Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak

Devi Risma(1Mail), Yeni Solfiah(2), Defni Satria(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Devi Risma, Yeni Solfiah, Defni Satria

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-12
Published : 2019-12-23

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan suatu media edukasi perlindungan anak untuk mengurangi perilaku kekerasan pada anak. Perlindungan anak merupakan permasalahan yang harus mendapatkan perhatian dari setiap pihak. Untuk meningkatkan perlindungan terhadap anak diperlukan suatu media edukasi yang dapat digunakan dengan mudah oleh setiap pihak, baik oleh orang tua, guru, maupun anak tersebut. Media edukasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk buku cerita bergambar. Berdasarkan hasil uji validasi oleh tiga orang ahli diperoleh hasil sebesar 95% dalam kategori sangat baik. Hasil uji lapangan pada 15 orang tua, 14 orang guru, dan 11 orang anak juga diketahui bahwa media edukasi buku bergambar sangat baik dan dapat dipahami dari segi cover, isi, dan tampilan buku cerita. berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan  bahwa buku cerita seri perlindungan anak sangat baik, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua, guru, dan anak tentang perlindungan anak sehingga dapat mengurangi perilaku kekerasan pada anak.

Keywords


media edukasi; perlindungan anak; kekerasan anak

References


Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa SD. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337

Afifi, T. O., McTavish, J., Turner, S., MacMillan, H. L., & Wathen, C. N. (2018). The relationship between child protection contact and mental health outcomes among Canadian adults with a child abuse history. Child Abuse and Neglect, 79(February), 22–30. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.01.019

Boroujerdi, F. G., Kimiaee, S. A., Yazdi, S. A. A., & Safa, M. (2019). Attachment style and history of childhood abuse in suicide attempters. Psychiatry Research, 271, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2018.11.006

Di, Q., Yongjie, W., & Guowei, W. (2018). The severity, consequences and risk factors of child abuse in China – An empirical Study of 5836 children in China’s mid-western regions. Children and Youth Services Review, 95(October), 290–299. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.039

Indriati, N. Y., Wahyuningsih, K. K., S, S., & S, S. (2018). Perlindungan dan pemenuhan hak anak (Studi tentang orangtua sebagai buruh migran di Kabupaten Banyumas). Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 29(3), 474. https://doi.org/10.22146/jmh.24315

Kumar, M. T., Kar, N., & Kumar, S. (2019). Prevalence of child abuse in Kerala, India: An ICAST-CH based survey. Child Abuse and Neglect, 89(January), 87–98. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.01.002

Man, X., Barth, R. P., Li, Y., & Wang, Z. (2017). Exploring the new child protection system in Mainland China: How does it work? Children and Youth Services Review, 76, 196–202. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.03.012

Mulyana, N., Resnawaty, R., & Kamil Basar, G. G. (2018). Penanganan anak korban kekerasan. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 77. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.871

Nindya, P. N. (2012). Hubungan Kekerasan Emosional pada Anak terhadap Kecenderugan Kenakalan Remaja. P. N. Nindya, 1(02), 1–9.

Putri, A. M., & Santoso, A. (2012). Persepsi Orang Tua Tentang Kekerasan Verbal Pada Anak. Diponegoro Journal of Nursing, 1(1), 22–29.

Rijbroek, B., Strating, M. M. H., Konijn, H. W., & Huijsman, R. (2019). Child protection cases, one size fits all? Cluster analyses of risk and protective factors. Child Abuse & Neglect, 95, 104068. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104068

Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2018). Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan bentuk kekerasan terhadap anak. https://doi.org/ISSN : 2089-7510

Satriawan, Alfiana, Fasya, H., Amelia, A. F., & Yani, A. A. (2017). Analisis kebijakan perlindungan kekerasan terhadap anak di kota Makasar, 3(1), 1–13. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp/article/view/4067/2329

Setyawan, D. (n.d.). KPAI sebut pelanggaran hak anak terus meningkat. Retrieved December 6, 2019, from https://www.kpai.go.id/berita/kpai-sebut-pelanggaran-hak-anak-terus-meningkat

Sikumbang, F. (n.d.). 105 Anak dan perempuan di Pekanbaru alami Kekerasan, 81 anak korban kekerasan seksual dan fisik. Retrieved October 28, 2019, from https://pekanbaru.tribunnews.com/2018/12/28/105-anak-dan-perempuan-di-pekanbaru-alami-kekerasan81-anak-korban-kekerasan-seksual-dan-fisik

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Curere / Vol.02 / No. 02 / Oktober 2018, 02(02), 141–152. Retrieved from http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/viewFile/157/130

Tilbury, C., & Ramsay, S. (2018). A systematic scoping review of parental satisfaction with child protection services. Evaluation and Program Planning, 66, 141–146. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2017.10.010

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pemebelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zumbach, J., Wetzels, P., & Koglin, U. (2018). Predictors of psychological recommendations in child protection evaluation. Child Abuse & Neglect, 84, 196–204. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.08.003


Article Metrics

 Abstract Views : 139 times
 PDF Downloaded : 73 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.