Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin

Syisva Nurwita(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Syisva Nurwita

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-25
Published : 2019-08-05

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan nilai moral dalam film kartun upin dan ipin. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif menggunakan sampel judul “Ramadhan” dengan teknik Content Analisis. Data berupa hal-hal yang mengandung nilai agama dan moral yang terdapat pada film kartun upin dan ipin. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai agama dan moral terdapat pada masing-masing judul film kartun upin dan ipin. Nilai agama dan moral tersebut adalah rasa hormat, tanggung jawab, kejujuran, keadilan, toleransi, kebijaksanaan, disiplin diri, tolong menolong, peduli sesame, kerja sama, keberanian, dan demokratis. Film kartun Upin Ipin direkomendasikan untuk terus ditonton oleh anak-anak karena didalamnya terkandung nilai agama dan moral sesuai dengan budaya bangsa dan agama Islam


Keywords


film kartun Upin Ipin; nilai agama dan moral; anak usia dini

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran (Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan Pendidikan). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Undang-Undang Guru dan Dosen serta Standar Nasional Pendidikan Tahun 20

Hamid, S. I., & Istianti, T. (2017). Rekontruksi Nilai Moral Kewarganegaraan Berdasar Analisis Semantik Terhadap Ungkapan Kulturanl Masyarakat Sunda. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 0–21.

Otib, S. (2005). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas terbuka.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini ( AUD ). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–102.

Sadiman, A. S., & Dkk. (1990). Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Sawyer. (2009). Internal Auditing. Buku Satu. Edisi Lama. Jakarta: Salemba Empat.

Soeparno. (1998). Ilmu dan Teknologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Solehudin, dkk. (2008). Pembaharuan Pendidikan di TK. Jakarta: Univrsitas Terbuka.

Sudjana dan Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukenti, D. (2011). Media Pembelajaran (Strategi dan Aplikasi Program Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi). STIKIP Aisyiah Riau.

Sukardi.(2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan. (2008) . Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Pena Cendikia. (2013). Panduan Mendongeng. Surakarta: Gazzamedia.

Wantah, W., & Maria, J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan an Ketenagaan Perguruan Tinggi.


Article Metrics

 Abstract Views : 38 times
 PDF Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.