Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK

Author


Dwi Marintan Marintan(1Mail), Nina Yuminar Priyanti(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 263KB]  Language: id
Published : 2022-08-07
Copyright (c) 2022 Dwi Marintan Marintan

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 132 times PDF Downloaded: 45 times

Abstract


Pola asuh demokratis merupakan kunci dalam membentuk karakter anak. Salah satu karakter yang harus diajarkan kepada anak adalah sikap toleransi. Toleransi sangat diperlukan di dalam lingkungan sekolah TK, disinilah anak dilatih untuk dapat mempraktekkan keterampilan sikap toleransi yang telah diajarkan orang tua di rumah. Sekolah merupakan tempat anak untuk memahami perbedaan gender, agama dan karakter teman – temannya. Keterampilan sikap toleransi harus sudah dibekali oleh orang tua agar anak mudah beradaptasi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pola asuh demokratis terhadap keterampilan sikap toleransi anak usia 5-6 tahun. Analisis ini menggunakan teknik kuantitatif. Populasi dalam analisis ini berjumlah 22 responden. Sample yang digunakan adalah 20 responden, anak berusia 5-6 tahun. Hasil analisis data dari persamaan regresi adalah Y = 10,084+0,780X. Dari hasil analisis diperoleh nilai sig = 0.000/2 < 0.05 yang berarti H0 ditolak. Maka, dengan penerapan pola asuh demokratis dapat berpengaruh terhadap keterampilan sikap toleransi anak usia dini.


Keywords


pola asuh demokratis; sikap toleransi; anak usia dini

References


AL Tridhonantho. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Elex Media Komputindo.

Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 17-26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Asri, IGAAS., Suniasih, N.W., Suparya, I. K. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(2), 329-345. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3018

Azzahra, R., Fitriani, W., Desmita, D., & Warmansyah, J. (2021). Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1549-1561. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1796

Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak Usia 10-12 TAhun. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi. Primarry Education Journal Silampar, 1(1), 1-6.

Fitriah, H. N., & Jahada, J. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 106-114. https://doi.org/10.36709/bening.v5i2.13361

Gara, N., Norma, N., M., Marie, R., Tuerah, S., Sumilat, J. M., & Monigir, N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5024-5032. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3074

Lestari, S., Muslihin, H. Y., & Elan. (2020). Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 337-345.
https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, 3(2), 115-122.

Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349-6356.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723

Pratiwi, K. E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Di Sd Negeri 38 Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(1).

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439-2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729-3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929-2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro'ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orang tuapada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sudiartha, K., Supriyanto, R., Endang, T., Stah, S., & Dharma Malang, S. (2020). Pola Asuh Dalam Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Anak Usia Dini Dilingkungan Minoritas. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 110-118. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266

Sunariyadi, N. S., & Yuni Andari, I. A. M. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266

Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110-118.

Suryani, D., Yuniarni, D., & Miranda, D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1), 1-8.

Tabi'in, A. (2020). Pengenalan Keanekaragaman Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 137. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7246

Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034-3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

Wijaya, D., Maulina, N., & Wafa, M. H. (2022). Peningkatan Toleransi Beragama Di Taman Kanak Kanak Assyafi ' Iyah Lamongan. JPKM, 91-95.

Wuryaningsih, W., & Prasetyo, I. (2022). Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3180-3192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330

Yanti., Amaliyah, & A. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Al Fitrah, 2(1), 229-241. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518


Refbacks

  • There are currently no refbacks.