- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pemanfaatan Media Kopi dalam Kegiatan Seni Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2984Keywords:
anak usia dini, aktivitas seni, bahan ajar, bahan alam kopiAbstract
Media pembelajaran yang digunakan di lembaga pendidikan anak usia dini memiliki banyak keragaman salah satunya yaitu media alam termasuk penggunaan media kopi. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi upaya pemanfaatan media kopi dalam aktivitas seni dalam pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan serta menggunakan verifikasi data. Subjek pada penelitian ini adalah 4 guru dan kepala sekolah serta sebagian orang wali murid. Penelitian ini mendeskripsikan realitas di taman kanak-kanak tentang pemanfaatan media kopi dalam kegiatan seni. Hasil kegiatan melalui pemanfaatan tanaman kopi sangat beragam yaitu; mengecap dengan biji kopi, membuat mahkota dari daun kopi, kolase dengan kulit biji kopi, melukis dengan ampas kopi, menempel dengan daun kering, dan mengenalkan permainan tradisional dengan menggunakan biji kopi.
Downloads
References
Arianti, E. A., & Ismiatun, A. N. (2022). Stimulasi kemampuan berpikir logis anak kelompok A melalui media bahan alam selama pembelajaran daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 215. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10418
Barfod, K., Stevenson, M. P., & Bentsen, P. (2020). Outdoor Learning in Early Childhood. In Encyclopedia of Teacher Education (Vol. 28, Issue 2, pp. 1–5). https://doi.org/10.1007/978-981-13-1179-6_360-1
Creswell, J., & Poth, C. (2018). Qualitative inguiry research design: choosing among five approaches. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Dabis, Y., Arifin, I. N., Gorontalo, U. N., Desember, D., Maret, D., Alam, B., & Belajar, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B. Student Journal of Early Childhood Education, 2(1), 46–54. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE/article/view/994
Departement of education training and Employement. (2012). Everyday and natural materials. Information correct at time of printing. https://currimundiss.eq.edu.au/Supportandresources/Formsanddocuments/Documents/Prep resources/ac_-_everyday__natural_materials.pdf
Fazalani, R., & Saputra, N. (2022). Kain Perca Batik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Paud Al-Karimah. On Teacher Education, 3(2), 127–138. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3285
Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i2.943
Fox, J. E., & Schirrmacher, R. (2014). Art and creative development for young children. Cencgae Learning.
Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions Of Loose Parts In Early Childhood Outdoor Classrooms : A scoping review. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(3), 37–52. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1225658.pdf
Herr, J. (2013). Creative resoursces for the early childhood classroom (6th ed.). Wadsworth Cencage Learning.
Kaufman, J. C., & Sternberg, R. J. (1982). The cambridge handbook of creativity. Cambridge University Press.
Kellogg, R. (1979). Children’s drawing/children’s minds. Avon Books.
Khoiri, A. (2021). Meningkatkan kemampuan matematika dasar pada anak usia dini melalui pemanfaatan media alam. Al-Athfal: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 181–207. https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/al-athfal/article/view/216
Kiewra, C., & Veselack, E. (2016). Playing with Nature: Supporting Preschoolers’ Creativity in Natural Outdoor Classrooms. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 70. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1120194.pdf
Lestari, M. O., & Safitri, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Anak Usia Dini Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1), 3. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/1160
Mabagala, S., & Mabagala, D. L. (2007). The importance of play during childhood: the lesson for care givers, parents and pre-schools in tanzania. Huria - Journal of the Open University of Tanzania, 11(1), 111–126. https://www.ajol.info/index.php/huria/article/view/86065
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. In Remaja Rosdakarya.
Mulyati, S., & Sumeriwati, H. (2021). The Implementation of Learning Natural Materials Centers in an Effort to Improve Early Chilhood 5-6 Years Science Skills in Kindergarten Al –Azhar Diniyyah Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 370. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.235
Muzayyanah, Anam, N., & Rahman, F. (2022). Development Of Non-Uptitude Creativity In Early Childhood Through Waste, Natural And Synthetic Media (Loose Parts) In Ra Mamba’ul Hikmah Jember. Proceedings International Conference On Humanity Education And Social, 1(1), 35–43. http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/iches22/article/view/159
Oman, F. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(1), 10. http://103.20.188.221/index.php/assibyan/article/view/1334
Pratini, R., & Erhamwilda. (2021). Pengaruh Permainan Beklen Biji Kopi terhadap Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di Paud X Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 86–94. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.388
Priyanti, N., & Jhoni Warmansyah. (2021). The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 239–257. https://doi.org/10.21009/jpud.152.03
Saputra, E. (2008). Kopi dari Sejarah, Efek bagi Kesehatan Tubuh dan Gaya Hidup. In Yogyakarta: harmoni, Grafindo. Harmoni.
Sholihah, M., Sukartiningsih, W., & Bachri, B. S. (2018). The Influence of Learning Models of Natural Materials on the Cognitive and Motoric Development of Children in Group B in Kindergarten. Proceedings of the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 212, 710–714. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.161
Sidabutar, R. R., & Siahaan, H. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Aá¹fÄlunÄ: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.930
Sriyanto, A., & Lestari, P. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan bermain kreasi loose part TK ABA 1 Pandean Karanganyar Ngawi. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(2), 86–111. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/allubab/article/view/4345
Sugiartiningsih, Siti Hikmawati, Any Handriyani, Windah Yunan Kristianawati, & Eroh Rohayati. (2022). Penciptaan Sumber Daya Manusia Berkualitas Jenjang Usia Dini Melalui Kreativitas Wisata Edukasi Ibu dan Anak. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.37373/bemas.v3i1.147
Sulastri, A. T. (2012). Peningkatan keterampilan Motorik halus melalui kegiatan mosaik pada anak kelompok B di TK Pamardisiwi Muju-muju Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S1 Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/119
Supriyadi, H. (2014). Budidaya Tanaman Kopi Untuk Adaptasi Dan Mitigasi Perubahan Iklim. In Perspektif (Vol. 13, Issue 1, pp. 35–48).
Temiz, Z., & Karaarslan Semiz, G. (2018). Combining art activities and nature in pre-school education. Erken Çocukluk Çalışmaları Dergisi, 2(3), 556–570. https://doi.org/10.24130/eccd-jecs.1967201823103
Ulfadilah, N., Mulyana, E. H., & Muslihin, H. Y. (2021). Pemanfaatan Media Permainan Sains untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 49–58. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.6605
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347