Pengembangan Model Senam Si Buyung Untuk Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak

Author


Siti Maryuqoh(1Mail), Panggung Sutapa(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 325KB]  Language: id
Published : 2022-01-16
Copyright (c) 2022 Siti Maryuqoh

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 248 times PDF Downloaded: 221 times

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan menganalisis efektivitas materi senam Si Buyung yang sesuai dengan karakteristik anak TK kelompok B. Jenis penelitian ini adalah Research and Developtment (R&D). Subjek penelitian adalah anak TK kelompok B di wilayah Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, dengan rentang usia anak 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakaan adalah:   wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dan  statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah materi senam Si Buyung yang sesuai dengan karakteristik anak TK kelompok B adalah senam si Buyung dengan menirukan gerakan binatang seperti menirukan gerakan binatang kucing berlari, monyet melempar bola, ayam berjalan di atas balok, ular berlari, dan katak melompat. Model senam Si Buyung secara efektif dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak TK kelompok B. Hasil pengembangan model senam Si Buyung ini dapat digunakan oleh guru TK untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar anak dalam pembelajaran motorik kasar.


Keywords


Senam Si Buyung, Kemampuan Motorik Kasar

References


Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children ' s Motor Skills. 3(1), 170-182. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi aksara.

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(1), 14-21.

Claudia, S., Widiastuti, A. A., Kurniawan, M., Paud, P. G., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. 2(2), 143-148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas Abstrak. 4(1), 247-257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Eriani, E., & Dimyati. (2020). Stimulasi Kreativitas Gerak Anak Melalui Senam Si Buyung. Mitra Ash-Shibyan, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 88-97.
https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.159

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2021). Permainan Karpet Engkle : Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. 5(2), 1187-1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754

Hartina, W. O., & Abubakar, S. R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(1).
https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8309

Hayati, S. (2020). Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. Pustaka pelajar.

Kuraedah, S., & Anhusadar, L. O. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang Abstrak. 4(1), 211-223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Laely, K. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Cooking Class Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Motorik Halus Anak di Daerah Miskin Abstrak. 4(2), 923-931. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.466

Marischa, S. (2017). Analisis Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0-5 Tahun. J Agromed Unila, 2(4), 452-455.

Mawarti, S., Sukamti, E. R., & Prasetyo, Y. (2010). Pembuatan Paket Senam Si Buyung untuk Guru-guru TK. UNY.

Meriyati, Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2021). Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. 5(1), 729-742. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. 5(2), 1313-1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849

Pahendra, Selman, H., Said, H., Sasnita, U., & Rusli, I. T. (2021). Sirkuit Bola Keranjang : Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 5(2), 2025-2036. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1077

Pradipta, G. D., & Sukoco, P. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. 1(Cd), 130-141.
https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2569

Prahesti, S. I., & Dewi, N. K. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Gerak dan Lagu Neurokinestetik ( GELATIK ) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 162-171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Rakimahwati, Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman. 2(1), 98-108.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 482-490. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Litera Prenada Media Group.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita, 1(1), 114-130.
https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Septiana, V. T., & Widiastuti, A. A. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Dukungan Orang Tua dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy pada Anak Usia Dini Abstrak Abstract : 4(1), 172-180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif: Berbasis Kecerdasan Jamak. PT. Indeks.

Sukma, T., & Wafi, A. (2018). Peningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Siswa Down Syndrome melalui Senam Ceria. 4, 43-47. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p043

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging Abstrak. 4(2), 575-587. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Ulfah, A. A., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 5(2), 1844-1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Utoyo, S., Juniarti, Y., Sari, N., & Mangge, K. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini : Pengembangan Fundamental Movement Skill ( FMS ) pada Anak Abstrak. 5(1), 404-413. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.605

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Abstrak. 4(1), 363-370. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Widiarti, Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. 5(2), 1787-1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005

Wijayanti, A., Wijayanti, A., & Laksono, B. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-14.
https://doi.org/10.23960/jiip.v2i1.21785

Wulandari, M., & Asmawi, M. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. 5(2), 1706-1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965


Refbacks

  • There are currently no refbacks.