Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Nur Azmy Ginting(1Mail), Harun Harun(2), Nurmaniah Nurmaniah(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 315KB]  Language: id
Published : 2022-05-05
Copyright (c) 2022 Nur Azmy Ginting

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 267 times PDF Downloaded: 108 times

Abstract


Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penting pada anak. Kepercayaan diri berperan besar terhadap kemampuan anak untuk bersosialisasi. Dari pengamatan awal ditemukan permasalahan dalam kepercayaan diri, yaitu masih adanya anak yang belum memunculkan perilaku percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi terstruktur. Subyek penelitian ini sebanyak 22 anak dengan menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan masih rendahnya kecerdasan interpersonal anak yang berdampak pada rendahnya juga kepercayaan diri anak. Berdasarkan hasil hitung korelasi product moment antara hubungan kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun diperoleh hasil rhitung > rtabel (0,628 > 0,423) dan nilai thitung = 3,613 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, maka uji hipotesis signifikan dengan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia 5-6.


Keywords


kecerdasan interpersonal; kepercayaan diri; anak usia dini

References


Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997-2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055

Agustini, Awang, I. S., & Parida, L. (2019). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120-128. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.519

Amelia, P. (2017). Hubungan Kecakapan Dalam Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di TK Kecamatan Sungai Gelam. FKIP Universitas Jambi, 1(2), 1-22.

Dalimunthe, L. R. I., Lubis, S. A., & Aziz, A. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(2), 161-170. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i2.270

Dewi, E. T. permata, W, K. Z., & Hartono, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 34. https://doi.org/10.24269/iso.v2i1.124

Firmansyah, & Nurzaelani, M. M. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal dan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i2.496

Fitriani, K., Sukarjo, & Widagdo, A. (2017). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Randublatung. Joyful Learning Journal, 6(4), 243-248. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.15320

Jasmine, J. (2016). Metode Mengajar Multiple Intelegences (Teaching with Multiple Intelegences). Terjemahan: Purwanto. In konsep dasar pendidikan prasekolah. Nuansa.

Lutfia, S. (2013). Hubungan Konsep Diri Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012. In Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/26320

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461-469. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Puspitarini, H. (2014). Membangun Rasa Percaya Diri Anak. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=-txMDwAAQBAJ

Putra, W., & Asnawi. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i1.8244

Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96-101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239

Rahayu, A. Y. (2013). Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan bercerita. PT Indeks.

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Saufi, M., & Royani, M. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Efektivitas Model Pembelajaran PBL. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106-115. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.35

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak (E. Sugandi, Ed.). Kencana.

Wijaya, A. (2014). Hubungan Antara Tingkat Inteligensi dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 7. In Universitas Bengkulu. www.repository.unib.ac.id.

Wiyani, N. A. (2014). Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.