Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini

Kamtini Kamtini(1Mail), Fahmi Agustina Sitompul(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Kamtini Kamtini

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-10-01
Published : 2019-10-26

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo. Menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 yang berjumlah 54 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan cara mengocok 3 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B ABA 06. Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, dan kelas kontrol 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh yang signifikan dari metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia usia dini.

Keywords


metode bernyanyi; kemampuan mengingat; anak usia dini

References


Arifin, Hardhika Wisnu. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Urutan Kata Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online). Diperoleh 30 Januari 2017

Beaty, Jenice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Fadlillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta:Ar-ruz Media

Irham, Muhammad & Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikais dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media

Jajha, Yudrik. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana

Latif, Mukhtar. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta : Ar-Ruz Media.

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Papalia, Diane E, dkk. 2008. Human DevelopmentPsikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Pr Indonesia. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diperoleh 20 Januari 2017. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id

Santrock, John W. 2011. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta :Rineka Cipta

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset

Widyaastuti, Andini. 2016. Seabrek Kesalahan Guru Paud.Yogyakarta : Diva Press

Wijanarko, Jarot. Mendidik Anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spritual. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama


Article Metrics

 Abstract Views : 126 times
 PDF Downloaded : 52 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.