Sekolah Efektif, Learning Organization, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah

Author


Riswandi Riswandi(1Mail), Ismu Sukamto(2), Renti Oktaria(3),
Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lampung, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 239KB]  Language: id
Published : 2021-11-07
Copyright (c) 2021 Riswandi Riswandi, Ismu Sukamto, Renti Oktaria

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1482 times PDF Downloaded: 555 times

Abstract


Pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru dan implementasi learning organization untuk mencapai sekolah efektif. Hasil penelitian ini akan menjadi dasar untuk menentukan rumusan kebijakan dalam pendidikan untuk meningkatkan manajemen sekolah, khususnya manajemen penyelenggaraan di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengetahui hubungan antara sekolah efektif, learning organization, dan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini melibatkan 50 guru PAUD yang ada di Kota Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data melalui Uji Statistik Nonparametric Correlations menggunakan SPSS Version 25. Hasil penelitian: terdapat hubungan yang signifikan antara sekolah efektif, learning organization, dan kepemimpinan kepala sekolah. Pelaksanaan sekolah efektif dan implementasi learning organization semakin baik seiring dengan semakin baiknya kepemimpinan kepala sekolah.


Keywords


sekolah efektif; learning organization; kepemimpinan kepala sekolah

References


Bond, T. G., & Fox, C. M. (2007). Applying The Rasch Model: Fundamental Measurement in the Human Sciences, 2nd Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisers.

Bush, T., & Marianne, C. (2006). Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan (Terjemahan Fahrurrazi). Yogyakarta: IRCiSoD.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for The Behavioral Sciences. New York: Academic.

Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson., M. J. (2009). Organizational Behavior; Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw-Hill Company.

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: CV Alfa Beta.

Djafri, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.494

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah UIN Sumatera Utara Medan, 23(1), 23-44.

Fisher, W. P. (2007). Rating Scale Instrument Quality Criteria. Rasch Measurement Transaction, 21(1), 1095. Retrieved from http://www.rasch.org/rmt/ rmt211m.htm.

George, J. M., & Jones, G. R. (2005). Understanding and Managing Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., Donnelly, J. H., & Jr., R. K. (2006). Organizations: Behavior, Structure, and Process. Singapore: McGraw-Hill Company.

Hagell, P. (2014). Testing Rating Scale Unidimensionality Using the Principal Component Analysis (PCA)/t-Test Protocol with the Rasch Model: The Primacy of Theory over Statistics. Open Journal of Statistics, 4, 456-465. https://doi.org/10.4236/ojs.2014.46044

Hoy, W. K., & Miskel., C. G. (2014). Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (Terjemahan Daryatno dan Rianayati K. Pancasari). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018-1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Isnanto, I., & Yustika, Y. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Kelas Awal di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1087. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.514

Kartajawa, H., & Ridwansyah., A. (2014). WOW Leadership. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: CV Alfa Beta.

Komariah, A., & Cepi, T. (2005). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bina Aksara.

Lewin, K., Lippit, & White. (1939). Patterns of Aggressive Behaviour in Experimentally Created Social Climates. Journal of Social Psychology, 10, 271-301. https://doi.org/10.1080/00224545.1939.9713366

Linacre, J. M. (2010). Predicting Responses from Rasch Measures. Journal of Applied Measurement, 11(1), 1-10.

Lusher, D., Robins, G., Pattison, P. E., & Lomi, A. (2012). Trust Me: Differences in expressed and perceived trust relations in an organization. Social Networks, 3(4), 410-424. https://doi.org/10.1016/j.socnet.2012.01.004

Maat, S. (2015). Psychometric Evaluation on Mathematics Beliefs Instrument Using Rasch Model. Creative Education, 6, 1797-1801. https://doi.org/10.4236/ce.2015.616183

McShane, S. L., & Glinow, M. A. Von. (2008). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Company.

Mugizi, Tumuhaise, Samanya, & Dafiewhare. (2019). Leadership Styles and Retention of Teachers in Private Primary Schools in Bushenyi-Ishaka Municipality, Uganda. Open Journal of Leadership, 8, 167-187. https://doi.org/10.4236/ojl.2019.84009

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutmainah. (2017). Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah Dan Sekolah Efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 24(1), 163-172.

Nelson, D. L., & Quick, J. C. (2006). Organizational Behavior; Foundations, Realities & Challenges, Fifeth Edition. USA: Thomson South-Western.

Nurdin. (2011). Manajemen Sekolah Efektif dan Unggul. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 13(1).

Ornstein, & Levine. (1990). School effectiveness and reform: Guidelines for action. The Clearing Hpuse. https://doi.org/10.1080/00098655.1990.9955824

Pallant, J., & Tennant, A. (2007). An Introduction to the Rasch Measurement Model: An Example Using the Hospital Anxiety and Depression Scale (HADS). Br J Clin Psychol, 46(1), 1-18. https://doi.org/10.1348/014466506X96931

Riswandi. (2009). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru; Studi Kualitatif terhadap Guru SMA Negeri di Kota Jambi (Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta).

Riswandi, Wicaksono, L., Mujiyati, & Oktaria, R. (2020). Implementation of learning organizations to achieve effective schools in the efforts to develop an elementary school education management model. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3034-3040. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080732

Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2014). Perilaku Organisasi (16th ed). Jakarta: Salemba Empat.

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209-1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Senge, P. (1994). The Fifth Discipline: The Art and Practice of The Learning Organization. New York: Doubleday Currency.

Senge, P. (2002). Disiplin Kelima; Seni dan Praktek dari Organisasi Pembelajar. Alih Bahasa Nunuk Adiarni. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara Publisher.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Tim Komunikata Publishing House.

Vecchio, R. P. (2006). Organizational Behavior: Core Concept. USA: Thomson South-Western.

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652-663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357

Widiyastuti, M., & Arikunto, S. (2015). Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Efektif Di Sd Kanisius Kadirojo, Sengkan, Duwet. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 82-96. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6272

Widoyoko, E. P. (2011). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulk, G. (2001). Kepemimpinan dalam Organisasi (Edisi Kelima) Alih Bahasa Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.