- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Menciptakan Pembelajaran Efektif melalui Penguatan Komitmen Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2122Keywords:
komitmen guru paud, pembelajaran efektif, anak usia diniAbstract
Komitmen guru PAUD yang rendah sehingga kurang mampu membangun pembelajaran efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya yang dilakukan kepala PAUD dalam meningkatkan komitmen guru PAUD Umi Sundari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Adapun data di peroleh melalui observasi dan wawancara. Narasumber dalam penelitian ini ialah kepala dan guru-guru PAUD Umi Sundari. Hasil dari penelitian ini ialah berupa upaya-upaya kepala PAUD dalam meningkatkan komitmen guru diantaranya ialah (1) Memperkuat kompetensi profesionalisme guru dengan mengikuti pelatihan dan melanjutkan studi, (2) Menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah, (3) Bersungguh-sungguh dalam menjalankan profesinya, dan (4) Adanya evaluasi serta motivasi dari kepala PAUD juga rekan guru. Implikasi dari penelitian ini ialah dengan meningkatkan komitmen guru maka akan semakin mudah pula pembelajaran efektif diciptakan di PAUD Umi SundariDownloads
References
Adhimiy, S. (2018). Curriculum Developmnent Trought Creative Lesson Plan. Jurnal Cendikia, 16(1), 41-62. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1164
Ahmad, Z., & Masykuroh. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 59-68. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.588
Arifandi, A. S. D. (2020). Evaluasi Kinerja Guru. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 105-119. https://doi.org/10.36835/edukais.2020.4.2.106-119
Arti, E. S. (2020). Keterampilan Proses Calon Guru Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 135-138. https://doi.org/10.25157/wa.v7i2.3739
Baharun, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-25.
Bahaudin, U., & Madura, M. (2018). Pengaruhkomitmen Guru Dan Strategi Pembelajaran Dasar Islam Terpadu Di Kabupaten Sumenep. 1, 154-164.
Bali, M. M. E. I., Muali, C., & Munawaroh, L. (2020). Self-Efficacy sebagai Media Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 244-257. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.158
Farisi, Y. Al. (2021). Improving The Quality of Human Resources In Madrasah. Managere: Indonesian Journal of Educational, 3(2), 75-83. https://doi.org/10.52627/ijeam.v3i2.156
Fatmawati, I., Agustin, I. N. N., Shofana, N., Wardhani, N. I., & Saputra, B. R. (2020). Peran Komunikasi Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Di Pendidikan. Jurnal Improvement, 8(1), 1-17.
Hapizoh, Harapan, E., & Destiniar. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168-174. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764
Harmonis, M., Wibowo, A., Maliya, S., & Sumarhum, F. (2021). The Behavior Of Customers Choice In Educational Institutions. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 318-394.
Hartinia, Rahmawatib, & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(1), 52-65. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.3950
Hefniy, Bali, M. M. E. I., & Asanah, K. (2020). Leader Member Exchange dalam Membangun Komunikasi Efektif di Pondok Pesantren. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(1), 77-89.
Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368-1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781
Jannah, I. K. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Murobbi https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334
Jannah, I. K., & Rozi, F. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik Dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 17–34. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334
Litfiati. (2021). Wawancara dengan Kepala PAUD Umi Sundari Litfiati.
Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan (Journal of Islamic Education and Teacher Training), 3(1), 27-44.
Maulidiya, H. (2022). The â€TM Sekolah Sak Ngajine â€TM Program ; The Habit of loving the Qur â€TM an from an Early Age based on Tilawati. 6(3), 1667-1676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1636
Munawar, & Jalaluddin. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Bireuen. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(2), 14-21. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856
Munif, M., Rozi, F., Yusrohlana, S., & Jadid, U. N. (2021). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(September), 163-179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Mustaghfiroh, Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1), 22-28. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28
Mustajab, M., & Fawa'iedah, Z. (2020). Adapting to Teaching and Learning During Covid-19: A Case of Islamic School's Initiative of Self-regulated Learning. Nadwa, 14(2), 241-264. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.2.6515
Nainggolan, N. T., Siahaan, R., & Nainggolan, L. E. (2020). Dampak Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Panei. Maker: Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.144
Oktarifaldi, Putri, L. P., Oktavianus, I., Syahputra, R., & Mardela, R. (2021). Pendampingan dalam Evaluasi Gerak Dasar Bagi Guru PAUD dan TK di Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 21-31.
Oktaviani, N. P. W., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 69-80. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354
Onia, S. I. (2021). the Organizational Commitment As Perceived By the Staff Members of the Faculty of Education , University of Khartoum the Organizational Commitment As Perceived By the Staff Members of the Faculty of Education , University of Khartoum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 62-74.
https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2112
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, Erhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741-1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149-162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Rizqiyah, L. (2019). Reciprocal Teaching Berbasis Teknologi dengan Pendekatan ASSURE di Perguruan Tinggi. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 15-29. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.175
Rosyati, T., Saprudin, & Syukron, A. (2020). Kinerja OCB pada guru PAUD ditinjau dari Educational leadership dan Integritas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 201-200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513
Rowikarim, A. (2013). Mengajar Yang Efektif Menjadi Penentu Kualitas Seorang Guru. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 7(1), 40-50.
Santiari, L. P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149
Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: Strategy for Improving the Quality of Human Resources. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129-139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831
Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Cahaya Mandalika, 1(2), 47-51. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i2.87
Umiarso, & Hidayati, N. (2022). Improving Children â€TM s Cognitive Intelligence Through Literacy Management. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1588-1598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1817
Wahyudin, U. R., Winara, D., & Permana, H. (2021). Teacher Professionalism Improvement Management: Study of Principal Leadership at SMA Al-Ittihad Karang Tengah Cianjur. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 115-124.
https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2222
Wahyuni. (2021). Wawancara dengan guru PAUD Umi Sundari (Issue 25 Oktober).
Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382-1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard (1st ed.). Akademia Pustaka. https://doi.org/10.30659/jpai.1.1.41-56