Menciptakan Pembelajaran Efektif melalui Penguatan Komitmen Guru PAUD

Authors

  • Moh Rifa'i Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Indonesia
  • Akhmad Muadin Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
  • Faiz Faiz Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Indonesia
  • Lailatul Khomsiyah Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Indonesia
  • Ainul Mabruroh Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2122

Keywords:

komitmen guru paud, pembelajaran efektif, anak usia dini

Abstract

Komitmen guru PAUD yang rendah sehingga kurang mampu membangun pembelajaran efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya yang dilakukan kepala PAUD dalam meningkatkan komitmen guru PAUD Umi Sundari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Adapun data di peroleh melalui observasi dan wawancara. Narasumber dalam penelitian ini ialah kepala dan guru-guru PAUD Umi Sundari. Hasil dari penelitian ini ialah berupa upaya-upaya kepala PAUD dalam meningkatkan komitmen guru diantaranya ialah (1) Memperkuat kompetensi profesionalisme guru dengan mengikuti pelatihan dan melanjutkan studi, (2) Menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah, (3) Bersungguh-sungguh dalam menjalankan profesinya, dan (4) Adanya evaluasi serta motivasi dari kepala PAUD juga rekan guru. Implikasi dari penelitian ini ialah dengan meningkatkan komitmen guru maka akan semakin mudah pula pembelajaran efektif diciptakan di PAUD Umi Sundari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhimiy, S. (2018). Curriculum Developmnent Trought Creative Lesson Plan. Jurnal Cendikia, 16(1), 41-62. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1164

Ahmad, Z., & Masykuroh. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 59-68. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.588

Arifandi, A. S. D. (2020). Evaluasi Kinerja Guru. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 105-119. https://doi.org/10.36835/edukais.2020.4.2.106-119

Arti, E. S. (2020). Keterampilan Proses Calon Guru Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 135-138. https://doi.org/10.25157/wa.v7i2.3739

Baharun, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-25.

Bahaudin, U., & Madura, M. (2018). Pengaruhkomitmen Guru Dan Strategi Pembelajaran Dasar Islam Terpadu Di Kabupaten Sumenep. 1, 154-164.

Bali, M. M. E. I., Muali, C., & Munawaroh, L. (2020). Self-Efficacy sebagai Media Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 244-257. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.158

Farisi, Y. Al. (2021). Improving The Quality of Human Resources In Madrasah. Managere: Indonesian Journal of Educational, 3(2), 75-83. https://doi.org/10.52627/ijeam.v3i2.156

Fatmawati, I., Agustin, I. N. N., Shofana, N., Wardhani, N. I., & Saputra, B. R. (2020). Peran Komunikasi Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Di Pendidikan. Jurnal Improvement, 8(1), 1-17.

Hapizoh, Harapan, E., & Destiniar. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168-174. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764

Harmonis, M., Wibowo, A., Maliya, S., & Sumarhum, F. (2021). The Behavior Of Customers Choice In Educational Institutions. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 318-394.

Hartinia, Rahmawatib, & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(1), 52-65. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.3950

Hefniy, Bali, M. M. E. I., & Asanah, K. (2020). Leader Member Exchange dalam Membangun Komunikasi Efektif di Pondok Pesantren. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(1), 77-89.

Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368-1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Jannah, I. K. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Murobbi https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334

Jannah, I. K., & Rozi, F. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik Dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 17–34. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334

Litfiati. (2021). Wawancara dengan Kepala PAUD Umi Sundari Litfiati.

Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan (Journal of Islamic Education and Teacher Training), 3(1), 27-44.

Maulidiya, H. (2022). The â€TM Sekolah Sak Ngajine â€TM Program ; The Habit of loving the Qur â€TM an from an Early Age based on Tilawati. 6(3), 1667-1676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1636

Munawar, & Jalaluddin. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Bireuen. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(2), 14-21. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856

Munif, M., Rozi, F., Yusrohlana, S., & Jadid, U. N. (2021). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(September), 163-179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Mustaghfiroh, Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1), 22-28. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28

Mustajab, M., & Fawa'iedah, Z. (2020). Adapting to Teaching and Learning During Covid-19: A Case of Islamic School's Initiative of Self-regulated Learning. Nadwa, 14(2), 241-264. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.2.6515

Nainggolan, N. T., Siahaan, R., & Nainggolan, L. E. (2020). Dampak Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Panei. Maker: Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.144

Oktarifaldi, Putri, L. P., Oktavianus, I., Syahputra, R., & Mardela, R. (2021). Pendampingan dalam Evaluasi Gerak Dasar Bagi Guru PAUD dan TK di Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 21-31.

Oktaviani, N. P. W., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 69-80. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354

Onia, S. I. (2021). the Organizational Commitment As Perceived By the Staff Members of the Faculty of Education , University of Khartoum the Organizational Commitment As Perceived By the Staff Members of the Faculty of Education , University of Khartoum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 62-74.
https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2112

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, Erhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741-1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149-162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Rizqiyah, L. (2019). Reciprocal Teaching Berbasis Teknologi dengan Pendekatan ASSURE di Perguruan Tinggi. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 15-29. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.175

Rosyati, T., Saprudin, & Syukron, A. (2020). Kinerja OCB pada guru PAUD ditinjau dari Educational leadership dan Integritas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 201-200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513

Rowikarim, A. (2013). Mengajar Yang Efektif Menjadi Penentu Kualitas Seorang Guru. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 7(1), 40-50.

Santiari, L. P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149

Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: Strategy for Improving the Quality of Human Resources. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129-139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831

Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Cahaya Mandalika, 1(2), 47-51. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i2.87

Umiarso, & Hidayati, N. (2022). Improving Children â€TM s Cognitive Intelligence Through Literacy Management. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1588-1598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1817

Wahyudin, U. R., Winara, D., & Permana, H. (2021). Teacher Professionalism Improvement Management: Study of Principal Leadership at SMA Al-Ittihad Karang Tengah Cianjur. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 115-124.
https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2222

Wahyuni. (2021). Wawancara dengan guru PAUD Umi Sundari (Issue 25 Oktober).

Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382-1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763

Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard (1st ed.). Akademia Pustaka. https://doi.org/10.30659/jpai.1.1.41-56

Downloads

Published

16-03-2022

How to Cite

Rifa’i, M., Muadin, A., Faiz, F., Khomsiyah, L., & Mabruroh, A. (2022). Menciptakan Pembelajaran Efektif melalui Penguatan Komitmen Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3739–3746. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2122

Issue

Section

Articles