Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan

Putri Rahmatika(1Mail), Sofia Hartati(2), Elindra Yetti(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Putri Rahmatika

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-08-07
Published : 2019-08-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran mind map dan gaya kognitif independen dependen terhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitiann kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan randomisasi untuk menentukan subjek penelitian untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah anak TK kelompok B. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen, kemudian data yang diperoleh di analisis. Dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis varian anava dua jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode pembelajaran dan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan. Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran dan gaya kognitif dalam menentukan kemampuan membaca permulaan.


Keywords


metode pembelajaran mind map; gaya kognitif; membaca permulaan

References


N. W. A. N., . D. N. W., & Nice Maylani Asril, S. P. ,M. P. . (2014). Penerapan Metode Mind Map Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B2. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3519/2838

Abad, K., & Usia, A. (2014). Metode Picture Mapping Dalam Kegiatan Storytelling : Cara Untuk Mengembangkan. 1–10

Babayiğit, S. (2015). The relations between word reading, oral language, and reading comprehension in children who speak English as a first (L1) and second language (L2): a multigroup structural analysis. Reading and Writing, 28(4), 527–544. https://doi.org/10.1007/s11145-014-9536-x

Bond, M. A., & Wasik, B. (2001). Beyond the Pages of a Book: Interactive Book Reading and Language Development in Preschool Classrooms. Journal of Educational Psychology, 93(2), 243–250. https://doi.org/10.1037//0022-O663.93.2.243

Čoban, S., & Tokatli, E. S. (2017). The effect of mind mapping technique on students’ achievements in music lesson and on their attitudes towards the mind mapping technique. Egitim ve Bilim, 42(190), 423–435. https://doi.org/10.15390/EB.2017.6856

Cools, E. (2009). A reflection on the future of the cognitive style field: a proposed research agenda. . . Vlerick Leuven Gent Management School, Belgium, Vol 5, No

Dhindsa, H. S., Makarimi-Kasim, & Anderson, O. R. (2011). Constructivist-Visual Mind Map Teaching Approach and the Quality of Students’ Cognitive Structures. Journal of Science Education and Technology, 20(2), 186–200. https://doi.org/10.1007/s10956-010-9245-4

Djaali, & Muljono, P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Geown, S. M. (2015). Synthetic Phonics Vs. An Eclectic Approach To Reading Instruction: Implications For The Skills Predicting Early Reading Acquisition And Development. The Psicology Of Education Review, Volume 39,.

Handini, M. (2012). Metodologi Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP Press

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The Effects of Storytelling and Story Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension of Young Children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163.https://doi.org/10.1023/b:ecej.0000048967.94189.a3

Jones, B. D., Ruff, C., Snyder, J., Petrich, B., & Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students’ Motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6(1). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2012.060105

Kebudayaan, K. P. dan. (2012). Dokumen kurikulum 2013.

Moeslichtoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Mwoma, T. (2017). Children’s reading ability in early primaryschooling. volume 27(Issue in educational research).

Nurbiana, D. (2001). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

OECD. (2016). Country note – results from PISA 2015: Indonesia. Oecd, 1–8. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Olivia, F. (2008). Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pungello, E. P., Iruka, I. U., Dotterer, A. M., Mills-Koonce, R., & Reznick, J. S. (2009). The Effects of Socioeconomic Status, Race, and Parenting on Language Development in Early Childhood. Developmental Psychology, 45(2), 544–557. https://doi.org/10.1037/a0013917

Roopnarine, J. L., & E, J. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan Edisi Kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2008a). ). Educational Psychology Third Edition. New York: Mc Graw Hill.

Smith, M. K. (2009). Teori Pembelajaran dan Pengajaran Dilengkapi Dengan Manajemen Ingatan Emosional dan Cara Cepat Memperbaiki Daya Ingat. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.

Tjoe, J. L. (2013). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan anak usia dini. volume 7 e.

Woolfolk, A. (2006). Educational Psychologi. New Delhi: Dorling Kindersley India, Pvt, LTd.

Yasa, A., & Dkk. (2013). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa


Article Metrics

 Abstract Views : 46 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.