Persepsi Calon Guru PAUD terhadap Kurikulum Berbasis Pendidikan Mitigasi Bencana

Author


Kholida Munasti(1Mail), Khamim Zarkasih Putro(2), Dewi Fitriani(3), Umar bin Abd Aziz(4), Rosmiati Rosmiati(5), Rahmi Rahmi(6),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Banda Aceh, Indonesia(3)
Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia(4)
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Indonesia(5)
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 440KB]

Published : 2023-02-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 559 times PDF Downloaded: 416 times

Abstract


Aceh merupakan daerah rawan bencana dan anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan menjadi korban sehingga pengetahuan kebencanaan perlu diberikan sedini mungkin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi calon guru PAUD terkait penambahan pendidikan mitigasi bencana kedalam kurikulum PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara via Google Formulir (GForm) yang dibagikan pada mahasiswa calon guru PAUD sebanyak 75 orang di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa para calon guru PAUD setuju jika pendidikan mitigasi bencana dimasukkan kedalam kurikulum PAUD karena akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan siap siaga bencana

Keywords


persepsi calon guru paud; mitigasi bencana, kurikulum paud

References


Amir, M. Y., Sulfiati, & Basry, W. (2017). Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dalam Upaya Mengurangi Resiko Bencana Di Sd Muhammadiyah 2 Palu. SiIMO Engenering Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, 1, 1–7. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/SiimoEngineering/article/view/151

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Astuti, S. I., & Sudaryono. (2010). Peran Sekolah Dalam Pembelajaran Mitigasi Bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 1(1), 30–42.

Atmojo, M. E. (2020). Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475

Balaban V. (2006). Psychological assessment of children in disasters and emergencies. Disasters, 30(2). https://doi.org/10.1111/j.0361-3666.2006.00314.x

Bryant, R. A., Gibbs, L., Gallagher, H. C., Pattison, P., Lusher, D., MacDougall, C., Harms, L., Block, K., Sinnott, V., Ireton, G., Richardson, J., & Forbes, D. (2018). Longitudinal study of changing psychological outcomes following the Victorian Black Saturday bushfires. Aust N Z J Psychiatry, 52(6), 542–551. https://doi.org/10.1177/0004867417714337

Dinkmeyer, D., & Dreikurs, R. (2000). Encouraging Children to Learn. Brunner Routledge.

Dwivayani, K. D., & Boer, K. M. (2020). Gerakan Komunikasi Mitigasi Bencana Dalam Upaya Meminimalkan Dampak Bencana Pada Masyarakat Kota Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 1. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3816

Estikawati, S. A., Hidayah, N., & Martiana, A. (2020). Pendidikan Mitigasi Bencana Pada Keluarga Di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 9(2), 46–58. https://doi.org/10.21831/dimensia.v9i2.38995

Frankenberg, E., Sikoki, B., Sumantri, C., Suriastini, W., & Thomas, D. (2013). Education, Vulnerability, and Resilience after a Natural Disaster Elizabeth. NIH Public Access, 18(2). https://doi.org/10.5751/ES-05377-180216

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Hasyim. (2019). Banda Aceh Rawan Gempa. Serambinews. https://aceh.tribunnews.com/2019/01/03/banda-aceh-rawan-gempa

Hertanto, H. B. (2020). Membuka Tabir Tsunami. CV. Budi Utama.

Hidayat, L. (2020). Pengembangan Buku Kesiapsiagaan Bencana Untuk Sekolah Inklusi (Hasil Analisis Sekolah Ramah Anak Di Sleman Yogyakarta). Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 58–68. https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/480

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 146 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.

Kemendikbud. (2018). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Apa, Mengapa, dan Bagaimana).

Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2006 Tentang Pedoman Umum Mitigasi Bencana. In Pemerintah Republik Indonesia (Vol. 23, Issue 3, pp. 202–210).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). UUD No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara. (1961). Ilmu Pendidikan. Taman Siswa.

Koswara, A. (2009). Panduan Monitoring dan Evaluasi Sekolah Siaga Bencana. LIPI Press.

Kurniawan, H. (2020). Hari Ini Tsunami Aceh Pernah Terjadi 2004 Silam, Ini Fakta Dahsyatnya Bencana. KompasTV.

Masten, A. ., & Shaffer, A. (2006). How Families Matter in Child Development: Reflections from Research on Risk and Resilience. Families Count: Effects on Child and Adolescent Development, 5–25. https://doi.org/10.1017/CBO9780511616259.002

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Munasti, K., Hibana, & Surahman, S. (2021). Penggunaan Mind Mapping Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak di Masa Pandemi. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 179–185. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.104

Munasti, K., & Suyadi. (2022). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567

Nations, U. (2015). International Strategy for Disaster Reduction Hyogo Framework for Action 2005-2015 : Building the Resilience of Nations.

Norris, F. H., Friedman, M. J., Watson, P. J., Byrne, C. M., Diaz, E., & Kaniasty, K. (2002). 60,000 disaster victims speak: Part I. An empirical review of the empirical literature, 1981-2001. Psychiatry, 65(3), 207–239. https://doi.org/10.1521/psyc.65.3.207.20173

Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Peek, L. (2008). Children and Disasters: Understanding Vulnerability, Developing Capacities, and Promoting Resilience - An Introduction. Children Youth and Environments, 18(1), 1–29. https://hazards.colorado.edu/uploads/publications/41_2008_Peek.pdf

Presiden Republik Indonesia. (2007). Presiden Republik Indonesia Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana (No. 24).

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Roshma Widiyani. (2020). 16 Tahun Tsunami Aceh 2004, Begini Kronologi dan Penyebabnya. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-5310107/16-tahun-tsunami-aceh-2004-begini-kronologi-dan-penyebabnya

Saleh, R. F. (2020). Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan: Sebuah Telaah Kritis Filosifis-Pedagogis. Journal of Elementary Education, 03(02), 58–63. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3655

Saragih, O., Sebayang, F. A. An., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 178–191. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/2624

Schunk. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.

Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47. https://doi.org/10.22146/jkn.33142

Shofiyah, S. (2018). Prinsip - Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464

Sonneborn, O., Miller, C., Head, L., & Cross, R. (2018). Disaster education and preparedness in the acute care setting: A cross sectional survey of operating theatre nurse’s disaster knowledge and education. Nurse Educ Today, 65. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.02.015

Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2020). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan ( Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta ). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277

Sugihartono, Fathiya, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Sukamto, F. I., Nurhidayat, S., & Verawati, M. (2021). Pelatihan Siswa Tanggap Bencana sebagai Upaya Mitigasi Bencana di Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.178

Susilowati, S. A., & Khoirunisa, N. (2015). Kesiapan madrasah ibtidaiyah muhammadiyah sebagai sekolah siaga bencana di kecamatan gondangrejo karanganyar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1). http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1500

Syarif, J. (2007). Sosialisasi Nilai-Nilai Kultur Dalam Keluarga Studi Perbandingan Sosial-Budaya Bangsa-Bangsa. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–10.

Ummami, N. N. (2019). Prinsip Umum dan Khusus Pengembangan Kurikulum (Implikasinya Terhadap Penerapan Kurikulum 2013). As-Salam : Jurnal Studi Hukum Islam Dan Pendidikan, 8(1), 23–42. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.131

Utomo, L. P., Saputra, I. A., Rahmawati, & Nisa, Z. (2019). Sosialisasi Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat, 7(2), 43–51. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jppm/article/view/14504

Yanuartus, T., Pinuji, S., Utomo, A. C., & Satrio, I. T. (2017). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.