Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini

Kamtini Kamtini(1Mail), Fahmi Agustina Sitompul(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Kamtini Kamtini

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295


Submitted : 2019-10-01
Published : 2019-10-26

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo. Menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 yang berjumlah 54 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan cara mengocok 3 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B ABA 06. Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, dan kelas kontrol 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh yang signifikan dari metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia usia dini.

Keywords


metode bernyanyi; kemampuan mengingat; anak usia dini

Article Metrics

 Abstract Views : 12 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.