Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik

Herina Yunita(1Mail), Sri Martini Meilanie(2), Fahrurrozi Fahrurrozi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Herina Yunita

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-11
Published : 2019-07-17

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak kelas B2 di TK Pertiwi 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Pertiwi 3 kota Palembang yang berjumlah tujuh belas orang anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data dilakukan dengan deskriftif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh presentase keampuan berfikir kritis anak pada pra siklus sebesar lima puluh persen. Pada Pra siklus kemampuan berfikir kritis anak berada pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus I (TCP) kemampuan berfikir kritis anak berada pada kategori  berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II tingkat capaian anak rata-rata berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Terlihat adanya peningkatan kemampuan berfkir kritis anak meningkat mulai dari pra siklus, siklu I, dan siklus II.


Keywords


pendekatan saintifik; berfikir kritis; anak usia dini

References


Azizah, N., & Edie, S. S. (2014). Pendekatan Problem Solving Laboratory Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ma Al Asror Gunungpati Semarang. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 28–33.

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Ine, M. E. (2015). Penerapan Pendekatan Scientific Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, pp. 269–285.

Kemdikbud, K. P. (2008). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (021), 1–34.

Menkes, R. Pedoman Stimulasi Kognitif pada Anak Berbasis Kecerdasan Majemuk. , Pub. L. No. Nomor 62 Tahun 2015 (2015).

Moore, kenneth D. (2005). Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice (Third Edit). London: Sage Publication.

Munastiwi, E. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.14421/jaa.2015.12.43-50

Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Wonosobo. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 13–24. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1264

Ngalim. (2011). Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Salmon, A. K., & Lucas, T. (2011). Exploring young children’s conceptions about thinking. Journal of Research in Childhood Education, 25(4), 364–375. https://doi.org/10.1080/02568543.2011.605206

Saputra, A. D., Safitri, N. E., & Dahlan, U. A. (2017). Strategi Pendidikan Abad 21 Melalui Pengembangan Critical Thinking Skills Siswa Generasi Z Abstrak. I(November), 144–151.

Science, N., & Standards, E. (1996). The national academies press. https://doi.org/10.17226/4962

Semar., Y. (2009). Investigation Critical Thingking Skills Practices in Qatari Elmentry School ,. The International Jurnal of Learning, 16, 14.

Setiawan, Hafitriani, and P. (2016). The scientific learning approach using multimedia-based maze game to improve learning outcomes. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/1.4941162

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Wartini, A., Hadi al-asy’ari, M. K., & Multahada, A. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar, 23(1), 151–164. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614

Yolanda, eric , suryana, D. (2013). jurnal Yolanda, Suryana masuk bab4. Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 81 times
 PDF Downloaded : 36 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.