- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi untuk Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2367Keywords:
diklat, moda daring kombinasi, paudAbstract
Pandemi covid-19 mengakibatkan guru tidak dapat mengikuti pelatihan karena akses pertemuan tatap muka ditutup. Kondisi ini mengharuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuat Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berjenjang Tingkat Dasar untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Moda Daring Kombinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan Learning Management System (LMS) moda daring kombinasi untuk diklat tersebut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan dan diskusi pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan LMS mengikuti langkah; penyusunan pedoman diklat, pemetaan strategi pembelajaran diklat, digitalisasi modul diklat, uji keterbacaan konten diklat, tindak lanjut uji keterbacaan konten diklat, finalisasi keterbacaan konten diklat, dan peluncuran LMS dalam Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Anak Usia Dini
Downloads
References
Arifin, M. B. U. B., Nurdyansyah, Rindaningsih, I., & Fauji, I. (2019). Teaching media of fiqh magazine model to improve prayer understanding in primary school students. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1820 -1825. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070821
Arlina, Hatimah, I., & Gunawan, M. H. (2019). The Implementation of Blended Learning in Early Childhood Education Teacher's Training. Proceedings of the 1st Non Formal Education International Conference (NFEIC 2018). https://doi.org/10.2991/nfeic-18.2019.4
Arlina, Hatimah, I., Abdulhak, I., Ardiwinat, J. S., & Dadang Yunus, L. (2020). The effectvity of blended learning in education and training for teachers of young children program. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(6). https://www.psychosocial.com/article/PR260943/21709
Ayogurubelajar. (2021). Gurubelajar (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-paud-diklat-berjenjang-dasar
Bano, V. O. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pengelolaan Penilaian Autentik Guru IPA SMP. Kelola, 5(2), 139-151. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p139-151
Byrka, M. F. (2017). Blended Learning Strategy In Teacher Training Programs. Information Technologies and Learning Tools. https://doi.org/10.33407/itlt.v62i6.1802
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1-2). https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Gunawan, I. (2020). Tak Sesuai Ketentuan Disdik, 43 Persen Guru PAUD Masih SMA (p. 1). Jawa Pos. radarbojonegoro.jawapos.com
Guru PAUD Dikmas, K. (2021). Peluncuran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri PAUD dan Pendidikan Inklusif (p. 1). https://www.youtube.com/watch?v=fbIDc6RQSjM&t=7165s
Herminayu, & Sulasmono. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112-1123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512
Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5
Irni. (2021). Hasil Uji Keterbacaan LMS Diklat Dasar Moda Daring Kombinasi (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Jaya, D. J. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Edcomtech, 6(1), 162-172. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p162
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Mashoedah, M. (2015). Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10875
Nisa, K. (2021). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229-240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
PAUD, G. (2021). Penilaian pada PAUD - Menyusun Instrumen Penilaian di PAUD (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://www.youtube.com/watch?v=9ITTfR4HhB8
Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Westerlaken, M., Christiaans-Dingelhoff, I., Filius, R. M., De Vries, B., De Bruijne, M., & Van Dam, M. (2019). Blended learning for postgraduates; An interactive experience. BMC Medical Education. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1717-5
Wibawa, W. (2021). Alur LMS Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wibawa, W., Lisdiana, A., & Winata, W. (2021). Pedoman Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Guru PAUD Moda Daring Kombinasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Winata, W. (2021). LMS Moda Daring Kombinasi untuk Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Guru PAUD (p. 1). https://www.youtube.com/watch?v=l3S-ubk42fw&t=112s
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Zamzami, E. M. (2021). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985-995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750
Zulkarnain, Ali Iskandar, D. (2021). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14-25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491