Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti

Yasinta Maria Fono(1Mail), Lara Fridani(2), Sri Martini Meilani(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Yasinta Maria Fono, Lara Fridani, Sri Martini Meilani

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-22
Published : 2019-08-17

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencermati kemandirian dan kedisplinan anak usia 4-6 tahun yang diasuh oleh orangtua pengganti. Subyek penelitian adalah kakek dan nenek yang berperan sebagai orangtua pengganti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Campbell. Pemeriksaan  keabsahan data dilakukan dengan  perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian dan kedisplinan pada anak usia 4-6 tahun di dibentuk oleh pola pengasuhan orangtua pengganti. Orangtua pengganti menanamkan sikap mandiri kepada anak  membiarkan anak melakukan aktivitas sehari-harinya sendiri seperti makan, mandi, me rapihkan tempat tidur, memakai seragam, memakai sepatu dan kesekolahpun sendiri. Kesimpulannya bahwa anak yang mandiri dan disiplin tidak bisa terbentuk sendiri atau tidak terjadi begitu saja tanpa adanya stimulasi dari orangtua.


Keywords


kemandirian; kedisplinan; anak usia dini; parenting, orangtua pengganti

References


Alberto, A., Cuervo, V., & Nieblas, C. A. (2018). CR. Children and Youth Services Review, #pagerange#. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.015

Beazley, H., Butt, L., & Ball, J. (2018). “Like it, don”t like it, you have to like it’: children’s emotional responses to the absence of transnational migrant parents in Lombok, Indonesia. Children’s Geographies, 16(6), 591–603. https://doi.org/10.1080/14733285.2017.1407405

Belleau, L. (2013). The Impact of Parental Separation on Young Children ’ s Mental Health, 6(September).

Breheny, M., Stephens, C., & Spilsbury, L. (2013). Involvement without interference: How grandparents negotiate intergenerational expectations in relationships with grandchildren. Journal of Family Studies, 19(2), 174–184. https://doi.org/10.5172/jfs.2013.19.2.174

Coore Desai, C., Reece, J. A., & Shakespeare-Pellington, S. (2017). The prevention of violence in childhood through parenting programmes: a global review. Psychology, Health and Medicine, 22, 166–186. https://doi.org/10.1080/13548506.2016.1271952

Edwards, O. W. (2018). School perceptions of children raised by grandparents. Journal of Applied School Psychology, 34(1), 86–100. https://doi.org/10.1080/15377903.2017.1403401

Fitria, N. (2016). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Aspek Budaya Lampung. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 99–115. https://doi.org/32536457784

Froiland, J. M. (2013). Parents ’ Weekly Descriptions of Autonomy Supportive Communication : Promoting Children ’ s Motivation to Learn and Positive Emotions. https://doi.org/10.1007/s10826-013-9819-x

Gottzén, L., & Sandberg, L. (2017). Creating safe atmospheres? Children’s experiences of grandparents’ affective and spatial responses to domestic violence. Children’s Geographies, 3285, 1–13. https://doi.org/10.1080/14733285.2017.1406896

Hasbullah. (2012). dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT.RajaGrfindo Persada.

Hasnida. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.

John W.Santrock. (2011). Perkembangan Anak. (T. S. G. B, Ed.) (7 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Kasmadi. (2013). Membangun Soft Skill Anak-anak Hebat. Bandung: Alfabeta.

Margaretha, L., Kurniah, N., Dharmayana, I. W., Sasongko, R. N., & Lutfi, M. (2018). The Influence of Parents ’ Parenting Style towards the Independence of Preschool Children, 11(August). https://doi.org/10.17485/ijst/2018/v11i29/128245

Nova Ardy Wiyani. (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Shakya, H. B., Usita, P. M., Eisenberg, C., Weston, J., & Liles, S. (2011). Journal of Gerontological Social Work Family Well-Being Concerns of Grandparents in Skipped Generation Families Family Well-Being Concerns of Grandparents, (August 2013), 37–41. https://doi.org/10.1080/01634372.2011.620072

Sherr, L., Roberts, K. J., Hothi, S., & Balchin, N. (2018). Never too old to learn - Parenting interventions for grandparents–A systematic review. Cogent Social Sciences, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.1080/23311886.2018.1508627

Statham, J. (2011). Grandparents providing child care Briefing Paper, (10).

Suparmi, S., Ekowarni, E., Adiyanti, M., & Helmi, A. F. (2018). Pengasuhan sebagai Mediator Nilai Anak dalam memengaruhi Kemandirian Anak dengan Down Syndrom. Jurnal Psikologi, 45(2), 141. https://doi.org/10.22146/jpsi.34716

Tan, J., Buchanan, A., & Griggs, J. (2009). Grandparenting and Adolescent Adjustment in Two-Parent Biological , 23(1), 67–75. https://doi.org/10.1037/a0014383

Tegariyani, S., & Santoso, P. (2018). Mom Worked : Patterns of Parenting and Attachment by Children, 244(Ecpe), 189–192.

Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Macana Jaya Cermelang,.


Article Metrics

 Abstract Views : 44 times
 PDF Downloaded : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.