Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Regina Azzahra Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia
  • Wahidah Fitriani Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia
  • Desmita Desmita Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia
  • Jhoni Warmansyah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1796

Keywords:

anak usia dini, keterlibatan orang tua, paud.

Abstract

Kesibukan orang tua dalam bekerja membuat orang tua tidak dapat sepenuhnya ikut serta dalam pendidikan dan kegiatan anak mereka. Dengan adanya pandemi covid-19 orang tua mengatakan bahwa mereka sulit melibatkan diri dalam pendidikan anak dikarenakan ekonomi keluarga yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua di Minangkabau dalam pendidikan anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Pengambilan data bersumber dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di Minangkabau dalam pendidikan anak usia dini pada masa pandemi covid-19 terbilang masih ada namun memang tidak sepenuhnya dilakukan oleh orang tua dikarenakan kesibukan dalam bekerja serta berdagang. Terlibatnya orang tua dalam pendidikan anak dapat bermanfaat bagi anak dengan perkembangan kemampuan anak yang meningkat, pihak sekolah merasa puas dengan sudah terlaksananya seluruh program sekolah yang sudah direncanakan dan orang tua sendiri dapat menambah semangatnya untuk meningkatkan pendidikan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. (2014). Pengantar Pendidikan: Asas Dan Filsafat Pendidikan. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Tk. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Daflora, R., & Jaya, R. P. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa Akan Keterlibatannya Dalam PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 10-19. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4606

Daulay, N. (2014). Pola asuh orangtua dalam perspektif psikologi dan Islam. Jurnal Darul Ilmi, 02(02), 76-91.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Emzir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers: Jakarta.

Fauziah, H., Hastuti, D., & Yuliati, L. N. (2020). Parenting Practice, Parental Involvement in School, Child's Self Concept and School Readiness. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 61-74. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.61

Gomes, F. De. (2017). Parental Guidance Service : Kiat Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(10), 21-34.

Handoko, W. D., Fauziah, P., & Dimyati, D. (2021). Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 728-737. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1021

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Mauanah, S. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga. Paradigma, 04(2), 1-10. https://media.neliti.com/media/publications/252153-parenting-education-sebagai-pendidikan-k-a2f303db.pdf

Meta-analisis, S. (2016). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen Siswa terhadap Sekolah: Studi Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 31. https://doi.org/10.22146/bpsi.9844

Mubarok, A. A. S. A. Al. (2018). Parenting dan Pelibatan Orang Tua pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education,2(1),30.http://journal.staialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/15

Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231

Padmono, S. (2013). Pendidikan Anak Prasekolah. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Pidarta, M. (2013). Landasan Pendidikan. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Pramawaty, N., Hartati, E., Program, M., Keperawatan, S. I., & Kedokteran, F. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1, 87-92. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing

Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 4(1), 9-17.
https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2

Santikko, I., & Mariyati, L. I. (2019). Bentuk keterlibatan orang tua pada anak tk yang berprestasi melukis. Jurnal Psikologi Poseidon, 2(1), 58-67. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/17801/15824

Sukiman. (2017). Orang Tua Hebat. In Kementraian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 98, Issue 25). http://118.98.227.114/glnsite/wp-content/uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf

Sugiyanto. (2016). Menjadi Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Keantitatif, Kualitati, R&D. Bandung: Alfabeta.

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau "Manjujai" untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339-1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Yuliasari, Humaira, Fitria, N. dan Z. (2018). Journal of Early Childhood Care & Education. Journal of Early Childhood Care & Education JECCE, 1(2), 28-40.
https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.254

Downloads

Published

04-10-2021

How to Cite

Azzahra, R., Fitriani, W., Desmita, D., & Warmansyah, J. (2021). Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1549–1561. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1796

Issue

Section

Articles