Manajemen Layanan Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis ICT pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Author


Badrudin Badrudin(1Mail), Ahmad Sabri(2), Jhoni Warmansyah(3),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 272KB]  Language: id
Published : 2022-04-09
Copyright (c) 2022 Badrudin Badrudin

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 228 times PDF Downloaded: 86 times

Abstract


Terpenuhinya manajemen layanan pembelajaran yang memadai dan bermutu ditengah masa pandemic untuk tumbuh kembang anak yang optimal sulit untuk dilakukan, diperlukan suatu inovasi strategi layanan berbasis (Information and communication technologies) ICT di Taman Kanak-kanak. Fokus penelitian ini mengkaji proses manajemen layanan pembelajaran berbasis ICT pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis terkait kegiatan proses manajemen layanan pembelajaran berbasis ICT pada masa pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan 1) analisis lingkungan, 2) formulasi strategi, 3) implementasi strategi, 4) evaluasi dan pengendalian strategi. Dengan demikian layanan pembelajaran berbasis ICT menjadi peluang dan tantangan dalam memberikan standar mutu yang tetap terjamin dalam pembelajaran tatap muka terbatas.


Keywords


manajemen layanan pembelajaran; ict; ptmt; aud

References


Afsari, F., Rusdiyani, I., & Khosiah, S. (2022). Pengaruh Motivasi Keluarga Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun: Studi Masa Pandemi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 209-220. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-04

Aisah, D. S., Ulfah, U., Damayanti, W. K., & Barlian, U. C. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385-397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927

Ariawan, S. (2020). Building Critical Thinking in Covid-19 Pandemic Era: Impossible or I am Possible?. International Research Journal on Advanced Science Hub, 2(6), 127-130. https://doi.org/10.47392/irjash.2020.49

Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(12), 74-83. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104

Aulia, M., & Amra, A. (2021). Parent's Participation in Improving the Quality of Education in Elementary Schools. Journal of Islamic Education Students (JIES), 1(2), 58. https://doi.org/10.31958/jies.v1i2.3004

Harahap, Y., Nasution, N., & Lubis, F. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padangsidimpuan. Jurnal LPPM UGN, 11(23), 76.

Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program PAUD (Studi Evaluatif di POS Paud Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 155-162. https://doi.org/10.21009/JIV.1202.9

Hasyim, W., Suharyat, Y., & Noerhidayah. (2009). Impelementasi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-12. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/edukasi/article/view/690

Husna, M. (2022). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846-1858. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1814

Idhayani, N., & Elviani, S. (2020). Layanan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Paud Ummusshabri Kota Kendari. Universitas Muhammadiyah Kendari.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372

Jannah, N., Nurhayati, N., & Naimah, N. (2021). Manajemen Pemasaran Lembaga PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1). http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12906

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Kerckaert, S., Vanderlinde, R., & van Braak, J. (2015). The role of ICT in early childhood education: Scale development and research on ICT use and influencing factors. European Early Childhood Education Research Journal, 23(2), 183-199. https://doi.org/10.1080/1350293X.2015.1016804

Korat, O. (2010). Reading electronic books as a support for vocabulary, story comprehension and word reading in kindergarten and first grade. Computers & Education, 55(1), 24-31. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.11.014

Meriana, T., & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka Di Tkk Kanaan Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3260

Mualim, R., & Saputra, M. F. (2021). Optimizing Online Learning during Covid 19 Pandemic in Junior High School. Journal of Islamic Education Students (JIES), 1(1), 19. https://doi.org/10.31958/jies.v1i1.3193

Nurdin, & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pacheco, J. A. (2021). The "New Normal" in Education. Prospect, 51(1-3), 3-14. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09521-x

Pao-Nan, C., Chang, C.-C., & Chen, M.-Y. (2017). Let's draw: utilizing interactive white board to support kindergarten children's visual art learning practice. Journal of Educational Technology & Society, 20(4), 89-101.

Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100-111. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3274

Rasmitadila, Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Reeves, T. C. (1998). The Impact of Media and Technology in Schools. Journal of The Journal of Art and Design Education, 2, 58-63.

Salman, I., Benyamin, P., & Wartoni, W. (2021). Monitoring Model and Evaluation of ICT Utilization in The New Normal Era in Distance Learning in Madrasah. 1-8. https://doi.org/10.4108/eai.11-11-2020.2308302

Sari, D. N., Alfansuri, F. N., Aini, R. Q., Kapit, M. N., & Wulandari, A. T. (2021). Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Dan Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Akibat Pembelajaran Daring. Academica: Journal of Multidiciplinary Studies, 5(2).

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108

Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 251-267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(1), 6.

Tanu, I. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80-90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272

Umam, M. K. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1-20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115

Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573

Wiyani, N. A. (2020). Menciptakan Layanan PAUD yang Prima Melalui Penerapan Praktik Activity Based Costing. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 175-186. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.175


Refbacks

  • There are currently no refbacks.