Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak

Author


Niken Purnamasari(1Mail), Dimyati Dimyati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 256KB]  Language: id
Published : 2022-02-04
Copyright (c) 2022 Niken Purnamasari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 227 times PDF Downloaded: 91 times

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kemandirian anak TK antara sekolah fullday dan umum; dan rata-rata tingkat kemandirian anak TK sekolah fullday dibanding dengan sekolah umum. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Tempat penelitian di TKIT MTA Polanharjo (fullday) dan TK Pertiwi Sidoharjo  Polanharjo Klaten (umum). Waktu penelitian dilakukan bulan April-Mei 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu semua siswa diambil sebagai sampel penelitian: TKIT MTA (56 siswa) dan TK Pertiwi Sidoharjo (20 siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang diisi oleh guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Kruskal-Wallis Test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian anak TK antara program fullday dan umum. Skor rata-rata tingkat kemandirian anak TK sekolah fullday (17,86) lebih tinggi dibandingkan sekolah umum (16,55). Temuan ini mengindikasikan bahwa pendidikan usia dini yang diberikan secara intensif dapat membentuk kepribadian anak, seperti meningkatkan kemandirian anak.


Keywords


kemandirian anak; sekolah fullday; sekolah umum

References


Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588-600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.

Ekawati, E. Y., & Iriani, A. (2020). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525

Hasanah, U. (2016). Sikap Over Proteksi Orang Tua Dan Kematangan Sosial Anak. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 133-150. https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.248

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Karmila, R., Khosiah, S., & Fahmi, F. (2020). Pengaruh rutinitas di rumah terhadap kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 20. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3348

Khotijah, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1100

Lestari, D. P. (2019). Peningkatan Kreatifitas Melalui Funcooking pada Kelompok A RA Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 18-28. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5370

Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891-899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892-899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Moh Agus Rohman. (2018). Kejenuhan Belajar Pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. SKRIPSI, 9(1), 1-11. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007

Na'imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Novan Ardy Wiyani. (2014). Bina Karakter Anak Usia Dini.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8

Purnama, S., & Hidayati, L. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391

Rahmaningrum, A., & Fauziah, P. (2020). Peran Guru pada Pengasuhan Anak dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1282-1292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.796

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun 2015). Pendidikan Usia Dini, 9(2), 181-200. https://media.neliti.com/media/publications/118232-ID-peningkatan-kemandirian-melalui-kegiatan.pdf

Sa'diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi aksara.

Suwarsiyah, A. (1999). Menumbuhkan Kemandirian Anak, Kreativitas Dan Konsep Diri Yang Sehat Anak Usia Dini; Sebuah Tinjauan. UII.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yulistyas Dwiasmira. (2012). Studi Komparasi Kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Di Program Fullday Dan Reguler [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/19924/25/11._Naskah_Publikasi.pdf

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja (R. Rosdakarya (ed.)).

Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai-Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577-582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575


Refbacks

  • There are currently no refbacks.