Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran untuk Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Sejak Dini

Author


Nini Aryani(1Mail), Nopa Wilyanita(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Aisyiyah Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Aisyiyah Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 318KB]  Language: id
Published : 2022-06-19
Copyright (c) 2022 Nini Aryani, Nopa Wilyanita

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 359 times PDF Downloaded: 180 times

Abstract


Keluarga merupakan kunci utama dalam pendidikan karakter, keluarga juga  dapat dijadikan sebagai wadah belajar dalam hal mengajarkan nilai toleransi yang merupakan bagian dari kegiatan belajar TK mereka sejak dini . Oleh karenanya perlu adanya model pembelajaran karakter berbasis keluarga yang terintegrasi dengan pembelajaran di sekolah sebagai upaya dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada anak Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi model pembentukan karakter berbasis keluarga untuk mengajarkan nilai toleransi pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis  dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan sumber data kepustakaan. Bagaimanapun juga, penelitian ini akan menjadi pedoman atau acuan bagi guru dalam melaksanakan pembentukan karakter untuk mengajar pada tingkatan yang dapat diterima sejak usia dini. Langkah penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara kepada guru dan orang tua untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini berupa model pendidikan karakter berbasis keluarga yang terintegrasi dalam pembelajaran dilihat dari tujuan pendidikan karakter, program, proses dan evaluasi yang disiapkan oleh guru namun penerapanya dalam keluarga.


Keywords


pendidikan karakter; terintegrasi; toleransi

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Bogdan dan Taylor. (2012). Prosedur Penelitian dalam Metodologi, Pendekatan Kualitatif. Rineka Cipta.

Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14-20.

Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069–1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067

Hadisaputra, P. (2020). Implementasi Pendidikan Toleransi Di Indonesia. Jurnal: Dialog, 43(1), 75-88. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.355

Hasana, A. (2012). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Insan Komunika.

Jumiatmoko. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4033

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 82-89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333-342. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Lestari, S., Muslihin, H. Y., & Elan, E. (2020). Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 337-345.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Ozkul, A. E., Ozsezer, M., & Tufan, H. (2018). The historical background of tolerance education for blind learners in Cyprus. Quality and Quantity, 52, 1007-1025.
https://doi.org/10.1007/s11135-017-0554-z

Pitaloka, D. L. D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas?(Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Ratna, M. (2016). Pendidikan Karakter; Solusi Tepat Untuk Membanggun Bangsa. Indonesia Heritage Foundation.

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Pendidikan, 293-308. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Rosita. Alawiyah, Neneng. Diananda, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Kegiatan Bermain Sentra. Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 2(1), 2721-6004. https://doi.org/10.33853/jecies.v2i1

Septariani. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 5(1), 94 - 107. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.23132

Sidiq, Muhammad Abdul Alim. Fausiyah, R. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Bidayatuna, 2(2621-2153), 1. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.362

Sudaryanti. Pamungkas, J. (2016). Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui" lagu dan dolanan". Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.

Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Ar-Ruzz Media.

Prabowo. S.H., Fakhruddin, A., Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam: Al-Tadzkiyyah. 11(2). 191-207.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orang tua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.vol5(1).4854 https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wardhani, I. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Program Kesejahteraan Keluarga Sosrowijayan, Komplek Pasar Kembang, Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 184-193. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i2.23869

Waseso, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. Paud Lectura. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 97-111. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.