- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sosialisasi Nilai dan Norma kepada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3127Keywords:
anak usia dini, guru paud, sosialisasi nilai dan normaAbstract
Mendidik seorang anak melibatkan banyak pihak di sekitarnya. Mulai dari orang tua, keluarga, guru, teman hingga pemerintah. Dalam mendidik anak agen sosialisasi mewariskan budaya kepada anak melalui kegiatan sehari-hari mereka. Pada masa usia dini, anak-anak berperilaku sesuai apa yang mereka lihat dari orang sekitar dan belum bisa membedakan mana yang baik atau buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses sosialisasi nilai dan norma oleh guru kepada anak usia dini di TK Aulia Surakarta. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pihak yang telah dipilih yaitu empat orang guru pendidik PAUD TK Aulia Surakarta. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori perkembangan kognitif anak oleh Jean Piaget. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam proses sosialisasi norma, seorang guru memberikan contoh dalam perilaku keseharian di sekolah supaya anak bisa mengikuti perilaku baik sesuai dengan budaya yang berlaku di lingkungan. Hambatan dalam menanamkan norma yang dihadapi oleh guru yaitu ketika kebiasaan baik yang sudah diajarkan di sekolah tidak dilakukan anak di rumah karena lingkungan yang kurang mendukung.
Downloads
References
Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan. Ircisod.
Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenadamedia Group.
Asmani, J. M. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Power Books (IHDINA).
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Christianto, H. (2016). Norma Kesusilaan Sebagai Batasan Penemuan Hukum Progresif Perkara Kesusilaan Di Bangkalan Madura. Jurnal Hukum & Pembangunan, 46(1), 1. https://doi.org/10.21143/jhp.vol46.no1.65
Fitri, A. W. G., & Mulyono, S. E. (2015). Peran Kelompok Bermain dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8027
Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Bumi Aksara.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 60–71. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197
Ismail. (2018). Pentingnya Sosialisasi bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan). Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/JISA/article/view/5406
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Junanto, S., & Fajrin, L. P. (2020). Internalisasi Pendidikan Multikultural pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8, 28–34. https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.24338
Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 42–46. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p.25p.2044
Kamoda, D. R., Umaternate, A. R., & Santie, Y. D. A. (2022). Proses Sosialisasi Anak yang Terjadi di Panti Asuhan (Studi Kasus pada Anak-Anak yang Berdomisili di Panti Asuhan Dorkas Tondano). Indonesian Journal of Social Science and Education, 2(1), 52–61. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ijsse/article/view/4648
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Khasanah, L. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Anak Usia Dini. QALAM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 32–47. https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/53
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif pada Anak Menurut Jean Piaget. Dialektika, 5(1), 1–10. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/17
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Narwoko, D., & Suyanto, B. (2014). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Prenadamedia Group.
Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1), 39. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46
Rahaditama, M. W. (2021). Upaya Penanaman Nilai dan Norma dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 1 Merangin Provinsi Jambi. Jurnal Alfafa, 1.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825
Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 1(3). http://repository.unp.ac.id/135
Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506–2518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167