Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Author


Rivo Nugroho(1Mail), I Ketut Atmaja Johny Artha(2), Widya Nusantara(3), Arini Dwi Cahyani(4), Muhammad Yayang Putra Patrama(5),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(4)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 256KB]

Published : 2022-08-14

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1593 times PDF Downloaded: 495 times

Abstract


Kehidupan di era modern saat ini, anak-anak sebagian besar bertempat tinggal kota besar telah dipengaruhi gadget yang membuat lebih sedikit ruang untuk berpartisipasi dalam dunia nyata. Penelitian memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget pada anak di Kelompok Bermain (KB) Al Falah Darussalam Tropodo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian orang tua KB Al-Falah Darusalam tropodo dengan jumlah 15 orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara tersetruktur observasi ,dan dokumentasi. Penelitian menguji keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian ini terdapat peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Cara orang tua dalam mendampingi anak usia dini dalam menggunakan gadget antara lain 1) Batasi waktu anak dalam menggunakan gadget. 2) Pemilihan konten yang aman sesuai usia anak. 3) Imbangi penggunaan gadget dengan aktivitas anak. 4) Tetapkan aturan dalam penggunaan gadget bagi anak. 5) Orang tua perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman.


Keywords


orang tua; dampak negatif; gawai

References


Andriyani, J. (2016). Korelasi peran keluarga terhadap penyesuaian diri remaja. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik dengan kepercayaan diri anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494-505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Artha, I. K. A. J., Yulianingsih, W., & Cahyani, A. D. (2022). Implementation of Managerial Competencies for PKBM Managers in Community Empowerment Program. International Journal of Education and Learning Systems, 7.

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Bili, F. G., & Sugito, S. (2020). Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: ditinjau dari Tingkat Pendidikan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1644-1654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.939

Cahyani, A. D. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130

Cahyani, A., & Atmaja, K. (2021). The Role of Parents in Monitoring the Negative Impacts of Gadget Usage for Early Childhood during Covid-19 Pandemic Era. International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 1105-1116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.194

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan smartphone dalam menunjang aktivitas perkuliahan oleh mahasiswa FISPOL UNSRAT Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Dini, J. P. A. U. (2022). Mitigasi Resiko Gadget melalui Pendampingan orang tua pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2483-2494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2168

dira, meirin rahma, & kartika, tina. (2021). Fenomena Online Buying Behavior Dalam Pandemi Covid-19 (Studi Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial). JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 5(1), 45-52. https://doi.org/10.30595/jssh.v5i1.9615

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 15-28. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Irmayanti, Y. (2018). Peran Orangtua Dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah - CORE. 2018.

Jones, I., & Park, Y. (2015). Virtual worlds: Young children using the internet. In Young Children and Families in the Information Age (pp. 3-13). Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9184-7_1

Juhriyansyah, D., Ariffin, A. M., Saad, A. L., Ayub, M. N., Wahab, A.W. A., & Nasralla A. M. H. (2015). Usability Considerations Make Digital Interactive Book Potential for Inculcating Interpersonal Skills. Jurnal Teknologi, 77(29), 63-68.
https://doi.org/10.11113/jt.v77.6837

Lestari, G. D., Roesminingsih, M. V., & Widodo, W. (2022). Learning at Home Anak Usia Dini Terdampak Covid 19: Peran Orang tua dalam Pendampingannya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3601-3612. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1229

Livingstone, S., Ólafsson, K., Helsper, E. J., Lupiáñez-Villanueva, F., Veltri, G. A., & Folkvord, F. (2017). Maximizing opportunities and minimizing risks for children online: The role of digital skills in emerging strategies of parental mediation. Journal of Communication, 67(1), 82-105. https://doi.org/10.1111/jcom.12277

Manurung, L., Widiyarto, S., Suyana, N., & Iramdan, I. (2020). Peran Orang Tua untuk Mengurangi Dampak Gawai pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1), 203-207.

Mellynia, R., Trisiana, A., Viyani, N. N., Safitri, F., Handayani, N. T., & Sholehah, I. N. (2020). Bersatu Melawan Covid 19 Dengan Hidup Sehat Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 24-38.

Murtiningsih, D. (2013). Peran Orangtua dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) di Rumah (Studi Pada RT. 05/07 Kelurahan Gegerkalong Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2).

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000-1010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Nurfaizah, N., & Romlah, R. (2020). Keberhasilan Mengembangkan Sosial AUD Melalui Teknik Modeling. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 56-68. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6654

Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61-71.

Rianti, E. (2021, February). Kadisdik: Awasi Penggunaan Gadget pada Anak. Republika.

Rowan, C. (2010). Unplug-Don't drug: A critical look at the influence of technology on child behavior with an alternative way of responding other than evaluation and drugging. Ethical Human Psychology and Psychiatry, 12(1), 60-68. https://doi.org/10.1891/1559-4343.12.1.60

Sahriana, N. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 60-66. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922

Sahriana, N., & Pranoto, Y. K. S. (2018). Perception of Preschoolers (3-7 years) on Usage of YouTube in Semarang. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018), 27-33. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.5

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73-81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready. Production Engineering, 9(1), 143-148. https://doi.org/10.1007/s11740-014-0586-3

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017.

Setyorini, W. W., & Kurnaedi, N. (2018). Pentingnya Figur Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula.

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562-1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. CV Alfabeta.

Suryameng, S. (2019). Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 40-49.

Taufik, M., & Armansyah, A. (2021). Eksistensi Pelaku Usaha Sektor Informal Offline dan Online di Tengah. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 9(1), 57-66. https://doi.org/10.31289/publika.v9i1.4846

Umroh, I. L. (2019). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini secara islami di era milenial 4.0. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208-225.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740


Refbacks

  • There are currently no refbacks.