Evaluasi Program Home Care Taman Penitipan Anak (TPA) Selama Masa Pandemi Covid-19

Author


Desi Rahmawati(1Mail), Sugito Sugito(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 534KB]  Language: id
Published : 2022-04-15
Copyright (c) 2022 Desi Rahmawati Rahmawati, Sugito Sugito Sugito

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 318 times PDF Downloaded: 85 times

Abstract


Home care merupakan sebuah layanan pengasuhan yang disediakan oleh An Nahl Daycare  sebagai pengganti layanan daycare secara langsung. Evaluasi program kegiatan ini diselenggarakan atas dasar perlunya identifikasi dalam perencanaan program untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program home care yang akan dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan subjek penelitian guru dan pengasuh. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan progam home care di An Nahl Daycare Yogyakarta.  Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Perencanaan dan pengambilan keputusan dalam program telah melibatkan seluruh partisipan program yaitu kepala lembaga, guru, dan pengasuh, 2) Sarana dan prasarana seperti metode, media, instruktur, serta kurikulum yang digunakan dapat mendukung proses pelaksanaan program, 3) Pelaksanaan program dilakukan dengan dukungan sarana dan prasarana yang telah disiapkan sebelumnya, 4) Evaluasi pelaksanaan program cukup baik terkait dengan adaptasi nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diberikan.


Keywords


daycare; home care; evaluasi

References


Ayvaz-Tuncel, Z., & Tuncel, İ. (2019). Good teacher perceptions of students attending the pedagogical formation certificate program. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 165-172. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17093

Bartolome, M. T., Mamat, N., & Masnan, A. H. (2020). Exploring Kindergarten Teachers' Perspectives in Parental Involvement in the Philippines. Southeast Asia Early Childhood, 9(1), 44-58.

Candra, F. A. (2020). Penerapan Metode Daring , Luring Dan Home Visit Di Kelas V UPT SPF SDN 106828 Sumberjo Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 1-13.

Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(01), 1-15.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104. www.juliwi.com

Gultom, S. (2019). Kerjasama Orangtua dan Guru Mendorong Kegiatan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(4), 96-105.

Haenilah, E. Y., Yanzi, H., & Drupadi, R. (2021). The Effect of the Scientific Approach-Based Learning on Problem Solving Skills in Early Childhood: Preliminary Study. International Journal of Instruction, 14(2), 289-304. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14217a

Hudson, K. N., & Willoughby, M. T. (2021). The Multiple Benefits of Motor Competence Skills in Early Childhood. In RTI Press. https://doi.org/10.3768/rtipress.2021.rb.0027.2108

Ibda, H., & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 12. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

L, I. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711-2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969

Mala, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa Pada Tk Al Munawaroh Karawang. Jurnal Ekonomi Bisnis, I(2), 75-102.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5, 13. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894-902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Prayitno, P., Wibowo, M. E., Marjohan, M., Mugiharso, H., & Ifdil, I. (2015). Pembelajaran melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan: Pengembangan Manusia Seutuhnya. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Shirvanian, N., & Michael, T. (2017). Implementation of attachment theory into early childhood settings. International Education Journal, 16(2), 97-115.

Sinaga, J., Amila, A., & Sembiring, E. (2018). Mutiara Home Care. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 440. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8605

Sukmana, M., Miharja, E., Nopriyanto, D., Parellangi, A., & Muda, I. (2020). Modul praktik klinik homecare. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/6279/Modul Praktik KLINIK Homecare 09-01.pdf

Suryana, D., & Magfiroh, S. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(1), 1564.
https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.267

Toombs, J. M., & Ramsey, J. W. (2020). Potential Mentoring Impacts on Oklahoma Induction-Year School-Based Agricultural Education Teachers: A Modified Delphi Study. Journal of Research in Technical Careers, 4(2), 39. https://doi.org/10.9741/2578-2118.1086

Van, D. T. H., & Thi, H. H. Q. (2021). Student Barriers to Prospects of Online Learning in Vietnam in the Context of Covid-19 Pandemic. Turkish Online Journal of Distance Education, 22(3), 1-16. https://doi.org/10.17718/tojde.961824

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Widyowati, E., & Rusmaladewi. (2019). Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan PAUD di TKIT Al Qonita Palangka Raya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 15(1), 25-36.

Willig, A. C. (2012). A meta-analysis of selected studies on the effectiveness of bilingual education. In The New Immigration: An Interdisciplinary Reader (Vol. 13, Issue 1, pp. 249-287).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.