuhkan sikap religius anak sejak dini.
Keywords
References
Ahmad, A. (2006). Potensi dan Kekuatan Kecerdasan pada Manusia (IQ, EQ, SQ) dan Kaitannya dengan wahyu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 3(3), 215–230. https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/265
Al-Qordowi, Y. (2002). Islam Berbicara Seni. Fra Intermedia.
Amin, A. S. (1997). Gerakan Syaikh Ahmad Rifa’i dalam Menentang Kolonial Belanda. Mulia Offset.
Arifmiboy. (2016). Multiple intelligences: mengoptimalkan kecerdasan anak sebagai upaya dalam mempersiapkan generasi emas masa depan. International Seminar on Education 2016, 69–84. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/627
Aulia, A., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, 6(01), 160–168. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/4693
Bahari, N. (2014). Kritik seni: wacana, apresiasi, dan kreasi. Pustaka Pelajar.
Farouq, H. (2014). Membangun Karakter Anak Usia Dini Dengan Seni Musik. Nusantara Education Review, 1(3), 8.
Felix, J. (2012). Pengertian Seni sebagai Pengantar Kuliah Sejarah Seni Rupa. Humaniora, 3(2), 614. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3405
Gardner, R. O. (2004). The Portable Community: Mobility and Modernization in Bluegrass Festival Life. Symbolic Interaction, 27(2), 155–178. https://doi.org/10.1525/si.2004.27.2.155
Gruhn, W. (2002). Phases and Stages in Early Music Learning. A longitudinal study on the development of young children’s musical potential. Music Education Research, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.1080/14613800220119778
Gunawan, C., Asri Untari, M. F., & Setianingsih, E. S. (2020). Nilai Karakter Religius Pada Ekstrakurikuler Rebana di SD Muhammadiyah 11 Semarang. JANACITTA, 3(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v3i2.395
Hidayatullah, R. (2019). Pendidikan Musik: pendekatan musik untuk anak era 4.0. Syria Studies, 7(1), 37–72. https://doi.org/10.55981/brin.554
Hodgetts, D. J., & Stolte, O. E. E. (2012). Case-based Research in Community and Social Psychology: Introduction to the Special Issue. Journal of Community and Applied Social Psychology, 22(5), 379–389. https://doi.org/10.1002/casp.2124
Kamil, R., Fitriani, D. N., & Khatimah, K. (2021). Batik Rifa’iyah sebagai Dokumen. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsifan, 23(1), 1–9. http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/223
Lailiyah, I. (2020). Pembelajaran Ekstrakurikuler Rebana Untuk Merangsang Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di RA PSM Kanigoro Kras Kediri. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(1), 60–70. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9467
Oktaviyoza, S., & Yeni, I. (2022). Efektivitas Rebana Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15866–15874. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4887
Orman, E. K. (2002). Comparison of the national standards for music education and elementary music specialists’ use of class time. Journal of Research in Music Education, 50(2), 155–164. https://doi.org/10.2307/3345819
Panksepp, J., & Bernatzky, G. (2002). Emotional sounds and the brain: The neuro-affective foundations of musical appreciation. Behavioural Processes, 60(2), 133–155. https://doi.org/10.1016/S0376-6357(02)00080-3
Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4663
Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218
Rahmayani, N., Fatmawati, F., & Ahsan, M. N. (2017). Seni sebagai Media Dakwah pada Anak Usia Dini. Al-Mishbah | Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 12(2), 271. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.vol12.iss2.74
Rifa‘i, A. (1849). Riayatul Himmah.
Rosalianisa, R. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 184–199. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia/article/view/1970
Siswanto, E., Hidayati, L., Nurulia, L., Hadiansah, D., Hartuti, Setiana, Y. N., Ardiyanto, J., Novitasari, M., Fahmalatif, F., Petrus, S., Rahayuni, A., Prasetyo, A. N., & Sudargini, Y. (2021). Supervisi Pendidikan, “Menjadi Supervisor yang Ideal.” Unnes Press. https://books.google.co.id/books?id=g78-EAAAQBAJ
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., Armayanti, R., & Lubis, H. Z. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak; Dimensi, Urgensi dan Edukasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 219–237. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.219-237
Stuckey, H. L., & Nobel, J. (2010). The connection between art, healing, and public health: A review of current literature. American Journal of Public Health, 100(2), 254–263. https://doi.org/10.2105/AJPH.2008.156497
Suharto, S. (2018). Pengembangan Materi Dan Kegiatan Pembelajarannya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bidang Seni Musik. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 8(3), 1689–1699. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/780
Suyadi. (2012). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosadakarya. Remaja Rosdakarya.
Toto Sugiarto, R. (2016). Ensiklopedi Seni Dan Budaya 2: Alat Musik Tradisional. In Media Makalangan. Media Malakangan.
Utomo, S., & Al-Qodri, M. R. (2015). Mempertimbangkan Euritmika Emile Jaques-Dalcroze pada Pengajaran Seni Musik Anak Usia Dini. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.1-17
Utomo, U., & Sinaga, S. S. (2009). Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Musik Berbasis Seni Budaya Berkonteks Kreatif, Kecakapan Hidup, Dan Menyenangkan Bagi Siswa Sd/Mi. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 9(2), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/638
W Creswell, J., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. SAGE Publications
Wiyani, N. A. (2017). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(2), 77. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2009
Refbacks
- There are currently no refbacks.