Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains

Fardiah Fardiah(1Mail), Santosa Murwani(2), Nurbiana Dhieni(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Fardiah Fardiah

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-08-03
Published : 2019-10-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui pembelajaran sains. Sampel penelitian adalah siswa kelas B PAUD Cikal Harapan 4 Depok Jawa Barat. Teknik pengambilan data dengan menggunakan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Peningkatan kemampuan kognitif pada anak usia dini penting dilakukan karena berdampak pada cara berpikir di kemudian hari. Pembelajaran sains memberi dampak kepada siswa untuk berpikir logis, sistematis. Berdasarkan hasl tersebut maka penelitian ini dilakukan melalui pembelajaran sains. Adapun hasil penelitian selama dua siklus terdapat peningkatan kemampuan kognitif. Disarankan pembelajaran sains dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan lain seperti kemampuan berbahasa

Keywords


anak usia dini; kemampuan kognitif; pembelajaran sains

References


Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6

Crain, W. (2005). Theories of development: Concepts and Applications. New Jersey: Pearson.

Florence, B. (2013). Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

Holis, A. (2013). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Garut, 2(1), 23–37.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Nengsi, M. I., & Eliza, D. (2019). Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 28–40. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.32

Parwoto, P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning (CPBL) terhadap Kreativitas Anak dalam Bermain Komputer. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 97–116. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.07

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Wahid, A. H., & Karimah, rizka A. (2018). Integrasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Model Creative Problem Solving. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 82–98.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition. Jakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 27 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.