Penerapan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Elizabeth Prima(1Mail), Putu Indah Lestari(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Elizabeth PRIMA

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.324

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-15
Published : 2019-11-25

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini melalui penerapan Token Economy. Perilaku prososial adalah aspek perkembangan moral yang mencakup perilaku seperti empati, kedermawanan, kerjasama, peduli, dan banyak lagi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Denpasar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok A berjumlah 17 anak. Objek penelitian ini adalah penerapan Token Economy untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Hasil yang peroleh pada Siklus I menunjukkan 47,06% telah mencapai ketuntasan, sedangkan pada Siklus II menunjukkan 82,35% yang mencapai ketuntasan. Dari Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan perilaku prososial sebesar 35,29% dengan penerapan Token Economy Hal ini menunjukkan penerapan Token Economy dapat meningkatkan perilaku prososial anak usia dini

Keywords


token economy; perilaku prososial; anak usia dini

References


Beaty, J. J. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. In Prenada Media.

Corey, G. (2013). Teori Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Davidson, G. (2010). Psikologi Abnormal. Jakarta: Rajawali Press.

Doll, C., McLaughlin, F. T., & Barreto, A. (2013). The Token Economy: A Recent Review and Evaluation. International Journal of Basic and Applied Science, 2(01), 131–149.

Gross, R. (2013). Psychology: The Science of Mind and Behaviour (Sixth Edition). In Pustaka Pelajar.

Hadi, P. (2005). Modifikasi Perilaku. In Departemen Pendidikan Nasional.

Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Mercer, J. & Clayton, D. (2012). Psikologi Sosial. In Erlangga.

Mustika Sari, I. T., Toha, H., & Nurani, Y. (2018). Improving Early Childhood Prosocial Behavior through Activity Storytelling with Puppets. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75

Nurmawati, E. I. (2013). Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Token Economy untuk Mengurangi Conduct Disorder. Procedia Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 1(1).

Paulus., M., Licata, M., Kristen, S., Thoermer, C., Woodward, A., & Sodian, B. (2014). Social Understanding and Self-Regulation Predict Pre-Schoolers Sharing with Friends and Disliked Peers: A Longitudinal Study. International Journal of Behavioral Development, 1(12). https://doi.org/10.1177/0165025414537923

Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 245. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124

Sholihah, M., Hafidah, R., & Syamsuddin, M. M. (2016). Pengaruh Teknik Token Economy Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun. 4(3).

Wentzel, K. (2015). Prosocial Behaviour and Schooling. Encyclopedia on Early Childhood Development. In University of Maryland at College Park.

Zlomke, K., &Zlomke, L. (2003). Token Economy Plus Self -Monitoring to Reduce Disruptive Classroom Behaviors. Behavior Analyst Today, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.1037/h0100117


Article Metrics

 Abstract Views : 32 times
 PDF Downloaded : 11 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.