Pengembangan Kecerdasan Jamak: Kajian Praktik Pembuatan Ketupat Janur pada Anak Usia Dini

Author


Ni Wayan Rasmini(1Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Agama Hindu Mataram, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 236KB]  Language: id
Published : 2022-09-06
Copyright (c) 2022 Ni Wayan Rasmini

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 48 times PDF Downloaded: 22 times

Abstract


Ketupat merupakan produk budaya berbagai suku bangsa di dunia. Pembuatannya   dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini yang memerlukan pengetahuan tentang bahan dan teknik pembuatan, internalisasi sosial-emosional dalam kerjasama, dan bahasa sebagai alat komunikasi. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengembangan kecerdasan jamak, yang terdiri dari kecerdasan kognitif, fisik motorik, sosial-emosional, dan bahasa sebagai akibat praktik pembuatan ketupat janur. Menggunakan metode inquiri dengan langkah-langkah tindakan: question, student engangement, cooperative interaction, performance evaluation, variety of resources. Jenis ketupat janur yang dipraktikkan yaitu ketupat nasi, dan ketupat sirikan. Dipilih 60 orang anak usia 5-6 tahun secara proporsional dari berbagai suku dan agama di Kota Mataram. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan catatan anecdote, dan metoda deskriptif kualitatif digunakan menganalisis data.  Ditemukan praktik pembuatan ketupat janur dapat mengembangkan kecerdasan kognitif, sosial-emosional dan bahasa dengan kategori sangat baik. Mengoptimalkan pengembangan kecerdasan kognitif, sosial-emosional, dan kecerdasan bahasan anak dapat dilakukan menggunakan projek kegiatan yang melekat dengan kehidupan sehari-hari seperti praktik pembuatan ketupat janur yang disesuaikan kebutuhan anak.


Keywords


kecerdasan jamak; pembuatan ketupat janur; anak usia dini

References


Aged, C. (2015). Bead Board Letter Media Effectiveness as The Introduction Concept of Reading in Children Aged 5-6 Years. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), 46–50.

Ahdan, S., Pambudi, T., Sucipto, A., & Nurhuda, Y. A. (2019). Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak ( Multiple Intelligence ) Berbasis Android Game to Stimulate Children ’ s Multiple Intelligence Based on Android. November, 554–568.

Alilateh, A., & Widyantoro, A. (2019). The effectiveness of using multiple intelligence activities in listening comprehension and improving students’ interest. LingTera, 6(2), 111–118.

Amin, W. R. (2017). Kupatan, Tradisi Untuk Melestarikan Ajaran Bersedekah, Memperkuat Tali Silaturahmi, Dan Memuliakan Tamu. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 14(2), 267. https://doi.org/10.22515/ajpif.v14i2.893

Arif, M., & Lasantu, M. Y. (2019). Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Lebaran Ketupat Masyarakat Suku Jawa Tondano Di Gorontalo. Madani, 1(2), 144–159.

Arnold, J., & Fonseca, M. C. (2009). Multiple Intelligence Theory and Foreign Language Learning:a Brain-Based Perspective. International Journal of English Studies, 4(1), 119–136.

Boyd, J., Barnett, W. S., Bodrova, E., Leong, D. J., & Gomby, D. (2005). NIEER Promoting Children ’ s Social and Emotional Development Through Preschool Education. Rutgers, May 2014, 1–20.

Bungin, B. (2012). Penelitian Kualitatif, Edisi Kedua (Edisi Kedu). Kencana Prenada Media Group.

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Crain, W. (2007). Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Crain, W. P. Y. S. (2007). Theories of Development, Concepts and Applications Third Edition (Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi) (Pertama). Pustaka Pelajar.

Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, J. L. M. D. E. T. (2012). Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian, dan Aplikasi (Edisi Keti). PT Indeks.

Dantes, N. (2014). Landasan Pendidikan (Pertama). Graha Ilmu.

Dolati, Z., & Tahriri, A. (2017). EFL Teachers’ Multiple Intelligences and Their Classroom Practice. SAGE Open, 7(3), 1–12. https://doi.org/10.1177/2158244017722582

Evridawati, B., Yufiarti, & Yetti, E. (2020). The Cognitive Style and Attachment on Early Childhood Speech Skills. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 32–42. https://doi.org/10.21009/jpud.141.03

Fachriyyati, D., & Muzaroah, H. (2015). The Provision of Lyrics: Developing Children’s Socio-Emotional Development. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 4(2), 75–80.

