- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3186Keywords:
media audiovisual, bahasa ekspresif, anak usia dini.Abstract
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak. Penelitian ini memakai desain penelitian Quasi Eksperimen  dengan bentuk The Equivalent Time Sample Design. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 13 anak berusia 5-6 tahun. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas, yaitu media audiovisual dan variabel terikat, yaitu kemampuan bahasa ekspresif. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan teknik non tes, yaitu observasi. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil analisis pada data penelitian menunjukkan ada perbedaan rerata yang diuji. Uji hipotesis menunjukkan thitung sebesar 9,521 dan ttabel sebesar 1,771, artinya thitung > ttabel atau sama dengan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data, ditarik kesimpulan bahwa media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini.
Downloads
References
Agung Wibowo, Aman Simaremare, & Anita Yus. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.454
Darmawanti, C. L., Sasmiati, & Surahman, M. (2018). Perkembangan Bahasa Ekspresif Melalui Permainan How Good Is Your Memory. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14591
Desi Murniati Siregar, Eva Martina Simatupang, Timbul Amar Hotib Harahap, Anita Yus, & Aman Simaremare. (2022). Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema Lingkunganku Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453
Fatimah, Kholijah, S., & Susanti, S. (2019). Pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini RA Darul Isitiqomah 2 Desa Karang Anyar Lampung Timur. AZZAHRA : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 1(1), 39–52. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2086
Fitri, I. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Dengan Media Wayang Kelompok B RA Perwanida. Jurnal Pelita PAUD, 5(1). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1109
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fitriani, D., & Fauzy, T. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177
Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 131–137. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441
Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. E-Jurnal Literasi, 1(April). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/82
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.
Khadijah, K., Arlina, A., & Rahmadani, R. A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah. Jurnal Raudhah, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.939
Khotimah, K., Mustaji, & Jannah, M. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Dan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 223–235. ttps://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.350
Kusbudiyah, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Pada Mata Diklat Praktek Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, Volume XII(No.33), 130–137. http://doi.org/10.38075/tp.v12i33.63
Larasari, P. A., Bachtiar, I. G., & Jaya, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9(1), 105–112. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/111459
Lestariningrum, A. (2017). Buku Perencanaan Pembelajaran AUD. Nganjuk :Adjie Media Nusantara.
Munawaroh, Kristanto, & Anita Chandra D.S. (2018). Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Melalui Media Big Book Pada Kelompok B TK Tunas Bhakti Damar Banyumanik Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/2479
Rosyanafi, R. J., Nusantara, W., & Halimah. (2018). Pengaruh Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.5016
Shaleha, K., & Yus, A. (2020). EJoES Educational Journal of Elementary School Peranan Bahan Ajar Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Educational Journal of Elementary School, 1(3), 55–58. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/article/view/7220
Siahaan, Y. E., Sutapa, P., & Yus, A. (2020). Pengaruh Komunikasi Orangtua terhadap Perilaku Agresif verbal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1472–1486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.890
Sianturi, F. V., & Yus, A. (2022). Development Of Environment Based Animation Video Media As A Strategy For Developing High Level Of Thinking Skills. 2(2). http://www.sijel-journal.sensei-journal.com/index.php/jbo/article/view/88
Sinaga, R., Diputera, A. M., & Ramadhani, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian dalam Model Perkuliahan Abad 21. 8(1), 9–17. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36188
Sukiman. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Sukrin. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 tahun). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendiidkan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637
Tambunan, I., Yus, A., & Lubis, W. (2019). Development of Hand Puppet Media Based on Surroundings in Storytelling Learning of Children at Pembina State Kindergarten , Padang Hilir Subdistrict , Tebing Tinggi City. 2(2), 204–214. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.291
Wulan, D., Sari, W., & Yus, A. (2020). Video Analysis of Project Learning Models in Early Childhood Education Programs by Prospective Teacher Early Childhood. 1–9. https://doi.org/10.4108/eai.17-12-2019.2296026
Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.
Yus, Anita & Salim. (2021). Penggunaan Observasi Visual Digital Pada Interaksi. Jurnal Tematik, 11(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/24820
Yus, Anita & Winda Widya Sari. (2020). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.