Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini

Author


Aisyah Durrotun Nafisah(1Mail), Aini Sobah(2), Nur Alawiyah Kharisma Yusuf(3), Hartono Hartono(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 241KB]  Language: id
Published : 2022-07-17
Copyright (c) 2022 Aisyah Durrotun Nafisah, Aini Sobah, Nur Alawiyah Kharisma Yusuf, Hartono Hartono

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 600 times PDF Downloaded: 232 times

Abstract


Nilai-nilai pancasila dan moral sangat penting untuk diajarkan sejak dini. Sikap dan perilaku yang berlandaskan pancasila dan nilai-nilai moral dapat dikembangkan pada diri anak, sehingga anak dapat tumbuh dengan akhlak yang mulia yang sesuai dengan harapan bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pentingnya pengajaran pancasila dan nilai-nilai moral pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Literatur dengan 27 literatur mengenai moral dan nilai-nilai pancasila. Kriteria literatur dalam penelitian ini yaitu berbahasa Indonesia yang dipublikasikan 5 tahun terakhir. Hasil dari penelusuran literatur didapatkan bahwa penanaman nilai-nilai pancasila dan moral pada anak usia dini itu sangat penting guna mempersiapkan masa depannya. Temuan baru dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai pancasila dan moral dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media.


Keywords


nilai-nilai pancasila; moral; metode; media

References


Achmadi. (2018). Pengenalan Lambang dan Rumusan Pancasila Melalui Program Pembiasaan Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, 26, 120-126. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1676

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209-216. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745

Ali, M. (2020). Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Dalam Buku Dongeng Karakter Utama Anak Usia Dini Seri Taat Beragama. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 189-199.
https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.59

Amu, S. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.65

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184-200.
https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.593

Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73-86.

Damayanti, E. (2020). Metode Bermain Berperan Dalam Perkembangan Moral Anak. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 90-100.
https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17096

Firmadani, Fifit, Irsyadi Shalima, A. W. (2018). Media Pembelajaran Pop Up Sebagai Penanaman Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan. Luaran Hasil Seminar Nasional FKIP 2018.

Hakim, I. A., & Husin, A. (2019). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Mawar I SKB Ogan Ilir). Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat UNSRI, 5(1).

Hamzah A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Literasi Nusantara.

Hasan M. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Dipa Press.

Hermansyah, A. K., Suyono, & Hasanah, M. (2017). Desain Pembelajaran untuk Mengenalkan Nilai-nilai Moral Kemanusiaan melalui Bermain Peran. Jurnal Edukasi, 4(1), 38-42. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5089

Hermuttaqien, B. P. F., & Mutatik, M. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), 39-45. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2645

Hurlock, E. (2004). Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga.

Indah Kemala Dewi, R. (2021). Penanaman nilai moral pada anak usia dini oleh orang tua dalam keluarga di jorong koto alam. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 56-65.

Karim, M. A. (2004). Menggali Muatan Pancasila dalam Perspektif Islam. Surya Raya.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kusumastuti, N. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 162-175.
https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830

Kusumawati, I., & Zuchdi, D. (2019). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Konstruktivis. Academy of Education Journal, 10(01), 63-75. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.272

Lestaningrum, A., & Jayanti, R. D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 15.
https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112

Lestari, N., & Suzanti, L. (n.d.). Penanaman Nilai moral melalui metode bercerita. 1-11.

Lestariningrum, A. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Pancasila Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini. JMECE: Journal of Modern Early Childhood Education, 01(01), 11-18.

Mandasari, T. L. dkk. (2013). Metode pembelajaran menanamkan nilai moral pada anak usia 4-5 tahun di tk angkasa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9), 1-17.

Nany. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika, 9(1), 107-116. https://doi.org/10.21831/hum.v9i1.3787

Novayanty, A. A. (2021). Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita. Instruksional, 2(2), 53. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.53-61

Nugraha, J. T., Dewi, R., Ahsani, P., & Fauziah, N. M. (2020). Meneguhkan Nilai Keindonesiaan melalui Program Deradikalisasi Anak Usia Dini di Kampung Karanggading Kota Magelang. Indonesian Journal of Community Services Volume, 2(1). https://doi.org/10.30659/ijocs.2.1.80-91

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. CV Pena Persada.
https://doi.org/10.31237/osf.io/x4nbd

Nurgiansah, T. H. (2021). The Role of Citizenship Education in Building Bantul Community Political Participation in The Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 1-4. https://doi.org/10.20961/shes.v4i1.48558

Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. Atlantis Press, 670-674. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150

Nurgiansah, T. H., et al. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110-121.
https://doi.org/10.26618/jed.v5i2.3106

Oematan, V. N. C., Tanudjaja, B. B., & Salamoon, D. K. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Media Board Game Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(16), 1-10.

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative. Thinking Skills and Creativity, 39, 31-43. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.10.002

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Prastyo, D., Kumalasari, T., & Lebar, S. (2021). Implementasi 4 C Dalam Pendidikan Pancasila Berbasis STEAM. JCE (Journal of Childhood Education)JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 49-59. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.494

Rita Angraini, et al. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Menanamkan Nilai-nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 52-55. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.2084

Ruslan, R. (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.807

Sadikin, A. (2019). Penanaman Nilai Nilai Kebangsaan pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(1), 1-8.

Sukmana, H. (2020). Pengembangan Media Edukasi Boneka Tangan Sebagai Stimulasi Moral Pada Anak Usia Dini. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 9-18.

Supeni, S. (2015). Pengembangan Model Internalisasi Pendidikan Karakter Pancasila Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. In neliti.com.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52-61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Suseno. (1987). Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Kanisius

Wahidin, S. (2015). Dasar-dasar Pendidikan Pancasiladan Pendidikan Kewarganegaraan. Pustaka Pelajar.

Wahyuddin. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Refika Aditama.

Wahyuni, S., & Nuraini. (2019). Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 78-87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3350

Yusmiatinengsih, R. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 18-41. https://doi.org/10.21009/JIV.0701.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.