Efektifitas Metode Critical Thinking dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP)

Author


Novanita Whindi Arini(1), Arum Fatayan(2Mail), Khavisa Pranata(3), Amalia Bachrudin(4),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 225KB]  Language: id
Published : 2022-06-22
Copyright (c) 2022 Arum Fatayan

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 211 times PDF Downloaded: 89 times

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui sebuah efektivitas metode critical tingking terhadap keterampilan membaca dan menulis bahasa Indonesia awal terhadap siswa sekolah dasar kelas awal. Dalam penelitian ini dipergunakan metode deskriptif kualitatif deksriptif, yakni berfokus terhadap pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan informan. Metode perolehan data pada studi ini yakni melalui sebuah observasi, wawancara serta dokumentasi (triangulasi). Analisis yang dilakukan pada studi ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, triangulasi data, dan penyajian data kesimpulan. Hasil penelitian  bahwa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode critical tinking dalam kemampuan membaca dan menulis permulaan sekolah dasar kelas awal cukup efektif dengan terlihatnya siswa lebih aktif untuk membaca dan menulis kata yang biasa di ucap dalam kesehariannya

Keywords


efektifitas; membaca; menulis; model critical thinking

References


Abdul Rozak, R. W., & Mulyati, Y. (2018). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.860

Ade Hendriyani. (2020). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/9617

Ardianti, S., Sulisworo, D., & Pramudya, Y. (2019). Efektivitas Blended Learning Berbasis Pendekatan Stem Education Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Materi Fluida Dinamik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(February). https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.67

Boonjeam, W., Tesaputa, K., & Sri-ampai, A. (2017). Program Development for Primary School Teachers' Critical Thinking. International Education Studies, 10(2), 131. https://doi.org/10.5539/ies.v10n2p131

Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116-126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241

Hakim, L. N., Rachmawati, E., & Purwaningsih, S. (2020). Teachers' Strategies In Developing Students' Critical Thinking And Critical Reading. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 10(1), 11-19. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10i1.1036

Hamida, H. suroiya. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di Mtsn 1 Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/41918

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 85-102. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 105. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2132

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423-2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245

Lutfiyyah, A., Boeriswati, E., & Nuruddin, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman (Fahmul Qira'Ah). BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(1), 31-41. https://doi.org/10.21009/bahtera.201.03

Magdalena, I., Aditya, A. M., Muzakia, N. O., & Leonardho, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 dalam Pembelajaran IPS di SDN Pondok Bahar 02. Pandawa, 3(2), 259-268. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i2.1193

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Pertiwi, I. N., Sumarno, S., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412

Purlilaiceu, & Suherman, A. (2020). Pengaruh Teknik SQ4R dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa ( Survei di SMA Swasta Pandeglang). Jurnal Artikula, 3(1), 1-11. http://ja.ejournal.id/index.php/artikula/article/view/36

Sari, T. P., Dawud, D., & Andajani, K. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 51. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11853

Sihombing, Novita Asmi, Andoyo Sastromiharjo, Y. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi melalui Model Pembelajaran Scientific Critical Thinking (SCT). Seminar Daring Internasional Riksa Bahasa XV. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1679


Refbacks

  • There are currently no refbacks.