Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini

Dewi Fitriani(1), Heliati Fajriah(2Mail), Wirda Rahmita(3),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Indonesia
(3) TK Dharma Wanita, Teunom, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Dewi Fitriani, Heliati Fajriah, Wirda Rahmita

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-06-12
Published : 2019-11-18

Abstract


Menurunnya kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia dini telah menimbulkan kekhawatiran karena berimbas pada perkembangan kemampuan bahasa ekspresif anak. Ketrampilan kemampuan bahasa reseptif inilah yang menjadi dasar pada timbulnya kemampuan ekspresif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbahasa reseptif pada anak usia dini dengan menggunakan big book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Ibnu Sina dengan jumlah subjek penelitian sebanyak delapan orang anak  berusia 5 – 6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan berbahasa reseptif anak. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berbahasa reseptip anak yang cukup signifikan selama dua siklus. Hasil belajar anak dengan media big book berhasil mencapai persentase yang lebih tinggi pada perkembangan kemampuan berbahasa anak sebesar 87, 5 %.


Keywords


receptive language skill; big book media; young children

References


Adini, Alfira Luluk. 2016. “Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Kelompok A Gugus V Kecamatan Berbah.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(6):600–611.

Badrul, Zaman and Cucu Elliyawati. 2010. Media Pembelajaran Anak Usia DIni. Unpublished.

Colville-Hall, Susan and Barbara O’Connor. 2006. “Using Big Books: A Standards-Based Instructional Approach for Foreign Language Teacher Candidates in a PreK-12 Program.” Foreign Language Annals 39(3):487–506. https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.2006.tb02901.x.

Dhieni et al, Nurbiana. 2014. Metode Pengembangan Bahasa: Buku Materi Pokok PAUD 4106. Vol. Modul 1-12. 1st ed. Universitas Terbuka.

Dimyati, Johni. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Fielding-Barnsley, Ruth. 2007. “Facilitating Children’s Emergent Literacy Using Shared Reading : A Comparison of Two Models.” Australian Journal of Language and Literacy 30:191–202.

Flack, Zoe M., Andy P. Field, and Jessica S. Horst. 2018. “The Effects of Shared Storybook Reading on Word Learning: A Meta-Analysis.” Developmental Psychology 54(7):1334–46. https://doi.org/10.1037/dev0000512.

Hastuti, Dwi. 2016. “Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini.” JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2(2):38. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5486.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Modul 8: Komunikasi Dalam Pengasuhan. Vol. Modul 8. Jakarta: Kemdikbud.

Khairin, Friska Nisa. 2012. “Pengaruh Terapi Musik Mozart dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif dan Ekspresif pada Anak Autistik di SLB BC Pambudi Dharma 1 Cimahi.” other, Universitas Pendidikan Indonesia.

Levy, Rachael, Melanie Hall, and Jenny Preece. 2018. “Examining the Links between Parents’ Relationships with Reading and Shared Reading with Their Pre-School Children.” International Journal of Educational Psychology 7(2):123.

Lynch, Priscilla. 2008. Using Big Books and Predictable Books. Canada: Scholastic Canada Ltd.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Nalantha, IMD, LP Artini, and NWS Mahayanti. 2018. “The Effect of Big Books as Teaching Media on The Third Grade Students’ Reading Comprehension in South Bali.” International Journal of Language and Literature 2(2). https://doi.org/10.23887/ijll.v2i2.16096.

Ocbian, Magdalena M., Mary Anne F. Suod, Jhonson G. Garduque Jr, and Leny F. Bringino. 2015. “Acceptability of Big Books as Mother Tongue-Based Reading Materials in Bulusan Dialect.” Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research 3(4.4):17–23.

Permendikbud. 2014. Standar Nasional PAUD.

Priyatna, Andri. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak: Memaksimalkan Potensi Anak Dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rachmawati, Yeni and Euis Kurniati. 2010. Strategei Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Seefeldt, Carol and Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia 3, 4, Dan 5 Tahun Masuk Sekolah. 2nd ed. Jakarta: Indeks.

Sitepu, Juli Maini and Mawaddah Nasution. 2018. “Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru RA Di Kecamatan Medan Maimun.” Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1).

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

 Abstract Views : 166 times
 PDF Downloaded : 66 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.