Implementasi Pemanfaatan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Anak Usia Dini

Author


Yenny Wardati Arifah(1Mail), Dewi Eko Wati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 263KB]

Published : 2024-07-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 193 times PDF Downloaded: 148 times

Abstract


Perkembangan kognitif, khususnya kemampuan klasifikasi, pada dasarnya bertujuan untuk anak dapat bereksplorasi dan mengklasifikasikan lingkungan alam dengan panca inderanya. Jika perkembangan kognitif anak tidak optimal, maka fungsi berpikir tidak dapat digunakan secara cepat dan tepat untuk menyikapi situasi untuk problem solving dalam pembelajaran klasifikasi menggunakan media bahan alam karena sangat mudah diperoleh dan murah, tetapi dapat digunakan secara efektif serta efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pemanfaatan bahan alam untuk mengembangkan kemampuan klasifikasi anak kelompok B. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh; (1) proses persiapan yaitu, RPPH, pedoman media dan penggunaaan alat serta bahan alam seperti buah, bebatuan, pelepah, dedaunan dan biji-bijian; (2) proses pelaksanaan yaitu, guru memberikan fasilitas, memberikan kesempatan, dan mengembangkan kemampuan; (3) proses evaluasi yaitu, pengamatan selama kegiatan kemudian memberikan kesempatan anak untuk menyampaikan pengalamannya dan mengunakan teknik evaluasi berupa ceklis, anekdot serta hasil karya anak.


Keywords


bahan alam; kelompok B; kemampuan klasifikasi

References


Anggraeni, N. (2014). Studi kemampuan mengklasifikasikan benda berasarkan satu, dua, dan tiga kategori (warna, bentuk, dan ukuran) pada kelompok B TK Gugus II Kretek Yogyakarta. In Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/13450

Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117–126. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.3

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta.

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. In Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini

Dewiastri, A. R., Elan, E., & Mulyana, E. H. (2020). Rancangan Rencana Kegiatan Pembelajaran Berorientasi Pada Sains Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Mengomunikasikan Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 50–70. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27198

Fitriani, Y. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Engklek Untuk Melatih Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di BA Aisyiyah Kranggan. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. In Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7()1), 1–6).

Khadijah, & Amalia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Media Group.

Kustandi, C., & Bambang, S. (n.d.). Media Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Ndari, S. S., & Chandrawaty. (2018). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dimi. In Edu Publisher. Edu Publisher. KURIKULUM PDF.pdf.http://repository.uhamka.ac.id/2145/1/TELAAH

Olson, B. R. H. & M. H. (2014). Theories of learning (Teori Belajar ) edisi ketujuh. Kencana Prenada.

Ramadhan, Z. N., Sabdaningtyas, S., & Lilik Sofia, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Anak Usia Dini melalui Bermain Bahan Alam. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14956/10910

RI, M. P. dan K. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. In Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial (Vol. 10, Issue 1, p. 6).

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS Edisi Revisi. Tira Smart.

Saripah, S. (2021). Peran Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran yang Kreatif dari Bahan Alam dan Bahan sisa di PAUD Az-Zahra Teluk Jira. STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/170

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar - Google Books. PT Remaja Rosdakarya. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6027

Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia pada anak usia 5-6 tahun di tk negeri pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 22–34. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/1345

Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Ulfah, N. (2017). Implementasi Penggunaan Media Bahan Sisa Dan Bahan Alam Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Area Seni Di Ra. STAIN Kudus. http://eprints.stainkudus.ac.id/1675

Wulyani, S., Djibran, A. K. S., & Lamadang, K. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Menggunakan Metode Cerita Bergambar Di Paud. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 121. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1520

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Peneliti Gabungan. Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.