Author
Kholida Munasti(1), Sigit Purnama(2), Winarti Winarti(3), Mutmainnah Mutmainnah(4), Rahmatun Nessa(5), Dewi Fitriani(6), Umar bin Abd Aziz(7), Saptiani Saptiani(8), Rosmiati Rosmiati(9), Rahmi Rahmi(10),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Indonesia(4)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Indonesia(5)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh, Indonesia(6)
Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh, Indonesia(7)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia(8)
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Indonesia(9)
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Indonesia(10) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 560KB]
Published : 2022-12-16
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1211 times PDF Downloaded: 534 timesAbstract
Revolusi industri 4.0 sangat mendukung kecanggihan teknologi komunikasi, salah satunya smartphone. Smartphone memiliki fitur media sosial dan yang paling populer adalah TikTok. Penggunaan aplikasi TikTok dapat menjadi media alternatif yang membantu perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pandangan baru terhadap aplikasi TikTok yang sering di gambarkan buruk terhadap anak ternyata memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis seluruh hasil observasi peneliti dengan apa adanya serta pengumpulan data di ambil melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aplikasi TikTok memiliki peran dalam membantu perkembangan anak, antara lain nilai agama dan moral melalui bersabar, fisik motori dengan melatih otot melalui gerakan, kognitif melalui penghafalan, bahasa dengan bertambahnya pembendaharaan kata, sosial emosional melalui pengekspresian wajah sesuai dengan suasana hati serta tampil percaya diri dan seni dengan mengembangkan bakat terpendam anak
Keywords
References
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/114
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Aprilia, F. (2018). Dampak Negatif dan Positif dari Fenomena Aplikasi “Tik Tok” bagi Remaja. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/fenyaprilia3947/5b4ee4306ddcae02aa20ad58/dampak-negatif-dan-positif-dari-fenomena-tik-tok-saat-ini-bagi-remaja
Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2(3), 220–228. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.220-228
Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 1–6. https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i2.246
Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 Yogyakarta In The Pandemic Time Of Covid-19. 12, 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Dwi, A., Utami, V., Nujiana, S., Hidayat, D., Adhirajasa, U., Sanjaya, R., & Subang, U. (2021). Aplikasi TikTok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.962
Firdausya, I. (2021). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos sebelum 13 Tahun. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun
Fitri, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2019). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019. 37–46. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13045
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hayati, L. (2018). Konsep Diri Anak-anak Pengguna Aktif Media Sosial. Society, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65
Hendrayana, M. Y., Budiartha, I. N. P., & Sudibya, D. G. (2021). Perlindungan Hak Cipta Terhadap Konten Aplikasi TikTok Yang Disebarluaskan Tanpa Izin. Referensi Hukum, 2(2), 417–422. https://doi.org/10.22225/jph.2.2.3351.417-422
Imron, A. (2016). Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Edukasia Islamika, 1, 89. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/771
Islamiyah, H. (2020). Pengaruh Intensitas Menggunakan Tik Tok Terhadap Perilaku Body Shaming Anak The Effect Of The Intensity In Using Tiktok On Children ’ S Body Shaming Behavior. 11(2), 205–218. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.6640
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62–69. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Kamaliyah, N. (2021). Pengenalan Nilai Moderasi Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan This Or That Berbasis Aplikasi Tiktok Introducing Moderation Values To Early Childhood Through This Or That Game Tiktok Application-Based. 15, 209–217. https://doi.org/10.38075/tp.v15i2.226
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). UUD No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud 146 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Kh, E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman : 13 – 19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51. https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10321
Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Inddividu Di Era Revolusi Informasi, 199–208. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9276
Kussanti, D. P., Risyan, F., & Armelsa, D. (2020). Faktor Yang Mendorong Remaja Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(1), 116–124. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/8138
Kusuma, D. N. S. C., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Jurnal Koneksi, 4(2), 372–379. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8214
Maharani, D. Y. (2021). Perlindungan Hukum Atas Lagu Dalam Aplikasi Tiktok Dan Penggandaannya Dalam Media Sosial Lainnya. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(1), 55–67. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4396
Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2(4), 418–429. https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107
Nur, E., Asdiniah, A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. 5, 1675–1682. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1331
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Nurwita, S. (2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media Smart Hafiz Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 34–37. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1070
Petra, U. K., Andrian, A. D., Luik, J. E., Tjahjo, J. D. W., Komunikasi, P. I., Kristen, U., & Surabaya, P. (2021). Motif Masyarakat Indonesia Menggunakan Aplikasi Tiktok Selama Masa Pandemi Covid-. Jurnal E-Komunikasi, 9(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11410
Pramelani. (2021). Fenomena Pemberitaan Informasi Keamanan Aplikasi Tiktok Di Media Online Dalam Pemakaian Aplikasi Tiktok. Communications, 3(2), 138–148. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/Communications.3.2.3/10958
Putra, K. A. S. U., Permana, G. W., Sephiani, P. Y., & Sutriyanti, N. K. (2021). Tiktok Sebagai Media Menurunkan Tingkat Stres Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 16(1), 67–73. https://doi.org/10.25078/wd.v16i1.2358
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Jurnal Koneksi, 5(2), 280–288. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10300
Rahmanda, B., & Benuf, K. (2021). Perlindungan Hukum Hak Cipta Musik yang Diupload di Aplikasi Tiktok. 29–44. https://doi.org/10.51749/jphi.v2i1.16
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi Lagu Dalam Pengembangan Seni Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.498
Stephanie, C. (2021a). Apa Itu FYP di TikTok dan Bagaimana Cara Kerjanya? Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2021/08/26/10410017/apa-itu-fyp-di-tiktok-dan-bagaimana-cara-kerjanya-?page=all
Stephanie, C. (2021b). Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Pustaka Insan Madani.
Valiana, L., Suriana, & Fazilla, S. (2020). Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas Vi Min 1 Aceh Utara. Genderang Asa:Journal Of Primary Education, 1(2) , 75–84. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/genderang-asa/article/view/1073
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wahyuni, A., & Safitri, B. N. (2021). Permainan Musik Feeling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1778
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Widyastuti, A. (2018). Bahasa Positif Guru Dalam Bimbingan dan Konseling Membentuk Karakter Positif Anak Usia Dini. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 107. https://doi.org/10.26638/jfk.525.2099
Refbacks
- There are currently no refbacks.