Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal

Author


Syafdaningsih Syafdaningsih(1), Wahyu Pratiwi(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 476KB]

Published : 2022-04-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 579 times PDF Downloaded: 362 times

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan fenomena yang sedang terjadi yaitu adanya pembelajaran yang dilakukan secara blended learning sehingga media audio visual sangat dibutuhkan sebagai pendukung dalam pembelajaran terutama pada tema budaya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video cerita anak tema budaya lokal yang teruji validitas dan kepraktisannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Adapun prosedur yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick & Carry. Produk dibuat dengan menggunakan prosedur yang telah dipilih, sehingga didapatkan media berupa video yang memuat tema budayaku dan empat subtema yaitu rumah Limas, makanan khas Pempek, tarian Gending Sriwijaya dan pakaian Aesan Gede dan Aesan Pak Sangko.Tahap evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif oleh Tessmer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video cerita anak tema budaya lokal teruji validitas dan kepraktisannya. Sehingga layak digunakan dalam pembelajaran terutama mengenai budaya lokal Sumatera Selatan yaitu Palembang


Keywords


video; cerita anak; budaya

References


Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Anılan, B., Berber, A., & Anılan, H. (2018). The Digital Storytelling Adventures of the Teacher Candidates. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 9(3), 262-287. https://doi.org/10.17569/tojqi.426308

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif. In Sereal Untuk (Vol. 51, Issue 1). Jakarta : Prenadamedia Group.

Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning In Higher Education Through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1-16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594-1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Hikmawati, E. (2017). Makna Simbol dalam Aesan Gede dan Pak Sangkong Pakaian Adat Pernikahan Palembang. Jurnal Intelektualita, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1297

Junita. (2019). Homemade Asnacks & Dessert Ala Xander's Kitchen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kamil, R. I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 10(1), 486-492. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/52

Kholifah. (2018). Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Pogolawe Tuban; Tuban : FKIP PGRI Ronggolawe Tuban.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 66-73. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755

Miftah, & Pangiuk, A. (2020). Budaya Bisnis Muslim Jambi Dalam Pespektif Kearifan Lokal. Malang : Ahlimedia press.

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374-388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565

Munawar, B., Farid Hasyim, A., & Ma'arif, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02), 310-320. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2473

Munawar, N. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, I(2), 87-99. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/591

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7.

Permata, N., Zama, I., & Damayanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Materi Energi Alternatif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 1-13.

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rusman. (2017). Belajar Dan Mempelajari Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Shufa, F., Khusna, N., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Tyas, D. . (2010). Rumah Adat di Indonesia. Jawa Tengah : Alprin.

Yaswinda, Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 3359(1), 63-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.