Author
Beby Sintia Dewi Banteng(1),
Teknik Sipil, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-04-17
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 428 times PDF Downloaded: 193 timesAbstract
Keadaan lingkungan yang tidak kondusif dapat memberi pengaruh yang signifikan untuk perkembangan anak di masa mendatang, khususnya pada lingkungan Kabupaten Gorontalo. Anak membutuhkan ruang lingkungan yang optimal melalui program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan ruang lingkungan bagi anak melalui pendidikan dan budaya di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan focus group discussion (FGD). Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Responden yang terlibat berjumlah 9 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemerintah dan pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan serta perencana kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya ruang lingkungan bagi anak melalui pendidikan dan budaya di Kabupaten Gorontalo masih dalam proses perkembangan. Sehingga solusi pemerintah untuk membangun kelayakan ruang lingkungan dimulai dari proses sosialisasi pendidikan. Sedangkan dalam budaya dimulai dengan diterapkan nilai kearifan lokal dalam kegiatan proses belajar di sekolah.
Keywords
References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Dwinugraha, A. P. (2021). Strategi pengembangan lembaga pendidikan taman kanak-kanak. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 63-72. https://doi.org/10.26905/pjiap.v6i1.5632
Hadiansyah, A., Fidesrinur, F., & Firmiana, M. E. (2017). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendirian Lembaga PAUD. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(1), 55. https://doi.org/10.36722/sh.v3i1.197
Hantono, D., Ashadi, Purwantiasning, A. W., Anisa, Nur'aini, R. D., & Sari, Y. (2020). Pengadaan Taman Bermain Anak Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda II Dusun Gunung Leutik Kabupaten Bogor. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3897
Herlina, N., & Nadiroh, N. (2018). Peran Strategis Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) Dalam Rangka Pemenuhan Hak Anak Terhadap Lingkungan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 104-117. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.09
Iskandar, J., & Gandarum, D. N. (2019). Pendekatan Participatory Planning pada Perencanaan Ruang Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.17977/um050v2i3p155-163
Ismail, W., Rauhun, R., Mutmainnah, M., Nurwahilda, N., Misbawati, M., & Hasanah, U. (2019). Pengelolaan Lingkungan Pembelajaran di PAUD Kemala Bayangkari. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2). https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11625
Istifadah, I. (2020). Desain Ruang Pembelajaran Outdoor Bagi Kelompok Belajar (KB) PAUD Terpadu Al-Furqan Jember. Genius, 1(2). https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.17
Karacheva, A., Markov, A., & Polat, E. (2019). Modern Information and Communication Technologies in the Advanced Education of Children. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 8(9), 2376-2382. https://doi.org/10.35940/ijitee.I8939.078919
Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396
Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Pengelolaan Lingkungan Belajar Indoor Outdoor Playground Berbasis Multiple Intelligences Untuk Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.21009//JPUD.121.12
Nilsen, A. C. E. (2017). The expansion of early childhood development services and the need to reconceptualize evidence. Contemporary Issues in Early Childhood, 18(3), 269-280. https://doi.org/10.1177/1463949117731021
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389
Pangestu, D. P., Na'imah, N., Rachmy Diana, R., Putro, K. Z., & Saraswati, D. A. (2021). Implementation of Healthy Living Behavior of Early Childhood during the Covid-19 Pandemic. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 1(2), 62-73. https://doi.org/10.14421/joyced.2021.12-02
Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, "Dirumah Saja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476-489. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013-2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237
Shunhaji, A., & Hasanah, H. (2019). Pendidikan Ramah Anak Perspektif Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) Madinatur Rahmah. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(2), 421-438. https://doi.org/10.15408/kordinat.v18i2.11498
Sutami, B., Setyawan, D., & Fithriana, N. (2020). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak Di Kota Batu. Reformasi, 10(1), 19-26. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1695
Suyadi, & Selvi, I. D. (2022). Online learning and child abuse: the COVID-19 pandemic impact on work and school from home in Indonesia. Heliyon, 8(1), e08790. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08790
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Utiarahman, A., Djafri, N., & Badu, S. Q. (2020). Manajemen Tehnik Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Kawasan Pesisir Laut Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 932. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.497
Wardani, A., Saraswati, R. S., & Ferdiansyah, F. (2019). Redesain Lingkungan Kantor Desa Kenalan Berbasis Konstruksi Sederhana Dan Pemanfaatan Bahan Bangunan Lokal. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 24(1). https://doi.org/10.36728/jtsa.v24i1.817
Widiastuti, M. A. (2018). Evaluasi Penataan Interior Kelas Terhadap Pembentukan Perilaku Anak di KBTK Islam Sakha Sidoarjo. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 4(1), 44-53. https://doi.org/10.29080/emara.v4i1.323
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
Yusra, S. R., Mariyana, R., & Djohaeni, H. (2020). Penataan Kelas Pada Paud Inklusi. Edukid, 16(2), 66-75. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.21530
Refbacks
- There are currently no refbacks.