- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Melalui Kegiatan Bermain dan Bernyanyi dapat Mengembangkan Bahasa untuk Anak 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2922Keywords:
bermain dan bernyanyi, perkembangkan bahasa, anak usia diniAbstract
Masalah penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan bermain dan bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui kegiatan bermain dan bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini, penelitian ini bisa menjadi referensi ilmiah kalangan pendidikan, bagi guru dalam melaksanakan kegiatan bermain dan bernyanyi sebagai bagian dari kegiatan belajar anak, desain dalam penelitian ini adalah Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Hasil penelitian kegiatan sebelum siklus nilai rata-rata siklus yang diperoleh anak adalah 27,50% dalam kategori MB, nilai rata-rata siklus yang diperoleh anak adalah 44,79% dalam kategori MB, Nilai rata-rata siklus I diperoleh anak sebesar 44,79% dalam kategori MB. siklus II diperoleh anak 53,12% berkembang dalam kategori BSH, dan nilai rata-rata siklus III yang diperoleh anak adalah 84,37% dalam kategori BSB.
Downloads
References
Al-Mubarakfuri, S. S. (2019). Tafsir Ibnu katsir. Pusta ibnu katsir. Imaan Star Software.
Anita, Y. (2005). Penilaian Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenada Media Grup.
Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Azwinar, A. (2018). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Syukrillah Agama. Pesona PAUD., 1(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1600
Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516
Dimond, D., Rohr, C. S., Smith, R. E., Dhollander, T., Cho, I., Lebel, C., Dewey, D., Connelly, A., & Bray, S. (2020). Early childhood development of white matter fiber density and morphology. NeuroImage, 210. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.116552
Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30
Fertiliana Dea, L., Setiawan, A., & Asmiyati, L. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.6
Istiarini, R. (2014). Peningkatan kemampuan berbicara melalui bermain balok. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 145–154.
Jafar, Y., & Surganingsih, M. (2021). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Pada Ra Jamiatul Khaer Kota Makassar). TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 101. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20298
Joni, J. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa Kata Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i1.2
Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295
Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.
Poku, A. (2022). Upaya meningkatkan kosa kata anak melalui metode bernyanyi pada kelompok b tk negeri bakalinga. Damhil Education Jounal, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.37905/dej.v2i1.1353
Qi, T., Schaadt, G., & Friederici, A. D. (2021). Associated functional network development and language abilities in children. NeuroImage, 242. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2021.118452
Rahmadhani, R., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11540
Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2259–2268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082
Risanti Amelin. (2019). Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan melalui Unsur “Non-Linguistik. Jurnal Obsesi. https://doi.org/doi 10.31004/obsesi.v3il.155.
Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35
Salnita, Y. E., Atmazaki, A., & Abdurrahman, A. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.156
Sartika, D. Y., Elly, R., & Harum, M. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Paud Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 40–49. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/5768
Segado, M., Zatorre, R. J., & Penhune, V. B. (2021). Effector-independent brain network for auditory-motor integration: fMRI evidence from singing and cello playing. NeuroImage, 237. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2021.118128
Suryaningsih, S. (2016). Bahasa Anak Usia Dini Di Lembaga Paud Melati Ii Madiun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November 2015, 132–135. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7536
Tiurma, N. (2020). Pendidikan Seni Melalui Kegiatan Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 1(2), 1–2. https://core.ac.uk/download/pdf/230782549.pdf
Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553
Vaughn, K. A., Nguyen, M. V. H., Ronderos, J., & Hernandez, A. E. (2021). Cortical Thickness in bilingual and monolingual children: Relationships to language use and language skill. NeuroImage, 243. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2021.118560
Winangsih, N., & Masruroh, E. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Bahasa (Menyimak) Anak Usia 5-6 Tahun Sekecamatan Cangkuang. Islamic Journal of Education, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.54801/ijed.v1i1.85
Wulandari, M., Asmawi, M., & Karnadi, K. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1706–1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965
Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509
Zarate, J. M., & Zatorre, R. J. (2008). Experience-dependent neural substrates involved in vocal pitch regulation during singing. NeuroImage, 40(4), 1871–1887. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2008.01.026