Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Umi Setyaningsih(1Mail), Muthmainnah Muthmainnah(2), Indrawati Indrawati(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 682KB]  Language: id
Published : 2022-03-14
Copyright (c) 2022 Umi Setyaningsih

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 411 times PDF Downloaded: 137 times

Abstract


Kemampuan membaca dini pada hakikatnya dapat membentuk pribadi yang memiliki rasa kasih sayang, kemampuan berfikir kritis, dan pemahaman kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam mengenalkan konsep membaca pada anak kelompok B usia 5-6 tahun, dan mengetahui hal-hal yang menghambat pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan beberapa strategi untuk mengenalkan konsep dasar membaca diantaranya;  pojok baca, kartu bergambar, bermain peran, game keaksaraan, permainan tebak kata, berkisah, menciptakan lingkungan kaya bahasa, dan tindak lanjut kegiatan gerakan membacakan buku untuk anak oleh orang tua. Adapun kendala dalam pelaksanaan program tersebut adalah; dalam penyiapan sarana pembelajaran membutuhkan waktu yang lama, keberagaman kondisi emosi anak saat ke sekolah, dan partisipasi dari orang tua berbeda beda

Keywords


strategi pengembangan; kemampuan membaca anak

References


Abeberese, A. B., Kumler, T. J., & Linden, L. L. (2014). Improving reading skills by encouraging children to read in school: A randomized evaluation of the Sa Aklat Sisikat reading program in the Philippines. Journal of Human Resources, 49(3), 611-633. https://doi.org/10.3368/jhr.49.3.611

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29-37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Aulina, C. N. (2018). Buku Ajar Buku Ajar.

Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717-723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Brito, P. R. (2017). Early Moments Matter for Every Child. In UNICEF. 3 United Nations Plaza, New York. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7507-8

Cabell, S. Q., Justice, L. M., Logan, J. A. R., & Konold, T. R. (2013). Emergent literacy profiles among prekindergarten children from low-SES backgrounds: Longitudinal considerations. Early Childhood Research Quarterly, 28(3), 608-620. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2013.03.007

Cabell, S. Q., Zucker, T. A., DeCoster, J., Melo, C., Forston, L., & Hamre, B. (2019). Prekindergarten Interactive Book Reading Quality and Children's Language and Literacy Development: Classroom Organization as a Moderator. Early Education and Development, 30(1), 1-18. https://doi.org/10.1080/10409289.2018.1514845

Catts, H. W., Herrera, S., Nielsen, D. C., & Bridges, M. S. (2015). Early prediction of reading comprehension within the simple view framework. Reading and Writing, 28(9), 1407-1425. https://doi.org/10.1007/s11145-015-9576-x

Cohen, L. E., Kramer-Vida, L., Frye, N., & Andreou, M. (2014). The effect of bilingual instruction and play on preschoolers' English proficiency. International Journal of Play, 3(1), 36-52. https://doi.org/10.1080/21594937.2013.876573

Denboba, A. D., Sayre, R. K., Wodon, Q. T., Elder, L. K., Rawlings, L. B., & Lombardi, J. (2014). Stepping up early childhood development. In Investing in Young Children for High Returns; World Bank: Washington, DC, USA.

García, J. R., & Cain, K. (2014). Decoding and Reading Comprehension: A Meta-Analysis to Identify Which Reader and Assessment Characteristics Influence the Strength of the Relationship in English. In Review of Educational Research (Vol. 84, Issue 1). https://doi.org/10.3102/0034654313499616

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment.

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca, 1(1).

Kemendikbud. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2).

Kohm, K. E., Holmes, R. M., Romeo, L., & Koolidge, L. (2016). The connection between shared storybook readings, children's imagination, social interactions, affect, prosocial behavior, and social play. International Journal of Play, 5(2), 128-140. https://doi.org/10.1080/21594937.2016.1203895

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Raudhah, 06(01), 1-26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.277

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Martin, M. O., & Mullis, I. V. . (2019). TIMSS 2019 Frameworks.

Moedt, K., & Holmes, R. M. (2020). The effects of purposeful play after shared storybook readings on kindergarten children's reading comprehension, creativity, and language skills and abilities. Early Child Development and Care, 190(6), 839-854. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1496914

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Patrinos, H. A. (2020). The Learning Challenge in the 21 St Century. The Learning Challenge in the 21 St Century, April.

Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1-11.
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187.

Saracho, O. N. (2017). Parents' shared storybook reading-learning to read. Early Child Development and Care, 187(3-4), 554-567. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1261514

Sinaga, E. S. (2019). Pengaruh Gender Anak dan Kebiasaan Orang Tua Membacakan Buku terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(2), 127-138.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. In Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Wasik, B. A., Hindman, A. H., & Snell, E. K. (2016). Book reading and vocabulary development: A systematic review. Early Childhood Research Quarterly, 37, 39-57. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2016.04.003

Widat, F., Al Anshori, H. A., Amir, A., Istiqamah, N., & Litfiyati, L. (2022). Pengenalan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini melalui Media Permainan Kartu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2573-2582. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2028

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21.

Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. BioMed Research International, 2017, 1-13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716


Refbacks

  • There are currently no refbacks.