Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini

Author


Wuryaningsih Wuryaningsih(1Mail), Iis Prasetyo(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 397KB]  Language: id
Published : 2022-02-20
Copyright (c) 2022 Wuryaningsih Wuryaningsih

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 501 times PDF Downloaded: 231 times

Abstract


Peran orang tua dalam pendidikan moral anak sangat besar, karena perilaku orang tua akan menjadi teladan bagi anak, terutama bagi anaknya yang masih berusia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keteladanan orang tua dengan perkembangan nilai moral anak. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dan jumlah sampel penelitian adalah 109 anak (orang tua). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analsiis data menggunakan korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keteladanan orang tua dengan perkembangan nilai moral anak memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Artinya, semakin sering orang tua memberikan perilaku keteladanan kepada anaknya, maka perkembangan nilai moral anak semakin meningkat. Oleh karena itu, dalam mendidik anaknya, orang tua tidak hanya cukup dengan perintah atau ucapan saja, tetapi harus memberikan contoh perilaku yang baik bagi anaknya, dan dapat dijadikan figur yang pantas diteladani.


Keywords


keteladanan orang tua; nilai moral anak; anak usia dini

References


Abdurrahman. (2018). Upaya meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral melalui metode keteladanan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101-107.
https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698

Agustina, M. R., Dhieni, N., Anak, P., Dini, U., & Timur, J. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-. 5(2), 2146-2157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1160

Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Abstrak. 5(1), 127-134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504

Azwar, S. (2017). Validitas dan reliabilitas. Pustaka Pelajar.

Budiyono, & Harmawati, Y. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PPKN III, 1-10.

Darajat, Z. (2015). Pengajaran agama islam. Bumi Aksara.

Hadi, S. (2016). Statistik. ANDI Yogyakarta.

Hakim, L. N., Muhyani, & Supraha, W. (2018). Hubungan keteladanan orang tua dengan adab siswa tingkat sekolah dasar di Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 263-281. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1581

Jeti, L., Manan, Risman, K., & Edison. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Application of Philosophy Values of Bhinci-Bhinciki Kuli in Early Childhood at Wolio Community Abstrak. 5(1), 530-537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.643

Juanda. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. 3(1), 39-54. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Kabiba, Pahenra, & Juli, B. (2017). Keteladanan orang tua dalam menanamkan nilai etika pada anak. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 10-22.

Kurniati, E., Kusumanita, D., Alfaeni, N., & Andriani, F. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Abstrak. 5(1), 241-256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusdi, S. S. (2018). Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. Al-Uswah: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-111.
https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6253

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Abstrak. 5(1), 395-403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Mulyati, Hidayati, M., & Hariyanto, M. (2020). Pengaruh keteladanan guru dan orang tua terhadap sikap kejujuran siswa SMK Klaten, Jawa Tengah. Cendekia, 14(2), 183-195.

Purnama, S., & Hidayati, L. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. 4(2), 520-542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391

Putri, A. L. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 715-732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., Hasriah, S., Hamzanwadi, P. F. U., & Adniyah, T. K. U. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. 3(1), 153-160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Reksiana. (2019). Grand design of educational institutions in character education. Al - Iltizam, 4(1), 1-24. https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.780

Rohita. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah : Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah Abstrak. 5(1), 315-326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528

Sofia, A., Nopiana, & Suryadi. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Faktor Penunjang dan Penghambat dalam Pengembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun Abstrak. 5(1), 599-610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.467

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suhono, & Utama, F. (2017). Keteladanan orang tua dan guru dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini (perspektif abdullah nashih ulwan kajian kitab tarbiyyah al-aulad fi al-islam). Elementtttary, 3(1), 107-119. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.833

Sutanto, A. V., & Andriyani, A. (2019). Positif parenting: membangun karakter positf anak. Pustaka Baru.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. 5(2), 2201-2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Suwaid, M. N. A. H. (2010). Prophetic parenting cara nabi mendidik anak. Pro-U Media.

Towoliu, I. D., & Hartati, S. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Karakter Berbasis Islam melalui Program Cinta Rosul pada Anak Taman Kanak-Kanak Abstrak. 5(1), 521-529. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.618

Ulfah, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day Abstrak. 4(1), 10-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777-1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Religiusitas m elalui Metode Kisah Qur ' ani di Abstrak. 5(1), 103-116. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Wibowo, A. (2017). Pendidikan karakter usia dini (strategi membangun karakter di usia dini). Pustaka Pelajar.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja (R. Rosdakarya (ed.)).

Zuriah, N. (2015). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.