- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1796Keywords:
anak usia dini, keterlibatan orang tua, paud.Abstract
Kesibukan orang tua dalam bekerja membuat orang tua tidak dapat sepenuhnya ikut serta dalam pendidikan dan kegiatan anak mereka. Dengan adanya pandemi covid-19 orang tua mengatakan bahwa mereka sulit melibatkan diri dalam pendidikan anak dikarenakan ekonomi keluarga yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua di Minangkabau dalam pendidikan anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Pengambilan data bersumber dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di Minangkabau dalam pendidikan anak usia dini pada masa pandemi covid-19 terbilang masih ada namun memang tidak sepenuhnya dilakukan oleh orang tua dikarenakan kesibukan dalam bekerja serta berdagang. Terlibatnya orang tua dalam pendidikan anak dapat bermanfaat bagi anak dengan perkembangan kemampuan anak yang meningkat, pihak sekolah merasa puas dengan sudah terlaksananya seluruh program sekolah yang sudah direncanakan dan orang tua sendiri dapat menambah semangatnya untuk meningkatkan pendidikan anak.
Downloads
References
Ahmad, R. (2014). Pengantar Pendidikan: Asas Dan Filsafat Pendidikan. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.
Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Tk. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.
Daflora, R., & Jaya, R. P. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa Akan Keterlibatannya Dalam PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 10-19. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4606
Daulay, N. (2014). Pola asuh orangtua dalam perspektif psikologi dan Islam. Jurnal Darul Ilmi, 02(02), 76-91.
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Emzir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers: Jakarta.
Fauziah, H., Hastuti, D., & Yuliati, L. N. (2020). Parenting Practice, Parental Involvement in School, Child's Self Concept and School Readiness. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 61-74. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.61
Gomes, F. De. (2017). Parental Guidance Service : Kiat Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(10), 21-34.
Handoko, W. D., Fauziah, P., & Dimyati, D. (2021). Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 728-737. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1021
Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Mauanah, S. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga. Paradigma, 04(2), 1-10. https://media.neliti.com/media/publications/252153-parenting-education-sebagai-pendidikan-k-a2f303db.pdf
Meta-analisis, S. (2016). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen Siswa terhadap Sekolah: Studi Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 31. https://doi.org/10.22146/bpsi.9844
Mubarok, A. A. S. A. Al. (2018). Parenting dan Pelibatan Orang Tua pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education,2(1),30.http://journal.staialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/15
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Padmono, S. (2013). Pendidikan Anak Prasekolah. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Pidarta, M. (2013). Landasan Pendidikan. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Pramawaty, N., Hartati, E., Program, M., Keperawatan, S. I., & Kedokteran, F. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1, 87-92. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing
Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 4(1), 9-17.
https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2
Santikko, I., & Mariyati, L. I. (2019). Bentuk keterlibatan orang tua pada anak tk yang berprestasi melukis. Jurnal Psikologi Poseidon, 2(1), 58-67. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/17801/15824
Sukiman. (2017). Orang Tua Hebat. In Kementraian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 98, Issue 25). http://118.98.227.114/glnsite/wp-content/uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf
Sugiyanto. (2016). Menjadi Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Keantitatif, Kualitati, R&D. Bandung: Alfabeta.
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau "Manjujai" untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339-1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Yuliasari, Humaira, Fitria, N. dan Z. (2018). Journal of Early Childhood Care & Education. Journal of Early Childhood Care & Education JECCE, 1(2), 28-40.
https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.254