Gohar, J. M, Sadeghi, N. (2018). English and Education Gardner’s Multiple Intelligence Theory and Foreign Language Achievement. International Journal, February.

Gouws, F. E. (2007). Teaching and learning through multiple intelligences in the outcomes-based education classroom. Africa Education Review, 4(2), 60–74. https://doi.org/10.1080/18146620701652705

Gredler, Margaret E. dialih bahasakan Tri Wibowo, B. S. (2011). Learning ann Intruction Teori dan aplikasi (Edisi keen). Kencana Prenada Media Group.

Hajhashemi, K., Caltabiano, N., Anderson, N., & Tabibzadeh, S. A. (2018). Multiple intelligences, motivations and learning experience regarding video-assisted subjects in a rural university. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a

Indrayani, N. (2016). Language development at early childhood. 1(July), 279–289.

Kostelnik Marjorie J., Soderman Anne K., W. A. P. dialih bahasakan A. K. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan (Developmentally Appropriate Practices) (Pertama). Kencana Prenada Media Group.

La, J., & Herliyani, O. Y. (2018). Stimulation of Social Emotional Development IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION. International Journal of Education, 2324(1), 86–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.1422779

Laksana, D. N. L., Dhiu, K. D., Jau, M. Y., & Ngonu, M. R. (2020). Developing Early Childhood Cognitive Aspects Based on Anderson And Krathwohl’s Taxonomy. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 219. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.19481

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak (Pertama). Gadja Mada University Press.

Olson, B. R. H. &Matthew H. D. B. T. W. B. S. (2010). Theories Of Learning (Teori Belajar) (Edisi Ketu). Kencana Prenada Media Group.

Pratiwi, W. N., Rochintaniawati, D., & Agustin, R. R. (2018). The effect of multiple intelligence-based learning towards students’ concept mastery and interest in learning matter. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012075

Purwaning Tyas, A. S. (2017). Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 38. https://doi.org/10.22146/jpt.24970

Ratnasari, I. T., Wardani, S., & Nuswowati, M. (2018). The Impact of Multiple Intelligences Approach through Quantum Teaching Model toward The Scientific Attitude and Science Learning Outcomes in The Fourth Grade Students. Journal of Primary Education, 7(2), 146–154.

Roul, S. K. (2014). Language development of the preschool children: The effects of an audio-visual intervention program in Delhi. International Journal of Instruction, 7(1), 59–74.

Samsudin, M. A., Haniza, N. H., Abdul-Talib, C., & Mhd Ibrahim, H. M. (2015). The Relationship between Multiple Intelligences with Preferred Science Teaching and Science Process Skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(1), 53. https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i1.1118

Sari, K. K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama.

Sendra, I. M., Kristianto, Y., & Nugroho, S. (2019). Reproduksi Makna dan Fungsi Turistik Praktik Ritual Perang Ketupat di Desa Kapal, Badung. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 9(1), 189. https://doi.org/10.24843/jkb.2019.v09.i01.p09

Şener, S., & Çokçalışkan, A. (2018). An Investigation between Multiple Intelligences and Learning Styles. In Journal of Education and Training Studies (Vol. 6, Issue 2, p. 125). https://doi.org/10.11114/jets.v6i2.2643

Shearer, B. (2018). Multiple intelligences in teaching and education: Lessons learned from neuroscience. Journal of Intelligence, 6(3), 1–8. https://doi.org/10.3390/jintelligence6030038

Universitas, F. B. S., & Manado, N. (n.d.). Ikon Tradisi Ba ’ Do Katupat Sebagai Refleksi Kebudayaan. 15(2).

Violinda, Q. (2012). Implementasi Metode Smart Learning Solution Berdasar Teori Multiple Inteligence Dalam Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wang, Z., & Wang, L. (2015). Cognitive Development: Child Education. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, December, 38–42. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92007-5

Widyawati, W., Pd, B. M., Dewi, D. F., & Pd, F. S. (2019). Posisi Penganan Ketupat dalam Prosesi Upacara Tradisi Rebo Wekasan di Desa Cikulur Tahun 1980-2016. Bihari, 2(1).

Wirawan, I. B. (2012). Teori Sosial dalam Tiga Paradigma. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.