Sosialisasi Nilai dan Norma kepada Anak Usia Dini

Authors

  • Hanny Nur Shofia Arifah Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Abdul Rahman Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Danang Purwanto Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3127

Keywords:

anak usia dini, guru paud, sosialisasi nilai dan norma

Abstract

Mendidik seorang anak melibatkan banyak pihak di sekitarnya. Mulai dari orang tua, keluarga, guru, teman hingga pemerintah. Dalam mendidik anak agen sosialisasi mewariskan budaya kepada anak melalui kegiatan sehari-hari mereka. Pada masa usia dini, anak-anak berperilaku sesuai apa yang mereka lihat dari orang sekitar dan belum bisa membedakan mana yang baik atau buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses sosialisasi nilai dan norma oleh guru kepada anak usia dini di TK Aulia Surakarta. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pihak yang telah dipilih yaitu empat orang guru pendidik PAUD TK Aulia Surakarta. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori perkembangan kognitif anak oleh Jean Piaget. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam proses sosialisasi norma, seorang guru memberikan contoh dalam perilaku keseharian di sekolah supaya anak bisa mengikuti perilaku baik sesuai dengan budaya yang berlaku di lingkungan. Hambatan dalam menanamkan norma yang dihadapi oleh guru yaitu ketika kebiasaan baik yang sudah diajarkan di sekolah tidak dilakukan anak di rumah karena lingkungan yang kurang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hanny Nur Shofia Arifah, Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Sosiologi Antropologi

References

Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan. Ircisod.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenadamedia Group.

Asmani, J. M. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Power Books (IHDINA).

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Christianto, H. (2016). Norma Kesusilaan Sebagai Batasan Penemuan Hukum Progresif Perkara Kesusilaan Di Bangkalan Madura. Jurnal Hukum & Pembangunan, 46(1), 1. https://doi.org/10.21143/jhp.vol46.no1.65

Fitri, A. W. G., & Mulyono, S. E. (2015). Peran Kelompok Bermain dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8027

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Bumi Aksara.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 60–71. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197

Ismail. (2018). Pentingnya Sosialisasi bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan). Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/JISA/article/view/5406

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Junanto, S., & Fajrin, L. P. (2020). Internalisasi Pendidikan Multikultural pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8, 28–34. https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.24338

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 42–46. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p.25p.2044

Kamoda, D. R., Umaternate, A. R., & Santie, Y. D. A. (2022). Proses Sosialisasi Anak yang Terjadi di Panti Asuhan (Studi Kasus pada Anak-Anak yang Berdomisili di Panti Asuhan Dorkas Tondano). Indonesian Journal of Social Science and Education, 2(1), 52–61. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ijsse/article/view/4648

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Khasanah, L. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Anak Usia Dini. QALAM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 32–47. https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/53

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif pada Anak Menurut Jean Piaget. Dialektika, 5(1), 1–10. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/17

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675

Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122

Narwoko, D., & Suyanto, B. (2014). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Prenadamedia Group.

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1), 39. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46

Rahaditama, M. W. (2021). Upaya Penanaman Nilai dan Norma dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 1 Merangin Provinsi Jambi. Jurnal Alfafa, 1.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825

Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 1(3). http://repository.unp.ac.id/135

Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506–2518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167

Downloads

Published

08-11-2023

How to Cite

Arifah, H. N. S., Rahman, A., & Purwanto, D. (2023). Sosialisasi Nilai dan Norma kepada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6343–6351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3127

Issue

Section

Articles