
Author
Supandi Supandi(1

Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Madura, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Madura, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Madura, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Madura, Indonesia(4)
Pendidikan Agama Islam, Institut Dirosat Islamiah Al-Amin Prenduwan Sumenep, Indonesia(5)

Published : 2022-09-17
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 443 times
PDF Downloaded: 307 times
Abstract
Penelitian perkembangan pengenalan keaksaraan (arab dan latin) awal anak di lingkungan TK Muslimat NU ini berdasarkan observasi yang menemukan problem pengembangan bahasa anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1. Menghasilkan produk media pembelajaran Smart Bag yang layak, efektif dalam meningkatkan perkembangan anak usia 4-5 tahun, 2. Memberikan informasi dan ilmu baru terkait tema penelitian. Model penelitian yang digunakan ADDIE (Assume, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket, dokumentasi, uji validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan perolehan data 90,2 dari ahli, sembilan puluh tiga persen dari hasil uji kelompok kecil, dan 94,4 persen dari hasil uji kelompok besar, total keseluruhan memperoleh 92,5 persen. Hasil klasifikasi 86-100 persen tergolong dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan. Dengan demikian maka media Smart Bag sebagaimana yang dipaparkan pada hasil tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya bagi yang memiliki kesamaan persoalan sebagaimana yang peneliti paparkan tersebut di atas, yaitu terkait dengan pengembangan media pembelajaran.
Keywords
References
Afrianingsi, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Jurnal PAUD, 5(2), 195. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1568
Ahmad, N. F. (2017). Problematika Transliterasi Aksara Arab-Latin: Studi Kasus Buku Panduan Manasik Haji dan Umrah. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12(1), 126. https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.126-136
Asadullah, S. Al. (2021). Upaya Mengatasi Kesalahan Persepsi Masyarakat terhadap Tulisan Arab dan Arab Melayu di Desa Lubuk Garam Bengkalis. Jurnal Abdidas, 2(1), 142–147. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.220
Dayudin, D., & Arifin, B. S. (2020). Model Pembelajaran Mapan dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 37–55. https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7500
Depdikbud. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Haq, R. S. (2005). Transliterasi Aksara Arab dalam Pentalogan. At-Turas, 11(3). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/article/view/4208
Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989
Rizkiati, R., Nurtiani, A. T., & Muzakir, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B Di Paud Subulussalam Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2(2), 1–13. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/630
Roza, E. (2017). Aksara Arab-Melayu di Nusantara dan Sumbangsihnya dalam Pengembangan Khazanah Intelektual. TSAQAFAH, 13(1), 177. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v13i1.982
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito, R. (2014). Media Pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. PT Grafindo Persada.
Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran : Buku Pegangan Guru dan Dosen. Kaukaba Dipantara.
Saripah, I., Kamarubiani, N., & Widiastuti, N. (2015). Peningkatkan Hasil Belajar Keaksaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Transliterasi. Jurnal Akbar Kemdiikbud, VI(1), 46–56. https://jurnalakrab.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalakrab/article/view/111
Seefeldt, C. dan B. A. W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. PT. Indeks.
Sriwiyana, A. &. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tiara Annisa.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang : UNP Press.
Susanto, M. F., Mahendra, M. A. G., Nugraha, A. T., & Anggraeni, R. D. (2020). Smartbag Dengan Sistem Keamanan Berbasis Arduino, Sensor PIR, dan GPS Melalui SMS. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 11(1), 26–27. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2002
Syarifuddin, S., Nasrullah, N., & Syaiful, M. (2021). Meningkatkan Kemahiran Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Media Kartu Tukar Huruf pada Pembelajaran Alquran Hadits Kelas III MIN 21 Kecamatan Paminggir. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(1), 16–26. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4505
Yulaelawati, E. (2018). Mengenal keaksaraan awal. Kegiatan Bermain AUD; https://kegiatanbermainaud.blogspot.com/2018/03/mengenal-keaksaraan-awal.html.
Refbacks
- There are currently no refbacks.