
Author
Iin Maulina(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia(1)
Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-02-25
Copyright (c) 2022 Iin - Maulina, Hazilina Hazilina
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 385 times
PDF Downloaded: 645 times
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi COVID-19 yang terjadi, sehingga mempengaruhi metode pengajaran yang dilakukan oleh guru di Taman Kanak-kanak (TK). Metode pengajaran yang digunakan selama masa pandemi COVID-19 adalah pemberian tugas. Tugas-tugas yang dikerjakan anak-anak usia dini di rumah dijadikan penilaian guru-guru dalam menyusun raport atau hasil belajar anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penilaian portofofolio yang dilaksanakan di TK. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya, meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis perencanaan dan pelaksanaan dari kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru berkaitan dengan tugas-tugas anak secara menyeluruh dinyatakan “baik”. Implikasi penilaian portofolio di TK adalah mampu memberi gambaran atau pandangan tentang kemampuan anak, sebagai catatan jangka panjang, dan membantu mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, dan merancang strategi mencapai kompetensi peserta didik yang diharapkan.
Keywords
References
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Chiodini, J. (2020). Online learning in the time of COVID-19. Travel Medicine and Infectious Disease, 34, 101669. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101669
Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 515-522. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458
Ferdiana, M. D., & Pamungkas, D. (2019). Penggunaan Penilaian Berbasis Kelas dan Portofolio dalam Menumbuhkan Minat Baca. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 8(2). https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.549
Kemala, A., & Rohman, A. (2021). Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar dari Rumah di Era Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1129
Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola Kerja Sama Guru dan Orangtua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871
Lopo, R. J. K., Masitoh, S., & Hariastuti, R. T. (2020). Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 187-196. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.970
Lučić, L. (2020). Effects of COVID-19 related restrictive measures on parents of children with developmental difficulties. Journal of Children's Services. https://doi.org/10.1108/JCS-07-2020-0041
Menteri Kesehatan RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. Parallax.
Oktaviana, A., & Srianggita, I. (2021). Cognitive Development of Children Aged 4-7 Years During The Covid-19 Pandemic. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 1(2), 127-138. https://doi.org/10.14421/joyced.2021.12-06
Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Bumi Aksara.
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Satgas COVID-19. (2021). Analisis Data Covid-19 Indonesia. Analisis Data COVID-19 Indonesia.
Selvi, I. D. (2020). Implementation of Assessment for Islamic and Catholic Religious Values Development. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(1). https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i1.38007
Setiamiharja, R. (2016). Penilaian Portopolio Dalam Lingkup Pembelajaran Berbasis Kompetensi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2806
Sugiyono. (2016). Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryatiningsih, S. (2014). Model Layanan Monitoring Perkembangan Anak. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika, 6(1). https://doi.org/10.20895/infotel.v6i1.67
Suyadi, & Selvi, I. D. (2022). Online learning and child abuse: the COVID-19 pandemic impact on work and school from home in Indonesia. Heliyon, 8(1), e08790. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08790
Tommasel, A., Rodriguez, J. M., & Godoy, D. (2019). An experimental study on feature engineering and learning approaches for aggression detection in social media. Inteligencia Artificial, 22(63). https://doi.org/10.4114/intartif.vol22iss63pp81-100
Wulan, D. S. A. (2020). Penggunaan Portofolio dalam Penilaian Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Al Wafi Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.22189
Zuniarsih, Z., Maemonah, M., & Dwi Selvi, I. (2021). Love Cards: Media Orang Tua Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 57-66. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-01
Refbacks
- There are currently no refbacks.