Pengasuhan Digital Keluarga Nelayan terhadap Penggunaan Smartphone pada anak usia 3-7 tahun

Author


Inas Bilqis Nusaibah(1Mail), Ainin Shofiyah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 266KB]

Published : 2022-01-02

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 349 times PDF Downloaded: 180 times

Abstract


Penggunaan smartphone memiliki konsekuensi positif dan negatif, baik itu pada orang dewasa juga anak-anak. Tujuan penelitian ini melihat karakteristik orang tua keluarga nelayan berkaitan dengan pola-pola bimbingan atau gaya pengasuhan khusus pada anak pengguna smartphone melalui penelitian diskriptif kualitatif. Partisipan penelitian adalah sebanyak 6 keluarga nelayan yang memiliki anak usia pra-sekolah (3-7 tahun), telah diadakan wawancara terbuka dan observasi terkait aktivitas digital anak-anak mereka, respon, keyakinan, dan ketertarikan akan penggunaan smartphone sejak dini. Pada pendekatan berbasis data dan analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang telah dilakukan, Gaya pengasuhan digital diidentifikasi memiliki kesamaan dengan gaya pengasuhan umum. Temuan penelitian lebih lanjut menunjukkan anak-anak melakukan aktivitas dengan smartphone lebih banyak jika orang tua lebih permisif dan kurang otoriter dalam melakukan pengasuhan. Implikasi pengasuhan orang tua tersebut memiliki respon yang tinggi pada pemenuhan kebutuhan anak terkait penggunaan smartphone sejak dini, namun memiliki tuntutan yang rendah terkait timbal balik atau kemungkinan dampak penggunaan smartphone.


Keywords


pola asuh digital; keluarga nelayan; penggunaan smartphone usia dini

References


Adair, B. (2013). The Big Disconnect: Protecting Childhood And Family Relationships In The Digital Age. Harper Business.

Arikunto Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. PT. Ranike Cipta.

Bedford, R., Saez de Urabain, I. R., Celeste, C. H., Karmiloff-Smith, A., & Smith, T. J. (2016). Toddlers' fine motor milestone achievement is associated with early touchscreen scrolling. Frontiers in Psychology, 7(AUG), 1-8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01108

Braune-Krickau, K., Schneebeli, L., Pehlke-Milde, J., Gemperle, M., Koch, R., & von Wyl, A. (2021). Smartphones in the nursery: Parental smartphone use and parental sensitivity and responsiveness within parent-child interaction in early childhood (0-5 years): A scoping review. Infant Mental Health Journal, 42(2), 161-175. https://doi.org/10.1002/imhj.21908

Bunda Fathi. (2011). Mendidik Anak Dengan Al-Quran Sejak Janin. Pustaka Oasis.

Casmini. (2007). Emotional Parenting. P_Idea.

Cingel, D. P., & Krcmar, M. (2013). Predicting Media Use in Very Young Children: The Role of Demographics and Parent Attitudes. Communication Studies, 64(4), 374-394. https://doi.org/10.1080/10510974.2013.770408

Dwyer, R. J., Kushlev, K., & Dunn, E. W. (2018). Smartphone use undermines enjoyment of face-to-face social interactions. Journal of Experimental Social Psychology, 78(April 2018), 233-239. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2017.10.007

Knitter, B., & Zemp, M. (2020). Digital Family Life: A Systematic Review of the Impact of Parental Smartphone Use on Parent-Child Interactions. Digital Psychology, 1(1), 29-43. https://doi.org/10.24989/dp.v1i1.1809

Konok, V., Bunford, N., & Miklósi, Á. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91-109. https://doi.org/10.1080/17482798.2019.1684332

Kuppens, S., & Ceulemans, E. (2019). Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept. Journal of Child and Family Studies, 28(1), 168-181. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x

Mangan, E., Leavy, J. E., & Jancey, J. (2018). Mobile device use when caring for children 0-5 years: A naturalistic playground study. Health Promotion Journal of Australia, 29(3), 337-343. https://doi.org/10.1002/hpja.38

Meng, H., Cao, H., Hao, R., Zhou, N., Liang, Y., Wu, L., Jiang, L., Ma, R., Li, B., Deng, L., Lin, Z., Lin, X., & Zhang, J. (2020). Smartphone use motivation and problematic smartphone use in a national representative sample of Chinese adolescents: The mediating roles of smartphone use time for various activities. Journal of Behavioral Addictions, 9(1), 163-174. https://doi.org/10.1556/2006.2020.00004

Park, J. H. (2020). Smartphone use patterns of smartphone-dependent children. Child Health Nursing Research, 26(1), 47-54. https://doi.org/10.4094/chnr.2020.26.1.47

Pempek, T. A., & McDaniel, B. T. (2016). Young Children's Tablet Use and Associations with Maternal Well-Being. Journal of Child and Family Studies, 25(8), 2636-2647. https://doi.org/10.1007/s10826-016-0413-x

Respati, W. ., Yulianto, A., & Widian, N. (2006). Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua. Psikologi, 4(2), 1-20. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9942455.v1

Rowan, C. (2013). The impact of technology on child sensory and motor development. Retrieved March, 10(8), 2017.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p08

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Yuliani, S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.