Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nadiya Ulya Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Na'imah Na'imah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2925

Keywords:

bahan ajar, bahasa inggris, anak usia dini

Abstract

Bahasa Inggris memilki peran esensial pada era globalisasi sebagai kompetensi untuk pengembangan kepercayaan diri untuk bersaing di dunia internasional. Mengimplementasikan bahan ajar dalam proses pengenalan bahasa Inggris memberikan dampak positif bagi para pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagiamana peran bahan ajar dalam pengenalan bahasa Inggris anak usia dini. Dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan sumber data yang didapat dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subjek penelitian pada penelitian ini adalah pendidik dan anak anak kelas B TK Among Putro. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara pendidik dan dokumentasi foto. Dari penelitian ini didapatkan bahwa bahan ajar menjadi motivasi belajar bagi anak dan sumber belajar dan acuan penilaian pendidik dalam pengenalan kosakata bahasa inggris. Maka dari itu, mengembangkan bahan ajar secara khusus dalam sebuah pembelajaran sangat diperlukan bagi para pendidik, agar proses pembelajaran  terstimulasi secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Castro, M. C. S. A. (2019). The Impact Of Information And Communication Technology On Pedagogy: Benefits, Issues, And Challenges. Tamansiswa International Journal In Education And Science, 1(1). https://doi.org/10.30738/tijes.v1i1.5444

Ef English Proficiency Index. (2020). Indeks Kecakapan Bahasa Inggris Ef. Ef Epi. https://www.ef.co.id/epi

Gogoi, S. (2015). Importance's Of Teaching Learning Materials For Young Children. International Journal Of Current Research, 7, 5.

Jeti, L., Henny, & Susanti, S. M. (2018). Introduction To English Language In Early Childhood Education. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Joo, S. J., Chik, A., & Djonov, E. (2020). The Construal Of English As A Global Language In Korean Efl Textbooks For Primary School Children. Asian Englishes, 22(1), 68-84. https://doi.org/10.1080/13488678.2019.1627636

Karavas, E. (2014). Implementing Innovation In Primary Efl: A Case Study In Greece. Elt Journal, 68(3), 243-253. https://doi.org/10.1093/elt/ccu019

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Lena, S., Netriwati, N., & Suryanita, I. (2019). Development Of Teaching Materials Of Elementary School Student With A Scientific Approach Characterized By Ethnomathematics. Journal Of Physics: Conference Series, 1318(1), 012060. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012060

Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran Paud (2 Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.

Mutiah, S. D., Nakhriyah, M., Hr, N. H., Hidayat, D. N., & Hamid, F. (2020). The Readiness Of Teaching English To Young Learners In Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(4), 1370-1387. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.541

Na'imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564-2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Najib, M., Wiyani, N. A., & Sholichin. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Gava Media.

Nurlaili, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Siswa Taman Kanak Kanak. Tesis, Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30426

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (3 Ed.). Prenadamedia Group.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia. Nomor 63 Tahun 2019.

Purnomo, H., & Wulandari, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1204. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7878

Putra, N., & Dwilestari, N. (2013). Penelitian Kualitatif Paud. Rajawali Pers.

Rohita, R., Fitria, N., Haryadi, D., & Bustan, R. (2021). Development Of A Learning Device Information System For Kindergartens. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1105-1118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1378

Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385

Shaleha, K., & Yus, A. (2020). Peranan Bahan Ajar Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Educational Journal Of Elementary School, 1(3), 4.

Sinaga, J. B. (2017). The Effectiveness Of Whispering Game To Students' Listening Skill. Cahaya Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.868

Sinaga, J. B., & Marpaung, J. E. (2018). Menumbuhkembangkan Potensi Anak Dengan Pengenalan Bahasa Inggris Sejak Dini Dalam Keluarga. Minda Baharu, 2(2), 166. https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1443

Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Pt Remaja Rosdakarya.

Suyanto, K. K. E. (2014). English For Young Learners (4 Ed.). Bumi Aksara.

Wardhani, L. S., Latief, M. A., & Basthomi, Y. (2017). Developing English Course Book For Second Grade Kindergarteners. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 8.

Wiyanah, S. (2020). The Visually Impaired Students' Learning English Applying Total Physical Response (Tpr). Eltics : Journal Of English Language Teaching And English Linguistics, 4(1). https://doi.org/10.31316/eltics.v4i1.540

Xiang W. Y., & Ye D. Z. (2020). Research On The Form Of Teaching Materials For Children Based On Experience Design: Proceedings Of The 2020 5th International Conference On Modern Management And Education Technology (Mmet 2020). 2020 5th International Conference On Modern Management And Education Technology (Mmet 2020), Changsha, China. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201023.060

Yunus, M. (2012). Assessing Oral Proficiency For English Young Learners Through The Components Of English Language Development Assessment (Elda). Teaching English For Young Learners In Indonesia (Teylin). From Policy To Classroom - Proceeding Of The 2nd National Conference On Teaching English For Young Learners, Muria Kudus Unversity.

Downloads

Published

23-07-2022

How to Cite

Ulya, N., & Na’imah, N. (2022). Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5191–5199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2925

Issue

Section

Articles